Editor secara independen meninjau semua yang direkomendasikan dan mungkin terdapat link affiliasi yang dapat memberi komisi jika terjadi pembelian. Pelajari lebih lanjut di Content Guidelines

7 Rekomendasi Handuk Bayi yang Bagus dan Lembut (2024)

Handuk bayi merupakan perlengkapan wajib yang harus dimiliki agar bayi tetap kering dan hangat ketika selesai mandi. Sangat penting untuk menggunakan handuk bayi yang bagus dan lembut agar kulit bayi tetap aman dan nyaman.

Oleh sebab itu dalam memilih handuk bayi yang tepat, diperlukan pertimbangan yang matang. Terutama untuk newborn karena kulitnya yang masih tipis dan sensitif sangat memerlukan perawatan khusus agar terhindar dari iritasi.

Berbeda dengan handuk dewasa, handuk bayi biasanya telah dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan si kecil mulai dari model, bahan, ukuran, maupun kelembutan dan daya serap air.

Dan pada artikel ini kami akan mengulas 7 rekomendasi handuk mandi bayi yang bagus dan lembut untuk membuat kegiatan mandi orang tua bersama bayi menjadi menyenangkan.

Jenis-Jenis Handuk Bayi

Ada dua jenis handuk bayi yang umumnya bisa digunakan si kecil saat mandi:

1. Handuk Mandi Persegi

Handuk ini dirancang sesuai dengan fungsinya yaitu hanya untuk mengeringkan tubuh sehingga bentuknya cukup sederhana yaitu persegi panjang. Yang membedakan biasanya terletak pada bahan, motif, ukuran dan warna. Untuk harganya pun relatif terjangkau.

2. Hooded Towel

Handuk bayi dengan tutup kepala (hood) yang dirancang untuk menjaga kepala dan tubuh bayi tetap hangat setelah mandi. Hooded towel sering memiliki karakter lucu atau desain yang menarik pada tutup kepala.

Cara Memilih Handuk Bayi Yang Bagus

Sebelum membeli handuk mandi bayi, ada beberapa hal penting yang harus orang tua ketahui:

1. Bahan

Bahan menjadi hal utama yang harus orang tua perhatikan saat memilih handuk untuk bayi. Sebab dirangkum dari MTC Linen, bahan dapat mempengaruhi kemampuan daya serap dan kelembutan pada handuk mandi. Ada beberapa bahan yang sering digunakan pada handuk bayi.

a. Cotton

Kain cotton (katun) biasanya terbuat dari serat biji kapas yang diolah menjadi benang. Handuk berbahan katun biasanya memiliki ketebalan yang lebih baik serta lebih lembut dan halus namun tetap dengan daya serap yang tinggi. Seringkali handuk dengan bahan katun menjadi rekomendasi handuk mandi terbaik.

b. Cotton Bamboo

Cotton bamboo merupakan pencampuran antara benang dari serat kapas dengan benang dari serat bambu. Handuk dengan bahan cotton bamboo diklaim ramah lingkungan, dan terdapat anti bakteri alami yang dapat melindungi handuk dari jamur dan bakteri sehingga lebih aman digunakan untuk melindungi kulit bayi. Selain itu kemampuan daya serap airnya pun cukup tinggi.

c. Microfiber

Handuk microfiber terbuat dari bahan serat sintetis yang diklaim lebih halus dari kapas dan lebih tipis dari rambut manusia sehingga sangat ringan ketika digunakan. Handuk jenis ini biasanya lebih tipis namun tetap lembut dan halus ketika digunakan. Kelebihan lainnya handuk microfiber tidak memerlukan perawatan ekstra karena mudah kering dan daya tahannya juga cukup awet.

2. Daya Serap

Agar bayi tidak kedinginan dan tetap hangat setelah mandi. Hal penting lainnya yang harus diperiksa adalah kemampuan dalam menyerap air. Handuk dengan daya serap air yang tinggi akan membantu mengeringkan tubuh bayi dengan cepat tanpa perlu terus-terusan menggosokan handuk pada kulit.

3. Antibakteri

Kulit bayi biasanya masih sangat sensitif, handuk yang basah atau lembab dapat menjadi sarang pertumbuhan bakteri atau jamur yang dapat menimbulkan penyakit kulit seperti ruam. Itulah kenapa handuk harus memiliki antibakteri untuk memperlambat pertumbuhan mikroorganisme pada handuk.

4. Perawatan

Handuk yang baik untuk bayi harus mudah dalam perawatan termasuk hal nya saat mencuci handuk , sehingga serat-serat pada handuk tidak menurunkan daya serap atau membuat handuk menjadi kasar walau dicuci berulang kali baik menggunakan mesin cuci atau tangan.

5. Ukuran

Untuk ukuran handuk bayi sebaiknya pertimbangkan ukuran yang lebih panjang dan lebar agar dapat menutupi area tubuh dengan sempurna. Apalagi bila ingin digunakan untuk jangka panjang, ukuran handuk yang lebih besar sangat bermanfaat sebab bayi akan terus tumbuh.

6. Model dan Design

Ada banyak model handuk bayi yang dijual dipasaran. Mulai dari bermotif polos, berwarna, bergambar karakter, hingga handuk yang memiliki tutup kepala. Walau semuanya terlihat lucu dan menggemaskan pastikan saat memilih model handuk bayi jangan sampai melupakan kegunaannya dan fungsi ekstra lainnya.

7 Rekomendasi Handuk Bayi yang Bagus dan Lembut 

1. Mothercare Character Cuddle N Dry Lion

Sumber: Tokopedia
Bahan: Cotton | Ukuran: 75x75 cm | Berat: 270 gram

Mothercare memang dikenal sebagai brand yang menjual produk ibu dan anak dengan kualitas terbaik, salah satunya perlengkapan mandi bayi seperti handuk.

Handuk bayi karakter dengan tudung Singa ini contohnya sangat lucu dan menggemaskan, terbuat dari bahan 100% katun sehingga terasa lembut dan aman digunakan untuk kulit bayi yang halus.

Ukurannya yang 75x75 cm dapat membalut tubuh si kecil dengan sempurna, dan dapat menyerap air dengan baik. Terlebih lagi handuk ini cukup ringan hanya 270 gram.

Harga saat diulas: Rp 279.300

Kelebihan:
  • Tetap lembut dan tidak bebulu walau dicuci berkali-kali
  • Handuk terlihat mewah
Kekurangan:
  • Harga cukup mahal
Cek Harga di Tokopedia Cek Harga di Shopee

2. Handuk Bayi Chalmer Print Karakter

Sumber: Shopee
Bahan: Cotton | Gramasi: 360 gsm | Berat: 259 gram

Memiliki rating 4.9 dengan 220 lebih ulasan pengguna, handuk bayi Chalmer print karakter menjadi salah satu rekomendasi handuk bayi yang lembut yang bisa orangtua pilih untuk mengeringkan si kecil ketika selesai mandi.

Handuk ini terbuat dari bahan 100% katun yang diklaim super lembut dengan ketebalan 360 gsm. Perawatannya pun cukup mudah dapat dicuci dengan mesin atau tangan.

Dari segi ukurannya pun cukup besar yaitu 60x120 cm dimana handuk ini bisa digunakan sampai usia toddler. Dan untuk kemampuan daya serap juga tetap optimal walau dicuci berkali-kali.

Harga saat diulas: Rp 62.900

Kelebihan:
  • Bulu handuk yang lembut dan cukup tebal
  • Beberapa review mengatakan handuk cocok untuk newborn
Kekurangan:
  • Akan ada serat handuk rontok, namun akan hilang setelah beberapa kali pencucian
Cek Harga di Tokopedia Cek Harga di Shopee

3. MemoryLife Croffle Towel

Sumber: Tokopedia
Bahan:
Microfiber | Ukuran: 70x140 cm | Fitur: Antibakteri

Rekomendasi handuk yang bagus dan lembut untuk newborn bahkan aman digunakan adalah MemoryLife Croffle Towel, sebuah handuk premium yang terbuat dari bahan microfiber dengan tekstur berupa Croissant Waffel.

Handuk ini diklaim memiliki antibakteri dan tanpa kimia pemutih yang cocok serta aman digunakan untuk bayi yang memiliki kulit sensitif. Ukurannya yang besar, lembut, dan ditambah kemampuan menyerap air yang tinggi membuat handuk ini mendapat banyak review positif dari pengguna.

Harga saat diulas: Rp 89.000

Kelebihan:
  • Terdapat antibakteri, halus dan lembut berkat bahan microfiber
  • Tersedia 12 pilihan warna yang lucu dan elegan
  • Ukurannya yang besar dapat digunakan untuk anak-anak
Kekurangan:
  • Terdapat review yang menyebutkan jahitan pinggiran handuk kurang rapi
Cek Harga di Tokopedia Cek Harga di Shopee

4. Little Palmerhaus Bam & Boo Towel

Sumber: Shopee
Bahan:
Cotton Bamboo | Ukuran: 70x140 cm | Fitur: Antibakteri

Kulit bayi yang halus dan tipis menjadi perhatian penting ketika ingin mengeringkan tubuh si kecil dari tetesan air. Dan tentunya hal ini memerlukan handuk seperti Bam & Boo Towel dari Little Palmerhaus yang memiliki daya serap tinggi namun juga lembut saat diusapkan pada kulit bayi.

Terlebih lagi handuk Bam & Boo juga diklaim cepat kering dibandingkan handuk dengan bahan lainnya sehingga dapat mencegah bau apek. Dan fungsi antibakteri hypoallergenic dan tahan terhadap jamur sangat berguna untuk melindungi kulit bayi dari iritasi seperti eksim atau cradle cap. Wajar jika merk Little Palmerhaus menjadi rekomendasi handuk bayi terbaik yang patut untuk dikoleksi.

Harga saat diulas: Rp 99.000

Kelebihan:
  • Menggunakan serat bambu sehingga lebih lembut dan cepat kering
  • Ukuran cukup besar cocok juga digunakan untuk balita
Kekurangan:
  • Produk belum di update, hanya tersedia satu warna
Cek Harga di Tokopedia Cek Harga di Shopee

5. Howel and Co Sea Kids

Sumber: Shopee
Bahan:
Cotton Bamboo | Ukuran: 60x120 cm | Fitur: Antibakteri

Handuk bayi Howel and Co Sea Kids sangat direkomendasikan bagi orang tua yang sedang mencari handuk yang bagus dan lembut. Bahkan handuk ini bisa dijadikan kado spesial untuk bayi yang baru lahir.

Karena handuk bayi ini dapat di personalized sesuai nama anak dengan bordiran benang yang cantik. Bahannya sendiri menggunakan Natural Bamboo Fiber yang eco-friendly dan aman untuk kulit bayi, karena adanya antibacterial dan hypoallergenic yang mencegah bakteri dan jamur untuk berkembang biak. Handuk ini juga cukup tebal dengan gramasi 450 gsm sehingga cukup baik dalam menyerap air.

Harga saat diulas: Rp 144.900

Kelebihan:
  • Handuk terasa lembut dan wangi
  • Menggunakan box packaging premium dan tersedia kartu ucapan
Kekurangan:
  • Harus pre-order jika ingin membeli
Cek Harga di Tokopedia Cek Harga di Shopee

6. Velvet Junior Bamboo Double Sided

Sumber: Tokopedia
Bahan:
Cotton Bamboo | Ukuran: 60x120 cm | Fitur: Antibakteri

Handuk bayi dari Velvet Junior ini memiliki dua sisi yang berbeda dan bisa dikatakan cukup unik.

Dimana satu sisi menggunakan lapisan Gauze (kain kasa) yaitu kombinasi 70% serat bambu dan 30% serat katun. Sedangkan sisi handuk lainnya menggunakan lapisan Terry yang terbuat dari 100% serat bambu, walau begitu handuk ini memiliki kelembutan yang sama.

Handuk bayi ini juga dilengkapi antibakteri dan dijamin bebas dari zat berbahaya sehingga sangat aman digunakan untuk newborn.

Harga saat diulas: Rp 175.000

Kelebihan:
  • Super lembut dan dapat menyerap air dengan baik
  • Memiliki dua sisi handuk yang berbeda
Kekurangan:
  • Harga cukup tinggi, dan hanya tersedia satu pilihan karakter
Cek Harga di Tokopedia Cek Harga di Shopee

7. Sorex Handuk Mandi Microfiber HM885

Sumber: Shopee
Bahan:
Microfiber | Ukuran: 60x120 cm

Handuk mandi berbahan microfiber dari Sorex ini menjadi rekomendasi selanjutnya untuk handuk mandi lembut dan halus yang cocok untuk newborn.

Daya serap air yang tinggi dapat menjadi solusi untuk mengeringkan bayi dengan cepat untuk menghindari kedinginan. Ditambah handuk ini juga cepat kering, sehingga mencegah bau apek yang dapat ditimbulkan akibat kondisi lembab.

Ukurannya 60x120 cm mampu membalut tubuh bayi dengan sempurna, bahkan dapat juga digunakan untuk anak usia balita. Wajar jika handuk ini memiliki rating 4.9 di beberapa situs marketplace.

Harga saat diulas: Rp 68.400

Kelebihan:
  • Handuk ringan namun dengan daya serap air yang baik
  • Handuk terasa halus dan lembut
Kekurangan:
  • Karena berbahan microfiber handuk cukup tipis
Cek Harga di Tokopedia Cek Harga di Shopee

Tips Merawat Kelembutan Handuk Bayi

Untuk tetap dapat menjaga kelembutan handuk bayi dan agar dapat awet lebih lama, mylofamily memberikan beberapa tips pencucian handuk yang tepat:

1. Jangan Gunakan Pelembut Pakaian

Saat ingin mencuci handuk bayi, jangan menggunakan pelembut pakaian yang mengandung bahan kimia tambahan. Sebab dapat merusak serat-serat dan mengurangi kelembutannya saat digunakan kembali.

2. Hindari Penggunaan Pemutih

Pemutih dapat merusak serat handuk dan mengurangi kelembutan pada handuk bayi. Sebaiknya gunakanlah pemutih yang aman atau jangan menggunakan pemutih sama sekali untuk menghindari terjadi iritasi pada kulit bayi.

3. Cuci dengan Lembut

Cucilah handuk bayi dengan mesin cuci pada pengaturan yang lembut dan gunakan deterjen yang bebas pewangi dan bebas pewarna. Jangan gunakan deterjen yang keras atau mengandung bahan kimia berbahaya.

4. Jangan Mencampurkan Handuk

Pisahkan handuk si kecil dari cucian lain untuk menghindari apabila ada pakaian yang luntur sehingga dapat merusak serat dan tampilan handuk. Jika memungkinkan, cuci handuk bayi dengan warna serupa.

5. Gunakan Air Dingin atau Hangat

Cuci handuk bayi dengan air dingin atau hangat kuku. Jangan gunakan air panas sebab dapat merusak serat dan membuat handuk menjadi kasar.

6. Hindari Penggunaan Mesin Pengering

Sebaiknya jangan mengeringkan handuk bayi di mesin pengering, karena panas yang tinggi bisa merusak serat dan mengurangi kelembutannya. Sebaliknya, gantung handuk di luar ruangan atau di tempat yang sejuk dan teduh untuk mengeringkannya.

Sumber:
https://mtclinen.com/how-to-choose-the-perfect-baby-towel/
https://www.everythingfordads.com/dadsblog/how-to-choose-towels-for-your-newborn
https://www.mylittleloveheart.com.au/baby-washcloths-everything-you-need-to-know/
https://mylofamily.com/article/how-to-care-for-your-baby-towels-washing-and-drying-tips-74311
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url