Editor secara independen meninjau semua yang direkomendasikan dan mungkin terdapat link affiliasi yang dapat memberi komisi jika terjadi pembelian. Pelajari lebih lanjut di Content Guidelines

8 AI Pembuat Video Otomatis, ada yang Gratis!

Sumber Foto: Pexel.com
Bagi yang ingin membuat video YouTube, TikTok ataupun Reels, namun terkendala dengan skill editing video. Sekarang ini bisa menggunakan AI pembuat video otomatis atau AI video generator untuk menghasilkan video yang menarik dan berkualitas hanya dalam beberapa menit.

Sejak meningkatnya popularitas ChatGPT di akhir tahun 2022 kemarin. Di tahun 2023 ini mulai banyak video editor online yang menambahkan fitur kecerdasan buatan seperti AI text-to-video hingga AI avatars.

Bahkan salah satu stasiun televisi di Indonesia, yaitu TVOne pernah menggunakan presenter AI dalam salah satu programnya.

Tentunya kita tahu untuk membuat video yang baik dibutuhkan skills, tools, dan pengalaman yang tidak sebentar hanya untuk membuat satu video yang menarik. Tapi seiring berkembangnya kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), AI video generator menjadi salah satu solusi bagi para content creator untuk membuat video dalam waktu singkat sekaligus menghemat biaya.

Sekedar informasi, video yang diciptakan oleh AI dibuat menggunakan kombinasi artificial intelligence dengan digabungkan fitur pengeditan video untuk menghasilkan video yang terlihat cukup realistis untuk dijadikan konten buatan manusia.

Dari banyaknya situs AI yang ada di internet, kami telah menyusun beberapa situs video editor yang dilengkapi dengan fitur AI yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan berbagai macam video.

8 AI Pembuat Video Otomatis untuk Para Content Creator

1. InVideo.io

InVideo bisa dibilang merupakan salah satu video editor favorit bagi content creator untuk membuat video AI berkualitas dalam beberapa menit hanya berdasarkan inputan teks yang diperintahkan.

Template dan musik yang disediakan pun cukup banyak, disini kamu dapat membuat semua jenis video seperti YouTube, TikTok , Meme, Video Presentasi, Slide, dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan.

Sumber Foto: Invideo.io
Terlebih lagi untuk menggunakan InVideo ini dapat digunakan secara gratis, walau dengan beberapa batasan fitur. Dan untuk mendapatkan fitur-fitur lengkap lainnya bisa dilakukan dengan cara upgrade ke paket business atau unlimited namun tetap dengan harga yang terjangkau.

Keunggulan:
  • Bisa digunakan secara gratis, namun harus mendaftar terlebih dahulu
  • Ada berbagai pilihan template yang disediakan
  • Mudah digunakan bagi pemula
  • Biaya langganan yang masih terjangkau
Kekurangan:
  • Bagi pengguna gratis terdapat batasan fitur, seperti video yang dihasilkan akan ada watermark, dan untuk di download harus upgrade layanan terlebih dahulu
  • Rendering video cukup lama
  • Tidak dikhususkan untuk membuat video dengan editing tingkat lanjut

2. Veed.io

Salah satu cara termudah untuk kamu yang ingin membuat dan mengedit video media sosial ataupun YouTube bisa menggunakan situs Veed.io, sebuah video editor all-in-one dengan gabungan teknologi AI.

Sumber Foto: Veed.io
Situs yang mengklaim sebagai platform editing video online terbesar ini menawarkan banyak fitur canggih diantaranya, alat pengedit video, menambahkan subtitles, hingga AI Tools, yang memungkinkan kamu untuk membuat avatar AI hingga video AI text-to-speech.

Ada empat pilihan untuk menggunakan Veed.io, mulai dari yang gratis, basic, pro, dan business, yang semuanya bisa kamu coba sendiri dengan harga yang cukup ramah dikantong.

Keunggulan:
  • Gratis, bisa membuat video tanpa harus mendaftar dan berlangganan terlebih dahulu, namun untuk menyimpan video kamu harus wajib sign up
  • Selain AI Tools, ada banyak fitur yang bisa digunakan untuk membuat video lebih berkualitas
  • Tampilan interface editing video yang simple dan mudah
Kekurangan:
  • Versi gratis hanya bisa membuat video berdurasi 10 menit dan terdapat watermark
  • Untuk menggunakan fitur dan template yang keren harus berlangganan paket berbayar, namun masih dengan harga yang terjangkau
  • Cukup berat digunakan di laptop dengan spesifikasi rendah, dan cukup sulit mengedit video di hp walaupun dengan spesifikasi layar 5.5 inch

3. FlexClip.com

Rekomendasi situs pembuat video dengan AI berikutnya yang patut untuk dicoba adalah FlexClip. Karena disini kamu bisa mengedit dan membuat berbagai macam video dengan sangat mudah.

Ditambah lagi baru-baru ini FlexClip telah menyediakan fitur AI yang terintegrasi dengan ChatGPT sehingga dapat memproses teks menjadi sebuah video dalam hitungan menit yang semua ini dapat digunakan secara gratis.

Sumber Foto: Flexclip.com
Selain fitur AI text-to-video, kamu juga bisa mencoba fitur teks-to-image, AI script generator, dan AI text-to-speech yang membantu membuat video ai berbicara seperti perintah teks yang dimasukan.

Keunggulan:
  • Bisa digunakan secara gratis, ada banyak tools, stock foto dan video yang bisa digunakan dengan resolusi yang baik
  • Tampilan yang user-friendly, sehingga sangat mudah saat edit video
Kekurangan:
  • Sayangnya untuk mengedit video belum support untuk pengguna smartphone
  • Fitur text-to-video bisa dibilang sedikit tertinggal dengan situs video generator lain
  • Ada limit pembuatan video untuk pengguna gratis
  • Terkadang membutuhkan waktu yang lama untuk rendering satu video

4. Synthesia.io

Jika AI pembuat video otomatis versi gratis masih dianggap kurang kamu bisa coba yang versi berbayarnya, yaitu menggunakan Synthesia. Platform pembuatan video AI yang inovatif ini bahkan mendapat rating 4,7/5 di nichepursuits berdasarkan ulasan dari para penggunanya.

Sumber Foto: Synthesia.io
Yang artinya kamu tidak perlu memiliki skill yang tinggi atau perlu menggunakan banyak peralatan produksi video yang mahal, dikarenakan semua telah disediakan oleh Synthesia.

Dibuat menggunakan Natural Language Processing (NLP) tingkat lanjut dan machine learning algorithms yang dapat membuat video berkualitas tinggi, sangat cocok digunakan untuk pribadi, bisnis kecil atau bahkan perusahaan besar sekalipun.

Kamu bisa mencoba beberapa fitur seperti membuat avatar AI, voice AI, bahkan video presentasi menggunakan AI. Dan video yang dibuat bisa digunakan untuk YouTube ataupun media sosial. Sehingga sangat membantu bagi content creator yang ingin membuat video tanpa wajah.

Keunggulan:
  • Sangat mudah untuk digunakan
  • Tersedia 120 bahasa dengan menggunakan aksen yang berbeda
  • Gerak bibir hampir mirip dengan manusia
Kekurangan:
  • Tidak tersedia versi gratis
  • Biaya berlangganan cukup mahal, namun masih sebanding dengan fitur yang ditawarkan

5. Designs.ai

Jika ingin meningkatkan traffic, engagement, dan conversion ke website perusahaan, blog pribadi, ataupun YouTube, maka kamu perlu membuat video terbaik untuk mendapatkan itu semua.

Dan beruntungnya, dengan kecanggihan yang memanfaatkan kecerdasan buatan sekarang ini dapat menghasilkan video profesional secara otomatis, cepat, dan mudah dengan bantuan Design.ai.

Kamu hanya cukup mendaftar, memasukan teks, pilih industri yang relevan, pilih bahasa, dan pilih suara, dan hasilnya akan menjadi sebuah video dengan audio dan visual yang menarik.

Terlebih lagi tersedia template video dapat digunakan untuk Facebook, Instagram, Twitter, atau TikTok untuk memaksimalkan marketing strategy di platform media sosial. Situs generate video AI ini juga memungkinkan digunakan untuk membuat logo dan spanduk dalam hitungan menit.

Keunggulan:
  • Untuk membuat video versi trial tersedia input teks sampai 2500 kata
  • Resolusi video yang dihasilkan cukup berkualitas
Kekurangan:
  • Tidak gratis, tapi bisa mencoba versi trial sebelum mendaftar dengan banyak keterbatasan
  • Kamu harus merubah ke tampilan dekstop jika ingin edit video melalui smartphone, karena situs ini belum support editing video hp

6. Lumen5.com

Lumen5 adalah platform pembuatan video AI yang luar biasa untuk bisnis yang ingin membuat video secara otomatis hanya dalam beberapa menit. Dengan Lumen5, kamu dapat membuat video profesional dari awal atau mengedit video yang sudah ada untuk membuat konten baru.

Selain itu fitur AI untuk mengubah posting blog menjadi video juga memiliki hasil yang sangat bagus, cocok bagi kamu seorang blogger yang membutuhkan video untuk konten di blog atau YouTube tanpa perlu banyak melakukan editing namun tetap dengan hasil video berkualitas tinggi.

Dan yang menjadi salah satu favorit kami adalah Lumen5 sangat mudah digunakan cukup dengan drag and drop, dan dapat menambahkan visual musik yang akan semakin membuat video tampak menarik.

Keunggulan:
  • UI (user interface) yang sangat friendly
  • Dapat mengubah postingan blog menjadi sebuah video
Kekurangan:
  • Walau ada versi gratis, namun fitur yang digunakan sangat terbatas
  • Untuk menggunakan stock video atau mengubah warna font harus upgrade ke versi berbayar

7. HeyGen.com

Situs selanjutnya yang harus dicoba untuk membuat video AI adalah HeyGen. Editor video online ini menyediakan berbagai tools dan fitur bermanfaat bagi content creator untuk membuat video YouTube ataupun media sosial dalam hitungan menit tanpa menggunakan kamera ataupun software editing, tetapi cukup menggunakan kemampuan AI.

Sumber Foto: Heygen.com
Kita juga dapat memilih lebih dari 300 suara yang tersedia dalam 40 bahasa. Dan yang paling disukai, kamu bisa melakukan custom avatar sesuai keinginan. Untuk review dari para penggunanya pun cukup tinggi, HayGen diberi rating 4,7/5 di situs Product Hunt.

Keunggulan:
  • Tersedia 300 suara dalam 40 bahasa
  • Menyediakan fitur face swap dan bisa custom avatar
Kekurangan:
  • Jika ingin menggunakan fitur yang lebih baik harus berlangganan paket berbayar
  • Tingkat kualitas dan resolusi yang dibuat oleh AI masih kalah dibandingkan situs video AI lainnya

8. DeepBrain.io

Bisa dikatakan DeepBrain merupakan situs untuk membuat AI generatif berdasarkan teks-to-video yang mudah digunakan dengan bantuan Artificial Intelligence ChatGPT. Sehingga menjadikannya editor video online yang bagus untuk pemula dan dapat menghemat waktu serta biaya sebesar 80%.

DeepBrain AI sendiri menawarkan empat jenis produk mulai dari AI Human, AI Studios, AI Interview, serta AI Avatars dengan lima belas fitur yang bisa digunakan.

Keunggulan:
  • Ada banyak layanan yang ditawarkan yang cocok untuk perusahaan yang memasarkan produk atau jasa
  • AI Avatars support sampai 80 bahasa
Kekurangan:
  • Walau support bahasa Indonesia, suara AI terdengar "blepotan" dan masih salah dalam menyebutkan kalimat
  • Jika dibandingkan dengan situs sejenis, jumlah avatar masih sedikit

Kesimpulan:

Kehadiran AI memang sangat membantu content creator dalam melakukan pekerjaan, termasuk membuat video. Namun perlu diingat setiap fitur yang ditawarkan oleh situs video editor memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi kamu harus bijak dalam memilih situs AI Video Generator yang sesuai kebutuhan.

Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Artificial_intelligence
https://www.producthunt.com/products/HeyGen/reviews
https://www.nichepursuits.com/synthesia-io-review
Next Post Previous Post
2 Comments
  • admin
    admin 21 Agustus 2023 pukul 00.17

    menurut informasi yang saya dengar bahwa konten yang menggunakan AI tidak bisa dimonetisasi.

    • Indra S
      Indra S 21 Agustus 2023 pukul 06.23

      Hallo, jika menggunakan AdSense untuk website, Google memang lebih menyukai konten yang original dengan memperhatikan E-EAT. Konten yang dibuat secara utuh menggunakan AI sering kali ditolak oleh AdSense karena dianggap Low Value Content.
      Sedangkan monetisasi untuk YouTube sendiri tidak melarang menggunakan AI selama tidak melanggar kebijakan pedoman konten.

Add Comment
comment url