Editor secara independen meninjau semua yang direkomendasikan dan mungkin terdapat link affiliasi yang dapat memberi komisi jika terjadi pembelian. Pelajari lebih lanjut di Content Guidelines

Ide Konten YouTube Terbaru untuk Pemula 2024, Banyak Ditonton!

Dengan banyaknya cerita sukses bagaimana YouTube dapat menghasilkan uang. Banyak YouTuber pemula mulai mencoba mencari ide konten YouTube yang banyak diminati serta bisa dimonetisasi untuk mendapatkan pundi-pundi uang sebagai content creator.

Hal ini wajar karena menurut Statista, YouTube menjadi salah satu social network yang paling populer, di mana pada Januari 2023 popularitas platfom video sharing ini berada di peringkat kedua setelah Facebook dengan jumlah pengguna aktif lebih dari 2,51 milliar di seluruh dunia.

Dan berdasarkan data di tahun yang sama yakni Januari 2023, di kutip dari Katadata, Indonesia menjadi negara di peringkat ke empat dengan pengguna YouTube paling banyak.

Dengan banyaknya jumlah pengguna dan banyaknya jumlah video yang di upload setiap hari. Tidak salah memang orang menyebut YouTube lebih dari TV, karena Google sendiri mengatakan 6 dari 10 orang lebih suka menonton video online daripada menonton TV.

Sekarang ini banyak orang menjadikan YouTube sebagai tempat untuk mencari informasi atau hiburan setelah Google. Sehingga banyak peluang untuk bisa menghasilkan uang untuk para content creator. Namun perlu ingat bahwa peluang untuk gagal juga cukup tinggi. Karena besarnya persaingan video yang ada di YouTube.

Jadi sebagai YouTuber pemula tentu tidak boleh asal dalam membuat konten video, kamu harus tahu jenis konten yang paling banyak ditonton.

Sebab ini akan membantu kamu menemukan ide konten YouTube yang paling banyak diminati dan cocok untuk channel YouTube yang baru dibangun. Sehingga dapat membuat video yang menarik dan mampu bersaing dengan channel YouTube yang lainnya. Karena semakin menarik sebuah video akan semakin banyak pula jumlah views dan subscribe yang akan didapat. 

Jika kamu belum tahu konten seperti apa yang ingin di buat, artikel ini akan membahas beberapa daftar ide konten YouTube terbaru yang cocok untuk pemula berdasarkan dengan konten yang paling banyak diminati dan ditonton.

Ide Konten YouTube Terbaru Untuk Pemula

Berikut adalah beberapa referensi untuk ide konten YouTube terbaru untuk pemula sekaligus cara monetisasi untuk menghasilkan uang selain menggunakan Google Adsanse.

Konten Video Kompilasi

Mungkin kamu pernah melihat program TV yang bernama “On the Spot” yang membahas tentang hal-hal unik dari berbagai dunia dari urutan pertama sampai ketujuh, atau konten kumpulan video-video lucu. Nah jenis konten ini disebut dengan video kompilasi karena isi konten diambil dari berbagai sumber.

Jika kamu baru memulai membuat channel di YouTube, untuk ide konten bisa membuat jenis konten seperti ini. Karena video kompilasi memang cukup banyak diminati oleh para content creator terutama buat kamu yang mencari ide konten YouTube tanpa wajah .

Tapi untuk membuat konten seperti ini membutuhkan effort yang cukup besar, mulai dari mencari materi video, proses editing, bahkan harus selalu menyertakan sumber video untuk menghindari pelanggaran hak cipta.

Cara monetisasi konten: Adsanse, Sponsor, Affiliate

Konten Menghasilkan Uang Dari Internet

Walaupun YouTube sendiri bisa menghasilkan uang bagi content creator, ternyata masih banyak orang tetap mencari berbagai informasi tentang cara menghasilkan uang secara online di YouTube.

Ini bisa dilihat dari grafik Google Trend untuk pencarian di YouTube "menghasilkan uang dari internet" dalam 1 tahun terakhir pencariannya cukup stabil.

Dan ini bisa dijadikan sebagai ide konten yang menarik untuk YouTuber pemula.

Sebagai referensi kamu bisa melihat channel Hendro Setyo yang selalu rajin membagikan informasi tentang cara menghasilkan uang dari internet.

Cara monetisasi konten: AdSense, Sponsor

Vlog

Vlog (Video Blogger) biasanya menjadi kategori konten yang paling banyak dipilih oleh YouTuber pemula. Pasalnya karena banyak yang menganggap konten vlog hanya tinggal merekam kegiatan sehari-hari kemudian upload ke YouTube dengan harapan akan ada banyak orang yang menonton.

Namun alih-alih berhasil, banyak vlogger yang telah upload puluhan video berakhir dengan kegagalan, alasannya sederhana karena tidak ada yang mau menonton karena kebanyakan dari mereka bukan siapa-siapa. Kecuali mereka artis atau orang terkenal, tentu akan beda ceritanya.

Tapi apakah orang biasa bisa membuat channel YouTube vlog yang sukses? Jawabannya tentu saja bisa, tapi dengan effort dan kesabaran yang tinggi.

Jika kamu tetap ingin membuat konten video blogger bisa mulai dengan vlog seperti:
  1. Daily vlog
  2. Motovlog
  3. Food Vlogger
Untuk daily vlog kamu bisa mencontoh konten Taylor Bell, yang suka membagikan vlog sehari-harinya seperti berjalan-jalan di NYC, bedah apartemen sampai membuat konten pekerjaannya sebagai konsultan.

Sedangkan untuk motovlog bisa mencontoh channel Motofeelz.yang suka membuat video tentang perlengkapan-perlengkapan motovlog, tips riding, bahkan sampai solo camping dengan motor.

Dan untuk food vlogger kamu bisa meniru Magdalena seorang food vlogger dari Indonesia yang sering kulineran sambil review makanan yang dia makan. Sehingga membantu memberikan exposure kepada pelaku usaha makanan.

Cara monetisasi konten: AdSense, Sponsor, Affiliate

Konten Traveling

Kalau kamu suka jalan-jalan kesana kemari, jangan hanya menikmati keseruannya sendirian. Cobalah mulai mendokumentasikan dalam bentuk video untuk dijadikan sebagai salah satu ide konten untuk channel YouTube yang ingin kamu buat. Sebab salah satu konten yang banyak ditonton oleh pengguna YouTube adalah video traveling. Karena banyak orang yang membutuhkan informasi jika ingin pergi liburan.

Untuk materi video nya sendiri kamu bisa membuat konten informatif yang membahas tentang cara mempersiapkan budget liburan, review hotel yang udah kamu singgahi, rekomendasi tempat wisata dan kulinernya atau bahkan jika kamu punya pengalaman traveling keberbagai negara bisa membuat konten berupa panduan cara liburan keluar negeri.

Jika kamu berhasil mengembangkan channel YouTube traveling maka kesempatan buat dapat kerjasama dengan hotel-hotel atau aplikasi perjalanan terbuka lebar sehingga bisa mendatangkan cuan.

Cara monetisasi konten: AdSense, Sponsor, Affiliate

Konten Fashion dan Skincare

Salah satu kategori konten yang populer dan banyak diminati di YouTube adalah fashion dan skincare. Karena kedua hal ini sangat bermanfaat bagi sebagian orang baik wanita maupun pria yang memerlukan referensi untuk penampilan ataupun kecantikan.

Untuk ide konten pun cukup banyak, contohnya untuk busana, kamu bisa membuat konten dengan membahas outfit harian, kantor, busana kondangan, bahkan sampai tutorial hijab.

Sedangkan untuk skincare bisa membahas serum-serum wajah yang pernah kamu coba dan tips saat penggunaan skincare.

Cara monetisasi konten: AdSense, Sponsor, Affiliate

Video Unboxing atau Review Produk

Jika kamu suka belanja produk, barang yang kamu beli bisa dijadikan ide untuk konten YouTube. Seperti yang dilakukan oleh David Gadget In sipemilik channel paling terkenal di Indonesia untuk unboxing dan review produk gadget.

Karena dibandingkan dengan sekedar membaca artikel di Google, hasil ulasan produk dari konten YouTube sangat membantu sekali dalam mengambil keputusan untuk membeli barang.

Terlebih lagi untuk memulai channel YouTube dengan konten ini bisa dilakukan dengan peralatan sederhana. Untuk bahan konten pun kamu tidak perlu takut kehabisan ide, karena kamu bisa meminjam barang yang baru dibeli saudara, pacar, atau teman seperti yang dilakukan David diawal membangung channel YouTube nya.

Cara monetisasi konten: AdSense, Sponsor, Affiliate

Konten AI

Konten YouTube yang membahas tentang programan AI (Artificial Intelligence) bisa dibilang tergolong baru. Karena AI sendiri baru booming di akhir 2022 dengan munculnya ChatGPT. Jika kamu seorang yang antusias dengan pekembangan teknologi internet dan memiliki pemahaman yang baik tentang AI bisa membuat konten jenis ini. Untuk kontennya sendiri kamu bisa membuat konten bagaimana AI yang bisa membantu pengusaha dalam bidang marketing, atau untuk membatu pelajar sekolah dan sebagainya.

Untuk kontennya sendiri kamu bisa mempelajari dari channel CS Dojo yang sudah memiliki 1,9 juta subscriber.

Cara monetisasi konten: AdSense

Konten Permainan Game

Ide konten YouTube selanjutnya adalah permainan game. Kalau kamu seorang gamer atau seorang pro player. Bisa memilih membuat konten tentang gaming seperti Windah Basudara atau seperti PewDiePie seorang YouTuber luar negeri yang sukses membangun channel YouTube nya dengan bermain game, dengan jumlah subscribernya hingga 111 juta.

Game memang salah satu hobi yang paling banyak peminatnya. Belum lagi tidak semua orang ahli dalam bermain game. Jadi dengan membuat channel YouTube dengan konten game akan bermanfaat bagi para gamer yang baru belajar atau yang sekedar mencari informasi.

Untuk jenis kontennya kamu bisa membuat video walkthrough game, review game, atau live streaming. Dan jenis game nya pun bisa game PC ataupun Smartphone.

Tapi yang perlu kamu ketahui adalah konten dengan kategori game sangat kompetitif di YouTube apalagi sekarang banyak pro player esport yang ikut meramaikan konten di kategori ini.

Cara monetisasi konten: AdSanse, Sponsor, Affiliate

Referensi dan Spoiler Film

Referensi atau spoiler film cocok sebagai ide konten YouTube untuk pemula yang tidak suka menunjukkan wajah. Karena hanya menampilkan konten video tentang film atau movie.

Apabila kamu seorang penikmat film dan memiliki koleksi judul-judul film yang bagus bisa membuat channel yang membahas tentang alur cerita dari film tersebut. Sebab banyak orang yang tidak mempermasalahkan adanya channel YouTube yang memberikan spoiler sebuah film.

Tapi kamu juga harus tahu bahwa konten seperti ini rawan pelanggaran hak cipta. Jadi sebelum memulai konten ini pastikan mematuhi kebijakan program AdSense.

Cara monetisasi konten: AdSanse

Fitness atau Bodybuilding

Orang yang baru belajar nge-gym biasanya akan mencari referensi dari YouTube bagaimana belajar gerakan ataupun fungsi dari setiap peralatan gym. Dan ini bisa dijadikan sebuah konten yang sangat bermanfaat bagi mereka yang baru memulai workout, jika kamu memang ahli dibidang ini.

Atau kalau kamu bukan ahli dibidang fitness atau bodybuilding kamu juga bisa membuat konten body transformation dari yang kurus menjadi berisi ataupun sebaliknya.

Ide konten di kategori ini sangat banyak, jadi jangan takut akan kehabisan ide saat sedang membangun channel YouTube. Sebagai referensi salah satu channel YouTube dibidang ini adalah Bobby Ida dengan nama channel 2Nine Fit Indonesia, yang memulai konten fitness nya dengan mengajarkan orang workout di rumah dengan peralatan sehari-hari yang sering digunakan.

Cara monetisasi konten: AdSense, Sponsor, Affiliate

Konten Interview

Bingung mau bikin konten apa di YouTube? Kamu bisa coba membuat konten interview.

Konten interview yang dimaksud disini bukan konten seperti konten untuk menjawab interview kerja. Tetapi konten interview yang berisi pendapat atau jawaban random dari berbagai orang atau sumber untuk sebuah pertanyaan, seperti yang dilakukan oleh channel Cretifox yang telah memiliki 900 ribu subscribe.

Atau jika kamu masih ingat pernah ada YouTuber dengan channel YouTube berisi konten tanya-tanya harga outfit seseorang bahkan viral sampai bisa menginterview outfit artis-artis terkenal.

Jika kamu orang yang kreatif mungkin bisa menemukan ide atau konsep yang berbeda dari channel yang diatas. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba.

Cara monetisasi konten: AdSense, Sponsor, Affiliate

Video Memasak

Ide selanjutnya yang bisa dijadikan konten YouTube adalah video memasak. 

Walau bukan koki, asalkan kamu tahu cara masak dan punya resep untuk membuat makanan enak atau makanan sehat bisa di jadikan peluang untuk memulai langkah sebagai YouTuber Pemula. Sebab cari resep atau cara memasak merupakan keyword yang sering diketikan orang di YouTube.

Cara monetisasi konten: AdSense, Sponsor, Affiliate

Musik

Masih menurut dilansir dari Statista, salah satu kategori dengan pertumbuhan views dan subscribe tercepat adalah channel yang berisi konten musik.

Kamu pasti bisa menebak alasannya, tentu saja karena banyak orang dibelahan bumi ini menyukai musik, baik dari anak kecil sampai orang dewasa. Dan konten YouTube jenis ini sangat cocok sebagai ide konten YouTube untuk introvert.

Selain karena membuat kontennya tanpa kamera, dan bisa dengan modal HP. Ide konten untuk musik sangat banyak, mulai dari membuat video musik karaoke, cover lagu, lirik lagu, daftar lagu terfavorit, hingga terjemahan lagu luar negeri.

Tapi perlu hati-hati konten ini juga sangat rawan dengan pelanggaran copyright.

Cara monetisasi konten: AdSense, Sponsor, Affiliate

Personal Finance

Punya keahlian dalam mengatur keuangan seperti Felicia Putri Tjiasaka atau punya skill investasi atau trading seperti Andy Senjaya. Boleh meniru ide konten seperti mereka.

Konten YouTube seperti ini sangat bermanfaat, karena dapat membantu untuk menyiapkan perencanaan keuangan untuk masa depan atau membantu memahami cara-cara dan risiko dalam investasi. Untuk para penontonnya sendiri biasanya banyak dari berbagai kalangan usia sehingga potensi untuk mendapatkan views dan subscribe sangat memungkinkan apabila channel yang kamu buat memang memberikan nilai.

Cara monetisasi konten: AdSense, Sponsor, Affiliate

Storytelling

Kalau kamu punya kemampuan bercerita dengan baik, konten storytelling bisa dijadikan salah satu ide konten YouTube yang layak dipertimbangkan.

Berikut beberapa YouTuber yang bisa dijadikan referensi untuk membuat konten storytelling yang banyak ditonton oleh pengguna YouTube:

  1. Konten Horor - Nessi Judge (9,9 juta subscriber)
  2. Konten Konspirasi - Sepulang Sekolah (1,2 juta subscriber)
  3. Konten Kontroversi - Junaway (3,6 juta subscriber)
Namun untuk membuat video storytelling yang baik harus didukung juga dengan kemampuan editing video yang baik juga, agar konten yang ditayangkan sesuai dengan cerita yang disampaikan. Jadi sebisa mungkin sebelum melakukan pembuatan konten harus melakukan riset terlebih dahulu.

Cara monetisasi konten: AdSense, Sponsor

Konten Untuk Anak

Ide konten YouTube terlaris dan biasanya cepat mendapatkan views dan subscribe adalah konten YouTube yang dibuat untuk anak-anak. Penyebabnya karena di jaman sekarang ini program TV untuk anak sangat jarang, ditambah anak-anak diusia dini sudah pandai dalam menggunakan smartphone.

Konten untuk anak bisa bermacam-macam, mulai dari lagu, video animasi lucu, review mainan dan sebagainya.

Di indonesia sendiri ada banyak channel anak yang bisa dijadikan contoh dan tinggal disesuaikan dengan minat dan kemampuan kamu dalam membuat video.

Cara monetisasi konten: AdSense, Sponsor, Affiliate

Langkah awal memulai channel YouTube yang sukses

Sebelum memutuskan untuk berkarir dan memulai channel YouTube ada beberapa langkah awal yang harus kamu pahami agar channel YouTube yang kamu bangun sukses dan dapat menghasilkan uang.

Tentukan Niche YouTube

Apa itu niche YouTube?

Niche YouTube adalah segmen pasar atau target konten yang ingin dituju secara spesifik, mulai dari tema, topik, maupun konten video yang akan di buat.

Contohnya jika kamu memilih kategori musik dengan niche cover lagu, maka video yang di upload di channel YouTube kamu cukup video-video cover lagu.

Dengan niche YouTube yang sesuai, akan lebih fokus dalam menentukan nama channel, jenis video yang akan dibuat, bentuk materi video yang akan disuguhkan, dan target audiens yang ingin disasar. Sehingga peluang membuat konten yang lebih baik dari pesaing cukup besar.

Niche YouTube juga merupakan salah satu faktor utama untuk mendapatkan banyak views, subscribe, dan akan membuat video bertahan lama. Membuat konten video tanpa niche, akan membuat kesulitan dalam membuat konten yang baik.

Cara Menentukan Niche YouTube yang Tepat

Sebelum mencari ide konten YouTube, untuk dapat memilih niche yang tepat ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

Minat

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk memilih niche YouTube adalah dengan berdasarkan minat atau passion yang kamu ingin lakukan.

Membuat konten berdasarkan minat akan menghindarkan dari rasa bosan, karena saat membuat konten akan terasa menyenangkan karena kamu memang menikmati prosesnya, dan kamu juga akan terlihat lebih ahli karena kamu memang menguasi hal tersebut.

Untuk menemukan minat yang tepat, cobalah buat beberapa daftar hal-hal yang kamu sukai atau sesuatu yang membuatmu tertarik.

Keahlian

Selanjutnya adalah keahlian. Keahlian yang didapat dari study atau pengalaman hidup, dapat membantu kamu dalam menentukan niche YouTube yang tepat.

Hampir sama dengan minat, membuat konten berdasarkan keahlian akan membuat proses pembuatan konten terasa lebih mudah dan menyenangkan karena kamu memang ahli di bidang tersebut.

Terlebih lagi channel YouTube yang dibangun berdasarkan keahlian bisa menjadi referensi pengguna dalam mencari informasi atau bahkan bisa saja menghibur sehingga dapat membuat channel tersebut berkembang dengan cepat.

Banyak sekali YouTuber memulai karirnya di YouTube berdasarkan keahlian yang mereka miliki seperti channel YouTube Zach King dengan kemampuannya dalam mengedit video yang sangat baik, saat ini memiliki 17 juta subscriber.

Atau YouTuber dari Indonesia Fajrul FX, yang dideskripsi channelnya merupakan seorang lulusan jurusan fisika Cardiff Universty yang membuat video tentang sains khususnya fisika dikemas dalam bentuk game atau anime yang membuat channelnya di subscribe sebanyak 815 ribu orang.

Profitabilitas

Jika niat membuat channel YouTube karena ingin menghasilkan uang, point ketiga ini merupakan cara yang cocok untuk menentukan niche YouTube yang tepat.

Alasannya karena tidak semua konten bisa mendatangkan banyak views dan subscribe dengan cepat sehingga proses pendaftaran Google AdSense akan terasa sulit.

Tentu untuk mengejar hal ini kamu harus tahu kategori konten YouTube paling laris dan yang paling cepat mendatangkan banyak penonton. Contohnya seperti dilansir oleh Statista, channel movie dan entertainment yang paling cepat pertumbuhannya di tahun 2023 ini.

Atau kamu bisa melakukan riset sendiri dari berbagai sumber seperti Google Trend atau Social Blade.

Optimasi Video dengan SEO

Agar konten yang dibuat muncul di pencarian YouTube kamu harus mengoptimalkan konten dengan SEO. Seperti memberikan judul yang bagus, mengisi deskripsi dengan memasukan kata kunci yang relevan dengan video dan jangan lupa untuk menambahkan tag.

Buat Thumbnail yang Menarik

Salah satu faktor untuk meningkatkan potensi klik video YouTube adalah Thumbnail yang menarik. Jadi pastikan saat ingin memposting video kamu menggunakan thumbnail yang menarik agar mampu membuat orang tertarik untuk mengklik. Alasannya karena terkadang orang lebih tertarik melihat thumbnail dari pada judul video.

Ada beberapa tips singkat untuk membuat thumbnail yang baik:

  • Gunakan Ikon, Logo, atau wajah kamu di thumbnail
  • Usahakan menggunakan teks atau kata-kata seminimal mungkin
  • Tambahkan element kreatif seperti tanda panah, emotikon, atau lainnya

Buat Konten Short Video

Saat ini YouTube memiliki short video yang mirip dengan konten TikTok dan Instagram Reels. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk memvariasikan konten di channel YouTube kamu untuk mempercepat meningkatkan visibilitas.

Caranya kamu bisa membuat konten baru atau menggunakan konten lama namun dibuat dengan versi lebih singkat dengan durasi 60 detik dengan tujuan seperti cuplikan video.

Konsisten

Kunci keberhasilan seorang YouTuber adalah selalu konsisten dalam membuat dan mengupload video di channel YouTubenya. Semakin sering mengupload video semakin besar kemungkinan algoritma YouTube untuk menampilkan video kamu di pencarian YouTube. Jadi sebagai seorang YouTuber pemula penting untuk kamu membuat calender plan agar bisa membantu membuat jadwal upload video yang teratur.

Kesimpulan

Ide konten YouTube diatas merupakan daftar konten yang potensial untuk di tonton banyak orang. Namun perlu di ingat, sebagai YouTuber pemula, sekedar membuat konten saja tidak cukup, ada banyak faktor lain yang harus dipertimbangkan seperti kualitas konten, maupun strategi promosi konten agar channel dapat berkembang agar  mendapatkan banyak views dan subscribe. Jadi selalu belajar dan konsistenlah dalam setiap prosesnya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url