Editor secara independen meninjau semua yang direkomendasikan dan mungkin terdapat link affiliasi yang dapat memberi komisi jika terjadi pembelian. Pelajari lebih lanjut di Content Guidelines

20 Ide Konten Youtube Tanpa Wajah 2024, Cocok untuk Introvert

YouTube telah menjadi platform yang menjanjikan bagi para content creator dengan berbagai jenis konten. Oleh sebab itu mulai banyak orang mencari ide konten YouTube tanpa wajah di tahun 2024 untuk mulai berkarya dan mendapatkan penghasilan dari YouTube baik bagi mereka yang introvert atau mereka yang kurang percaya diri didepan kamera.

YouTube sendiri tidak melarang pembuatan konten tanpa menunjukan wajah (faceless), selama video yang diupload tidak melanggar pedoman komunitas dan kebijakan Youtube.

Dan sebenarnya, hampir semua niche YouTube bisa menjadi ide konten tanpa memperlihatkan wajah kecuali konten make-up, fitness, dan beberapa konten yang memang harus fokus pada bagian wajah dan anggota tubuh lainnya.

Dan di artikel ini telah dirangkum beberapa ide konten YouTube tanpa wajah yang bisa ditiru untuk membuat channel YouTube yang sukses di tahun 2024.

Ide Konten YouTube Tanpa Wajah

Dari banyaknya jenis konten yang bisa dijadikan referensi untuk memulai channel YouTube. Namun, setelah diteliti hanya ada beberapa niche YouTube yang sebenarnya lebih cocok untuk dijadikan ide konten YouTube tanpa wajah yang bisa dilakukan oleh introvert ataupun pemula sekalipun.

1. Konten Video Animasi

Ide konten YouTube tanpa wajah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mulai membuat channel YouTube yang sukses dan cocok untuk pemula atau yang berjiwa introvert adalah konten video animasi.

Untuk ide konten animasi sendiri ada banyak, Anda bisa membuat animasi 2D atau 3D tentang topik yang menarik, seperti cerita pendek, animasi anak, animasi komedi, atau ilustrasi edukatif.

Contoh channel YouTube animasi yang terbilang sukses dan patut Anda ikuti adalah channel Tekotok yang saat artikel ini dibuat telah memiliki 3,89 juta subscriber, dengan konsep animasi komedi, namun dibuat dengan design karakter yang sederhana dan ditambah dengan voice yang frontal namun lucu. Banyak orang yang langsung suka dengan akun YouTube ini, terutama gen X dan gen Z.

Tapi untuk membuat channel animasi yang sukses seperti diatas, setidaknya Anda memiliki skill membuat animasi yang baik, serta memiliki tools pendukung lainnya.

Channel: Tekotok
Subscriber: 3,89 juta

2. Konten Game

Konten game memang identik dengan video yang menampilkan sosok YouTubernya, sebut saja seperti channel game dunia milik PewDiePie ataupun Jess No Limit asal Indonesia. Rata-rata video game yang mereka upload memperlihatkan sosok mereka saat sedang bermain game.

Tapi walaupun begitu, bukan berarti Anda tidak bisa membuat konten gaming tanpa menunjukan wajah. Karena selama Anda dapat bermain game dengan baik dan memiliki skill editing yang baik pula, membuat channel gaming bisa dilakukan tanpa harus menampilkan wajah di depan kamera.

Apalagi niche gaming menjadi salah satu kategori dengan pertumbuhan yang pesat yang menurut data statistik dari toneisland.com di tahun 2020 mencapai 100 miliar jam waktu tonton.

Untuk membuat channel gaming, Anda bisa membuat ide konten dengan melakukan walkthrough dari game-game terkenal seperti PUBG, Mobile Legend, Apex Legends, ataupun dari game online dan offline lainnya, baik dari smartphone, PC, Xbox atau Playstation.

Tapi bukan hanya sebatas itu saja untuk ide dari konten game, Anda juga dapat membuat konten berupa review game dan juga melakukan live streaming YouTube.

Tips untuk membuat konten game tanpa wajah:

  1. Rekam video dengan baik dan lakukan editing yang semenarik mungkin
  2. Tambahkan voice atau suara untuk menceritakan kegiatan atau menjelaskan tentang strategi game yang Anda lakukan
  3. Tambahkan logo atau avatar sebagai pengganti wajah
  4. Buat judul dan thumbnail semenarik mungkin
Channel: Top5Gaming
Subscriber: 5,75 juta

3. Konten Musik

Jika Anda kurang percaya diri untuk membuat video yang harus menghadap kamera. Anda bisa mencoba mencari ide konten YouTube tanpa wajah dari salah satu niche yang paling banyak dicari pengguna YouTube yaitu musik.

Karena menurut statista, musik masuk ke dalam 10 kategori yang paling populer dan channel yang paling cepat pertumbuhannya beberapa tahun terakhir.

Hal ini wajar, karena kebanyakan di dunia ini, semua orang menyukai musik, dan ini menjadi peluang buat yang berjiwa introvert untuk berkarya dan menghasilkan uang dari YouTube. Ditambah membuat konten ini bisa dilakukan cukup dengan bermodalkan HP.

Untuk idenya sendiri, Anda bisa membuat konten musik yang berisi daftar lagu populer atau membuat konten lirik lagu. Yang jika dibandingkan sangat berbeda dengan konten cover lagu yang mengharuskan Anda menampilkan wajah.

Seperti channel musik LatinHype yang telah mencapai 4,48 juta subscriber.

Tapi perlu diingat bahwa channel musik rawan copyright, jadi pastikan Anda memahami batasan terkait musik yang diklaim dan tips hak cipta.

Channel: LatinHype
Subscriber: 4,48 juta

4. Konten ASMR

Selanjutnya salah satu ide konten yang populer dan sedang trend di YouTube adalah video ASMR. Konten ini banyak dicari karena dapat memberikan rasa nyaman atau relax saat orang mendengarkannya, baik itu untuk mengurangi stress ataupun untuk membantu gangguan susah tidur (insomnia).

Karena hanya fokus pada suara konten atau audio, konten ASMR bisa dibuat tanpa memperlihatkan wajah, selama Anda mampu membuat atau memproduksi audio dengan teknik khusus untuk merangsang respons ASMR pada penonton. Seperti suara-suara lembut, suara hujan, atau pergerakan halus tangan.

Contoh channel ASMR yang sukses namun tidak perlu menampilkan wajah adalah channel ASMR Bakery.

Tapi untuk membuat video ASMR yang berkualitas Anda perlu mengeluarkan modal awal untuk membeli mikrofon stereo yang cukup bagus untuk menangkap suara.
 
Channel: ASMR Bakery
Subscriber: 1,57 juta

5. Konten DIY (Do-it-Yourself)

Jika Anda memiliki skill untuk membuat barang-barang sederhana atau bermanfaat bisa mencoba membuat video DIY. Karena video jenis ini sangat cocok untuk introvert atau pemula yang belum berani menampilkan wajah di video.

Anda bisa membuat kerajinan tangan, atau berbagai macam peralatan dengan memfokuskan kamera ke arah tangan atau kerajinan yang sedang dibuat.

Namun untuk bisa membuat konten DIY yang menarik tanpa menunjukan wajah, Anda harus mampu melakukan editing video yang menarik dengan durasi yang singkat.

Subscriber: 2,41 juta

6. Konten dalam Bentuk Slideshow

Ide konten faceless selanjutnya yang bisa dibuat oleh para pemula atau introvert adalah jenis konten dalam bentuk slideshow. Konten jenis ini biasanya dibuat dalam bentuk slide presentasi, tapi ada juga yang dalam bentuk tutorial seperti yang dilakukan oleh channel Pediaku ID.

Karena konten slide sangat niche, jadi sangat wajar jika untuk mendapatkan subscriber secara cepat cukup sulit.

Channel: Pediaku ID
Subscriber: 20,3 ribu

7. Konten Review Film

Konten film atau movie bisa dibilang niche konten yang banyak ditonton oleh pengguna YouTube dan yang paling cepat pertumbuhannya menurut statista.

Hal ini wajar karena banyak orang yang menyukai film dan acara entertainment. Dan ide konten jenis ini sangat cocok buat calon YouTuber yang ingin memulai channel namun masih malu-malu menunjukan wajah.

Untuk ide kontennya juga cukup mudah, karena sudah ada banyak sekali film yang bisa diulas dan dibahas. Entah itu filmnya sendiri ataupun fakta-fakta tentang aktor atau artis perfilman.

Namun perlu diingat untuk membuat channel movie Anda harus memiliki pembawaan suara yang baik serta pemahaman alur cerita film yang baik pula. Dan terpenting channel movie rawan copyright.

Untuk channel konten film yang bisa Anda contoh ada banyak, tapi Anda bisa melihat channel IQ7 yang terbilang sukses untuk sebuah channel yang membahas tentang alur film.

Channel: IQ7
Subscriber: 4,89 juta

8. Konten Quote

Bagi Anda yang lebih suka menyendiri dan sedang mencari ide untuk dijadikan konten YouTube. Mungkin bisa meniru channel Quotes, yang seperti namanya hanya memposting video yang berisi kata-kata bijak dari berbagai filsuf atau orang-orang terkenal.

Untuk membuat konten quote cukup mudah, tidak perlu melakukan banyak editing, tanpa berdiri didepan kamera, dan tanpa perlu menunjukan wajah. Hanya cukup mencari dan mengumpulkan kata-kata bijak dari orang terkenal agar bisa menjadi sebuah video yang bisa dinikmati semua orang.

Channel: Quotes
Subscriber: 1,1 juta

9. Konten Repair Gadget

Jika mempunyai keahlian memperbaiki perangkat elektronik, tidak ada salahnya skill yang Anda miliki dijadikan ide konten untuk membangun channel YouTube sendiri. Apalagi banyak sekali orang mencari jawaban atau solusi di YouTube untuk bisa memperbaiki gadget seperti smartphone dan laptop.

Konten jenis ini memiliki banyak keuntungan, selain bisa monetisasi dari Adsense bisa juga cara untuk mempromosikan usaha Anda sehingga banyak orang ingin memperbaiki gadget mereka ditempat usaha Anda. Dan produk yang di service ditempat Anda bisa dijadikan bahan konten selanjutnya.

Dan beruntungnya konten jenis ini tidak perlu harus menampilkan wajah hanya cukup diisi dengan suara dan editing yang baik, seperti channel Phone Repair Guru.

Channel: Phone Repair Guru
Subscriber: 4,06 juta

10. Konten Restorasi

Pernahkah Anda melihat channel Restoration R.A yang bisa merestorasi jam tangan atau mainan yang rusak hingga benar kembali seperti baru?. Jika belum, coba Anda kunjungi channel tersebut dan perhatikan bahwa sang YouTuber tidak menunjukan wajahnya sama sekali.

Konten restorasi hampir mirip dengan konten repair diatas. Bedanya konten restorasi memperbaiki barang yang memang sudah rusak total menjadi bisa digunakan kembali.

Jadi Anda bisa menjadikan restorasi sebagai ide untuk konten YouTube Anda. Anda bisa memulai dengan mencari dan memperbaiki barang yang rusak disekitar Anda terlebih dahulu.

Channel: Restoration R.A
Subscriber: 349 ribu

11. Konten Memasak

Konten ini sangat cocok bagi wanita atau ibu-ibu yang ingin menjadi content creator di YouTube.

Tidak perlu alat-alat yang mahal yang suka digunakan oleh chef ternama. Cukup menggunakan handphone dengan kualitas kamera yang baik dan perlengkapan dapur yang ada, sudah bisa memulai membuat konten masakan dengan resep yang lezat.

Namun untuk membuat channel memasak tanpa menampakkan wajah. Anda harus bisa mengambil gambar atau video dengan baik, suara video yang jelas, dan ditambah editing video yang menarik. Dan selalu jujur dengan resep yang Anda bagikan, karena pengguna tidak bisa mencium aroma atau mencicipi makanan yang Anda buat dari sebuah layar.

Channel: Dapur Mama
Subscriber: 563 ribu

12. Konten Dubbing

Ide konten YouTube yang bisa dilakukan oleh introvert dan pemula adalah membuat konten suara dubbing. Karena video ini sama sekali tidak perlu membuat Anda menampakan wajah. Hanya perlu melakukan dubbing komedi dari video yang ingin Anda buat.

Anda bisa membuat dubbing hewan, film ataupun yang lainnya sebagai ide untuk membuat konten.

Ada banyak channel yang bisa Anda ikuti untuk belajar memahami konsep cara membuat video dubbing yang menarik. Sebagai contoh seperti channel dibawah ini.

Channel: Apil
Subscriber: 1,05 juta

13. Konten Storytelling

Mungkin Anda mengenal Nessie Judge atau Nadia Omara sebagai storytelling yang banyak mengisahkan kisah-kisah menakutkan. Mereka memang salah dua YouTuber terbaik dari sekian banyaknya YouTuber storytelling yang berani menampilkan wajah.

Tapi apakah Anda tahu channel BiCo Story yang membuat konten kisah tragis dan horor dengan storytelling dipadukan dengan animasi yang keren, sehingga sebagai penonton langsung seperti memahami kejadian yang diceritakan.

BiCo Story merupakan salah satu bukti jika konten storytelling tidak harus menampilkan wajah tapi juga bisa digabung dengan konsep atau skill yang lain, selama kreatifitas masih ada.

Channel: BiCo Story
Subscriber: 1,69 juta

14. Konten Video Compilation

Calon Sarjana, Junaway dan YT Crash merupakan contoh channel dari video complication yang ada di YouTube. Video jenis ini memang tidak perlu menampilkan wajah hanya membutuhkan suara untuk menjelaskan isi video. Dan clip video pun diambil dari berbagai sumber yang disesuaikan dengan tema video yang dibuat.

Jadi bagi pemula atau introvert, konten video complication sangat cocok jika tidak ingin muncul di depan kamera.

Tapi untuk membuat konten jenis ini butuh effort yang tidak sedikit, karena harus mencari banyak footage atau clip dari berbagai sumber, belum lagi memerlukan editing yang baik, ditambah rawan pelanggaran hak cipta.

Tapi jika Anda memang tertarik, mungkin bisa saja membuat channel yang sukses seperti YouTuber diatas dan mampu menghasilkan pundi-pundi uang dari YouTube.

Channel: Calon Sarjana
Subscriber: 7 juta

15. Unboxing dan Review Produk

Saat ini banyak orang mengandalkan YouTube sebelum membeli produk. Alasannya jelas, karena banyak sekali channel yang membuat konten tentang sebuah produk dimulai dari unboxing hingga memberikan review penggunaannya, sehingga dapat membantu membuat keputusan pembelian menjadi lebih baik.

Jika Anda hobi berbelanja berbagai macam produk, tidak ada salahnya menjadikan konten unboxing dan review produk sebagai salah satu ide konten YouTube tanpa wajah. Hal ini bisa dilakukan selama Anda tahu niche yang dipilih, membuat konsep video yang menarik dan memiliki skill editing dengan baik. 

Seperti yang dilakukan channel Flossy Carter yang sukses membuat konten review gadget tanpa memperlihatkan jati diri nya sama sekali.

Channel: Flossy Carter
Subscriber: 1,91 juta

16. Konten Berkebun

Coba Anda kunjungi channel @Kebunkecildepanrumah ini. Dari banyaknya video, sang pembuat video hanya fokus menunjukan tanaman tanpa menunjukan wajah sama sekali, dan alat-alat yang digunakan pun sederhana. Namun jumlah pengikutnya sudah mendekati 1.000 subscribe dengan hanya 13 video.

Jadi, jika Anda seorang introvert yang tidak mau disorot kamera, Anda bisa mencontoh konsep channel diatas sebagai langkah awal memulai membuat channel di YouTube.

Channel: Kebun Kecil Depan Rumah
Subscriber: 799

17. Screen Recording

Screen recording salah satu ide konten YouTube tanpa wajah yang paling banyak dilakukan oleh mereka yang belum percaya diri tampil didepan layar namun ingin membuat akun channel di YouTube.

Untuk membuat konten ini memang terbilang cukup mudah, karena Anda bisa merekam langsung layar komputer atau smartphone untuk membahas sesuatu, entah itu panduan, error ataupun troubleshoot.

Agar bisa membuat channel screen recording yang baik cobalah membahas sesuatu yang memang Anda ahlinya. Seperti saat mengerjakan rumus excel, editing, ataupun seperti channel yang bernama BLOG TIPS yang membahas tentang blogging. Dimana full merekam aktivitas layar komputer dari awal sampai akhir.

Channel: BLOG TIPS
Subscriber: 23,6 ribu

18. Berkeliling Kota

Tour kota mungkin buat sebagian orang masih terlalu asing di telinga, tapi konten jenis ini lagi trend saat ini, karena efek dari adanya pandemi yang mengakibatkan orang tidak bisa pergi kemana pun.

Ini kesempatan bagi Anda yang tinggal diperkotaan ataupun yang tinggal di daerah wisata untuk memulai channel seperti ini. Dan terlebih lagi konten ini tidak perlu menampilkan wajah sang YouTuber, hanya perlu jalan-jalan dan memahami tempat-tempat terbaik yang bisa dijadikan konten. Dan alat yang digunakan pun bisa bermodalkan smartphone atau kamera GoPro.

Channel yang bisa Anda ikuti untuk mempelajari konten jenis ini adalah Wanna Walk yang membuat konten mengitari kota dengan berjalan kaki.

Channel: Wanna Walk
Subscriber: 205 ribu

19. Konten Whiteboard Animasi

Konten ini 100% dibuat tanpa menggunakan wajah karena hanya mengandalkan background putih ditambah dengan gambar atau animasi. Sehingga cocok sekali untuk dijadikan ide bagi para YouTuber pemula ataupun introvert sekalipun.

Yang terpenting saat membuat konten dengan whiteboard ini, Anda harus tahu konten apa yang ingin dibuat dan kemampuan editing yang baik.

Sebagai contoh untuk mengetahui seperti apa konten whiteboard animasi, Anda bisa melihat channel Saham dari Nol. Yang membahas saham secara detail yang ditujukan buat orang yang baru mulai belajar saham dengan penjelasan animasi yang menarik.

Channel: Saham dari Nol
Subscriber: 726 ribu

20. Konten Video AI (Artificial Intelligence)

Sejak kemunculan ChatGPT, AI menjadi perbincangan semua pengguna internet. Dan seiring waktu mulai banyak bermunculan situs-situs AI yang dikemudian hari dimanfaatkan oleh para content creator untuk membuat konten YouTube, terutama untuk membuat konten YouTube tanpa wajah.

Jika Anda masih awam bentuk video yang menggunakan AI. Anda bisa melihat channel World Muslim News, yang dalam salah satu videonya, terlihat menggunakan wajah AI.

Dan ini bisa Anda jadikan ide untuk langkah awal memulai channel YouTube sendiri.

Subscriber: 29,6 ribu

Tips agar Channel YouTube Tanpa Wajah Berhasil

Di YouTube ada banyak sekali video yang di-upload setiap harinya. Yang membuat persaingan menjadi ketat. Agar menjadi YouTuber yang berhasil, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memulai membuat channel Youtube tanpa menunjukan wajah.

Pilihlah niche yang dikuasai

Sebelum Anda memutuskan untuk memulai menjadi YouTuber dengan ide awal membuat konten youtube tanpa wajah. Pastikan Anda memilih niche YouTube yang memang Anda kuasai. Karena ini akan membantu Anda membuat konsep dan video lebih baik. Karena Anda memang mengerti tentang konten yang Anda buat. Untuk menentukan niche YouTube yang tepat, Anda bisa mulai dengan mencari tahu berdasarkan minat dan keahlian.

Buat Konten yang Original

YouTube sangat menyukai konten yang dibuat secara original, murni dari ide sang content creator. Karena dengan membuat konten original akan membantu channel untuk memenuhi syarat monetisasi dan untuk menghindari klaim copyright.

Lakukan Editing yang Menarik

Karena konten dibuat tanpa wajah, sudah selayaknya Anda harus bisa melakukan editing video dengan baik dan menarik. Tujuannya agar penonton memberikan like, comment atau bahkan meng-subscribe channel yang Anda buat.

Buat Thumbnail dan Judul yang Menarik

Jika Anda meng-upload video, pastikan untuk membuat thumbnail semenarik mungkin. Sebab thumbnail merupakan visual yang pertama kali pengguna YouTube lihat, kemudian dilanjutkan dengan membaca judul. Jika thumbnail dan judul Anda menarik, semakin besar kemungkinan orang untuk mengklik.

Konsisten

Jika Anda memang ingin serius menjadi YouTuber, pastikan selalu upload video secara terjadwal. Jangan sampai Anda hanya bersemangat diawal namun ditengah jalan berhenti. Jadi belajarlah membuat kalender konten agar Anda dapat konsisten dalam meng-upload video.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url