Editor secara independen meninjau semua yang direkomendasikan dan mungkin terdapat link affiliasi yang dapat memberi komisi jika terjadi pembelian. Pelajari lebih lanjut di Content Guidelines

8 Merk Handuk Mandi Premium Terbaik (2024)

Ada banyak manfaat menggunakan merk handuk mandi yang bagus, selain dapat mengeringkan tubuh dengan cepat, juga dapat memberikan kenyamanan pada kulit karena bahannya yang lembut. Terlebih lagi jika dirawat dengan benar, handuk dengan kualitas terbaik dapat awet untuk waktu yang lama serta tidak kasar meski sering dicuci.

Begitu pula dari segi kesehatan, menurut medicaldaily.com handuk dengan kualitas rendah sangat mudah bagi mikroorganisme seperti bakteri dan jamur berkembang. Berbeda dengan handuk mandi berkualitas tinggi biasanya memiliki anti bakteri dan jamur.

Karena fungsinya sebagai peralatan kebersihan tubuh yang sering digunakan sehari-hari. Sudah sewajarnya kamu mempertimbangkan untuk menggunakan merk handuk mandi terbaik dengan kualitas yang bagus.

Apabila saat ini kamu berencana untuk mengganti handuk mandi lama dengan yang baru, entah karena  tipis dan kasar atau disebabkan handuk dekil dan kehitaman akibat jamur. Di artikel ini kami akan mengulas 7 rekomendasi merk handuk mandi terbaik 2024 untuk kategori handuk dewasa beserta tips penting lainnya.
Cara Pengujian: Kami mengumpulkan beberapa handuk mandi dan melakukan pengujian selama satu bulan mulai dari kelembutan, daya serap, warna dan daya tahan. Beberapa handuk mandi juga dicantumkan berdasarkan review pengguna.

Tips Memilih Merk Handuk Mandi Terbaik

Daya Serap

Karena fungsi handuk mandi untuk mengeringkan air yang ada di badan, daya serap menjadi hal paling utama untuk dipertimbangkan. Umumnya handuk yang lebih tebal dengan gramasi > 550 GMS biasanya memiliki daya serap yang lebih cepat. Hanya saja untuk mengeringkannya membutuhkan waktu yang lama dan cukup berat ketika dicuci. Jika dibandingkan dengan handuk yang tipis dan ringan dengan gramasi < 450 GSM.

Handuk mandi berbahan premium cotton atau cotton bamboo, bisa menjadi pilihan buat kamu yang sedang mencari handuk dengan daya serap tinggi. Jika ingin mencari handuk yang ringan bisa memilih handuk berjenis microfiber yang juga dapat menyerap minyak, kotoran, sel kulit mati dan kuman.

Kelembutan

Kelembutan handuk juga penting untuk diperhitungkan. Pasalnya handuk yang lembut dan halus memberikan kesan mewah dan dapat memberikan kenyamanan extra pada kulit saat mengeringkan tubuh.

Handuk ini biasanya berbahan Egyptian cotton, Pima cotton dan cotton Bamboo yang terbuat dari 100% cotton (kapas) dengan kualitas terbaik. Hanya saja untuk harga lebih mahal dan memerlukan perawatan yang tepat agar dapat menjaga kelembutan handuk meski sering digunakan.

Daya tahan

Daya tahan sangat penting dimiliki oleh sebuah handuk mandi, sebab harapannya dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Kondisi handuk yang sering basah dan lembab dapat membuat kualitas benang menjadi menurun, yang dapat membuat handuk menjadi tipis dan mudah robek. Belum lagi pencucian berulang yang membuat ketahanan warna menjadi luntur atau kusam.

Kamu dapat memilih handuk dengan gramasi < 600 GSM dengan bahan katun atau handuk berjenis microfiber karena memiliki daya tahan yang lebih lama.

Anti Bakteri

Handuk mandi bisa menjadi sarang mikroorganisme seperti kuman dan jamur untuk berkembang biak. Sehingga penting sekali untuk mempertimbangkan handuk yang memiliki anti bakteri dan jamur agar dapat melindungi kulit, terutama bagi kulit sensitif.

Agar handuk lebih terjaga kebersihannya kamu bisa menjemur dibawah sinar matahari langsung atau melakukan pencucian handuk yang tepat.

Tidak Luntur

Handuk dengan kualitas terbaik dapat menyerap pewarna secara optimal, sehingga warna tetap terjaga ketika dicuci berkali-kali. Handuk yang mengalami kelunturan menandakan kualitas bahan yang rendah dan dapat membuat handuk lama-lama terlihat kusam.

7 Rekomendasi Merk Handuk Terbaik

1. Japanese Towel Kontex Imabari Primavera

Sumber: Tokopedia
Material: Cotton | Size: 70 x 130 cm | Rating: 5.0

Japanese Towel Kontex Imabari Primavera dari Upscale Living dengan ukuran 70 x 130 cm, menjadi merk handuk mandi terbaik secara kualitas keseluruhan setelah kami uji.

Handuk mandi Kontex Imabari ini didesain dengan konsep ala jepang yang memberikan kesan mewah dan eksklusif. Pembuatannya pun menggunakan benang khusus yang dua kali lebih tipis dari handuk biasa yang menjadikannya sangat ringan dan lembut, sangat cocok dibawa untuk traveling.

Untuk ketebalan, handuk ini sedikit lebih tipis jika dibandingkan dengan handuk premium lainnya, hanya saja kemampuan dalam menyerap air sangat baik, cukup beberapa kali usapan untuk mengeringkan tubuh. Ketika dicuci atau setelah digunakan handuk ini juga sangat mudah kering sehingga tidak meninggalkan bau apek.

Kelebihan:
  • Ringan, daya serap tinggi dan cepat kering
  • Mendapatkan box eksklusif saat melakukan pembelian
Kekurangan:
  • Harga cukup mahal
Cek Harga di Tokopedia Cek Harga di Shopee

2. Terry Palmer Luxury Aramis II

Sumber: Shopee
Material: Egyptian Cotton | Gramasi: 550 GSM | Fitur: Anti Bacterial | Rating: 4.9

Terry Palmer Luxury Aramis II merupakan salah satu rekomendasi merk handuk mandi terbaik menurut staff kami setelah menguji selama 1 bulan. Handuk Terry Palmer Luxury Aramis II memberikan kesan mewah karena terbuat dari 100% Egyptian Cotton yang membuat handuk terasa halus dan lembut ketika terkena kulit. Terry Palmer juga mengutamakan unsur kesehatan dengan menambahkan anti bakteri yang menjadikan handuk aman digunakan bagi kulit sensitif.

Untuk daya serap juga sangat tinggi karena dapat mengeringkan tubuh dengan baik, bahkan ketika diuji langsung kedalam wadah berisi air handuk dapat menyerap sebagian besar air.

Handuk ini tersedia dalam 4 varian warna yaitu, Ivory, Green, Maroon dan Dark Green dengan ketebalan 550 GSM.

Kelebihan:
  • Lembut dan cukup tebal
  • Detail jahitan yang rapi
  • Tidak luntur saat pencucian pertama kali
Kekurangan:
  • Karena tebal jadi cukup berat ketika dicuci tanpa mesin cuci
Cek Harga di Tokopedia Cek Harga di Shopee

3. Handuk Mandi Besar IndoLinen

Sumber: Tokopedia
Material: Premium Cotton | Gramasi: 625 GSM | Size: 85 x 150 cm | Rating: 5.0

Handuk mandi premium buatan IndoLinen cocok untuk kamu yang bersedia merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan merk handuk terbaik dengan kualitas bagus. Ini adalah salah satu handuk yang kami uji coba selama 1 bulan. Dan direkomendasikan oleh beberapa pembeli online yang telah menggunakan handuk ini.

Handuk yang sering digunakan sekelas hotel mewah ini memiliki material yang lembut dan daya serap yang tinggi sebab menggunakan 100% cotton tanpa campuran polyester. Terbukti saat dimasukan kedalam wadah berisi air, handuk langsung menyerap secara cepat.

Ketika dilakukan pengujian dengan tiga kali dicuci manual dengan tangan selama satu bulan, jahitan benang cukup kuat dan tidak lepas serta warna pada handuk tidak mengalami luntur.

Untuk ukuran handuk cukup besar 85 x 150 cm dan gramasinya di angka 625 GMS, dengan 8 pilihan warna.

Kelebihan:
  • Bahan lembut dan lebar dengan daya serap tinggi
Kekurangan:
  • Tidak terdapat keterangan anti bacterial
Cek Harga di Tokopedia Cek Harga di Shopee

4. Handuk Mandi Microfiber Mipacko

Sumber: Tokopedia
Material: Microfiber | Size: 70 x 140 cm | Gramasi: 330 GSM | Rating: 4.9

Bagi kamu yang ingin menggunakan handuk dewasa yang ringan dengan daya serap maksimal, merk handuk mandi microfiber Mipacko menjadi pilihan yang tepat. Ditambah material handuk ini juga diklaim cepat kering dan tidak membuat alergi dan asma.

Handuk berukuran 70 x 140 cm, jadi cukup lebar karena masuk dalam kategori handuk dewasa. Bahan yang digunakan pun 100% microfiber yang dirancang agar lebih kuat dan tahan lama meski dicuci berkali-kali.

Bahkan kebanyakan ulasan pembeli mengatakan bahwa handuk ini cukup lembut dan halus.

Kelebihan:
  • Bersertifikat ISO, SNI, OEKOTE
  • Cocok digunakan saat bepergian
Kekurangan:
  • Permukaan handuk halus, namun tidak selancar handuk biasa saat digosok pada kulit
Cek Harga di Tokopedia Cek Harga di Shopee

5. King Rabbit Luxury Bamboo Towel

Sumber: Shopee
Material: Serat Bambu | Size: 70 x 140 cm | Rating: 4.9

Merk handuk King Rabbit ini diklaim memiliki keunggulan dapat menyerap air dengan sempurna dan lebih cepat kering (quick dry) karena terbuat dari serat bambu yang extra lembut dan ramah lingkungan.

Ditambah anti bakteri yang mencegah mikroorganisme untuk berkembang biak. Serta anti alergi pada handuk juga diklaim aman bagi kulit sensitif maupun kulit bayi. Untuk warna terdapat 5 pilihan dengan menggunakan pewarna alami.

Kelebihan:
  • Menggunakan serat bambu yang membuat handuk cukup ringan dan nyaman di kulit
Kekurangan:
  • Kelembutan dan ketebalan handuk sama seperti handuk lainnya
Cek Harga di Tokopedia Cek Harga di Shopee

6. Handuk Mandi Premium Terry Towel Madeem

Sumber: Shopee
Material: Egyptian Cotton | Gramasi: 568 MSG | Fitur: Anti Baterial Silverplus | Rating: 4.9

Handuk Mandi Premium Terry Towel menjadi rekomendasi merk handuk terbaik dengan kualitas bagus yang bisa kamu miliki. Merk handuk ini juga menjadi favorit salah satu staff kami untuk kategori handuk dewasa.

Handuk ini mendapatkan nilai tinggi saat kami uji dari segi bahan dan daya serap, begitu pula di situs ecommerce seperti Tokopedia dan Shopee yang mendapatkan rating 4.9 dari review pengguna sebagai handuk top quality.

Saat disentuh handuk Terry Towel langsung terasa lembut dan halus karena menggunakan bahan premium yaitu 100% Egyptian Cotton. Serta gramasi 568 GSM membuat handuk ini cukup tebal dan berat sehingga daya serap yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi saat menyeka air pada kulit. Tambahan fitur anti bacterial SILVERPLUS memberikan perlindungan extra pada handuk dan kulit untuk melindungi dari bakteri dan jamur.

Kelebihan:
  • Permukaan handuk halus, lembut dan cukup tebal
Kekurangan:
  • Cukup berat ketika dicuci manual
Cek Harga di Tokopedia Cek Harga di Shopee

7. Handuk Mandi Hotel Collection Lazy Sunday

Sumber: Shopee
Material: Cotton | Gramasi: 550 GSM | Fitur: Anti Bacterial | Rating: 4.9

Merk handuk mandi by Lazy Sunday sangat sesuai untuk kamu yang suka dengan handuk mandi berwarna putih.

Handuk ini diklaim sebagai standar handuk hotel bintang 3 keatas. Dimana menggunakan material 100% cotton dengan texture lembut dan memiliki anti bacterial tapi dengan harga yang terjangkau.

Bahkan beberapa review pengguna mengatakan bahwa handuk ini memiliki kualitas yang bagus dengan daya serap yang baik.

Kelebihan:
  • Banyak review yang mengatakan handuk lembut dan nyaman digunakan bahkan setelah dicuci
Kekurangan:
  • Beberapa pengguna merasa handuk tipis dan masih kurang tebal

8. SOREX Cotton Bamboo HM887

Sumber: Tokopedia
Material: Cotton Bamboo | Size: 70x140 cm | Rating: 4.9

Rekomendasi berikutnya datang dari merk SOREX, yaitu salah satu top brand di Indonesia yang selalu mengeluarkan produk dengan kualitas terbaik dan salah satunya handuk mandi. 

SOREX Cotton Bamboo HM887 dengan ukuran dewasa ini misalnya memiliki kombinasi motif garis yang menarik dan terbuat dari bahan katun bambu yang lembut di kulit. Untuk keawetan juga diklaim tahan lama, berdaya serap tinggi dan juga higenis.

Kelebihan:
  • Banyak ulasan yang mengatakan handuk cukup halus dan lembut
  • Tersedia pilihan beberapa warna
Kekurangan:
  • Sedikit lebih tipis

Kesimpulan:

Setiap orang tentu memiliki preferensi berbeda-beda dalam memilih merk handuk mandi terbaik. Namun karena fungsinya sebagai perlengkapan kebersihan tubuh, kualitas bahan, daya serap, quick dry dan anti bakteri merupakan hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli agar mendapatkan handuk mandi yang tepat.

F.A.Q

Apakah Handuk yang Baru Dibeli Harus Dicuci Dulu?

Umumnya sebelum digunakan handuk baru disarankan untuk dicuci terlebih dahulu karena menurut americantowels pada handuk baru terdapat bahan yang dapat menghalangi daya serap handuk. Dengan mencuci akan menghilangkan lapisan bahan tersebut sehingga meningkatkan daya serap.

Berapa Kali Handuk Harus Diganti?

Dikutip dari situs EverydayHealth, beberapa pakar kesehatan menyarankan untuk mencuci handuk setelah 3-4 kali pemakaian, atau mencuci dua kali dalam seminggu.

Bagaimana Cara Mencuci Handuk yang Benar?

Langkah pertama mencuci handuk yang benar adalah dengan memeriksa label petunjuk perawatan yang ada pada handuk sebelum melanjutkan ke proses pencucian.

Dan umumnya handuk dapat dicuci dengan menggunakan deterjen, air hangat dan beberapa bahan lainnya seperti cuka, baking soda, atau sitrun untuk menghilangkan noda pada handuk.

Kenapa Handuk Bisa Berjamur?

Handuk mandi berjamur disebabkan oleh kondisi handuk yang basah dan lembab sehingga mikroorganisme dapat berkembang biak dengan cepat. Untuk itu hal penting yang harus dilakukan ketika selesai menggunakan handuk segera jemur dibawah sinar matahari untuk membunuh atau memperlambat pertumbuhan bakteri dan jamur, dan jangan lupa selalu rutin untuk mencuci handuk agar tetap higenis.

Source:
https://www.medicaldaily.com/bath-towels-are-ideal-place-bacteria-thrive-and-chances-are-you-dont-wash-399989
https://americantowels.us/pages/how-to-care-for-towels
https://www.everydayhealth.com/healthy-living/how-often-should-you-wash-your-bath-towels/
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url