Editor secara independen meninjau semua yang direkomendasikan dan mungkin terdapat link affiliasi yang dapat memberi komisi jika terjadi pembelian. Pelajari lebih lanjut di Content Guidelines

Handuk Microfiber adalah: Kelebihan dan Cara Merawatnya

Seiring berkembangnya teknologi tekstil, handuk microfiber telah mendapatkan banyak popularitas dan menjadi salah satu rekomendasi handuk terbaik yang bisa kamu miliki. Hal ini disebabkan terdapat kelebihan pada handuk microfiber yang tidak kalah hebat dengan handuk berbahan katun.

Meski begitu, mungkin masih banyak yang belum terlalu familiar dalam menggunakan handuk berbahan microfiber ini. Dan di artikel ini kami akan menjelaskan tentang apa itu handuk microfiber, kelebihannya, dan bagaimana cara merawat dengan benar.

Apa Itu Handuk Mandi Microfiber

Handuk microfiber adalah jenis handuk yang terbuat dari serat sintetis yang sangat halus. Bahan dasar yang paling umum digunakan dalam pembuatan handuk microfiber adalah polyester dan poliamida (nilon). Bahkan menurut thspruce.com serat microfiber ini diklaim sangat halus, hampir 100 kali lebih tipis daripada sehelai rambut manusia, sehingga menghasilkan permukaan yang sangat lembut dan berkualitas tinggi.

Sumber: Pexel
Sebagai kain pembersih, kain ini juga tidak berbulu dan efektif menghilangkan kotoran dari permukaan yang halus seperti kulit. Namun perlu diingat, kemampuan handuk microfiber dapat berbeda-beda tergantung pada bentuk, ukuran, dan kombinasi kualitas bahan yang digunakan. 

Kelebihan dan Kekurangan Handuk Mandi Microfiber

Kelebihan

Berikut ini beberapa kelebihan ketika menggunakan handuk microfiber:

1. Daya Serap Tinggi

Salah satu manfaat utama menggunakan handuk mandi microfiber karena kemampuannya untuk menyerap air dengan sangat baik. Serat microfiber yang halus dapat menyerap air lebih banyak daripada handuk biasa, membuatnya ideal sebagai handuk dewasa atau handuk bayi untuk mengeringkan tubuh setelah mandi atau berenang.

2. Cepat Kering

Handuk microfiber memiliki kemampuan untuk mengering dengan cepat, bahkan setelah menyerap jumlah air yang besar. Ini berarti kamu tidak perlu terus-menerus mencuci handuk yang basah atau membawa handuk yang lembab saat sedang traveling.

3. Nyaman saat Digunakan

Ketika mengusapkan handuk microfiber pada kulit, kamu dapat merasakan kelembutan serat microfiber tersebut. Hal ini memberikan rasa nyaman pada kulit saat menggunakannya, dan membuatnya cocok untuk penggunaan sehari-hari.

4. Antimikroba dan Hipoalergenik

Handuk mandi microfiber memiliki sifat antimikroba alami, yang membantu mengurangi pertumbuhan bakteri dan jamur. Selain itu, serat mikrofiber hipoalergenik, yang berarti lebih cocok untuk mereka yang memiliki kulit sensitif atau alergi.

5. Tahan Lama

Jika dirawat dengan benar, handuk microfiber umumnya tahan lama dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan handuk berbahan katun. Sehingga dapat menghemat uang untuk mengganti handuk baru.

Kekurangan

Berikut beberapa kekurangan handuk microfiber:

1. Tidak Cocok untuk Wajah Kering

Muatan pada handuk microfiber dapat menyerap minyak alami wajah yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit, sehingga kurang cocok untuk pengguna yang memiliki masalah wajah kering.

2. Suhu Panas

Microfiber dapat rusak akibat suhu panas seperti pengeringan dengan suhu tinggi ketika menggunakan mesin cuci atau sengaja disetrika dengan suhu yang tinggi.

3. Harus Dicuci Terpisah

Dilansir dari cleanlink serat microfiber tidak boleh dicuci bersamaan dengan serat dari produk lainnya, karena serat lainnya dapat menyumbat serat kecil pada handuk yang justru dapat mengurangi keefektifan handuk dalam menyerap air.

Handuk Mandi Microfiber VS Handuk Katun

Walau memiliki fungsi yang sama, namun ternyata ada beberapa keunggulan handuk mandi microfiber vs handuk katun.

Sumber: Pexel

1. Daya Serap yang Superior

Dalam perbandingan langsung, handuk microfiber dapat menyerap lebih banyak air daripada handuk katun (cotton) dengan ketebalan yang sama.

2. Lebih Cepat Kering

Handuk microfiber dapat kering dengan cepat karena seratnya yang halus memungkinkan udara untuk mengalir melalui jaringan serat dengan lebih mudah. Sehingga terkadang tidak perlu dijemur dibawah matahari langsung.

3. Ukuran dan Berat yang Ringan

Handuk mandi microfiber seringkali tipis dan lebih ringan dibandingkan handuk cotton yang rata-rata memiliki gramasi 450 GSM, sehingga menjadikannya pilihan yang ideal untuk bepergian atau berlibur. Berbeda dengan handuk berbahan katun yang biasanya lebih berat dan memiliki ketebalan yang dapat memakan ruang di dalam tas atau koper.

Cara Merawat Handuk Mandi Microfiber

Agar handuk mandi microfiber tetap berfungsi dengan baik dan tahan lama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merawatnya:

1. Cuci dengan Air Hangat

Gunakan air hangat untuk mencuci handuk microfiber. Hal ini membantu untuk menjaga kualitas serat microfiber tetap baik. Sebab air panas dapat merusak serat-serat handuk sehingga dapat merusak kemampuan menyerap air.

2. Hindari Pemutih Klorin dan Pelembut

Jangan menggunakan pemutih berbahan klorin atau pelembut pakaian saat mencuci handuk microfiber, karena hal ini dapat merusak serat microfiber dan juga warna sehingga akan membuat luntur dan terlihat lebih kusam.

3. Jemur Ketika Selesai Digunakan

Walau lebih cepat kering, menjemuran handuk microfiber tetap disarankan baik setelah menggunakan agar dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Hindari juga untuk menyimpan dalam keadaan lembab atau terlipat terlalu lama.

Kesimpulan:

Handuk mandi microfiber adalah pilihan yang praktis dan berkualitas untuk berbagai keperluan. Keunggulan utamanya meliputi daya serap yang superior, kemampuan cepat kering, kenyamanan saat digunakan, serta sifat antimikroba dan hipoalergenik. Untuk menjaga kualitasnya, pastikan untuk merawatnya dengan benar. Dengan begitu, Anda akan menikmati manfaat handuk mandi microfiber untuk waktu yang lama.

Sumber:
https://www.thespruce.com/how-to-wash-microfiber-clothes-2145813
https://www.cleanlink.com/cleanlinkminute/details/Strengths-And-Weaknesses-Of-Microfiber--48108
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url