Editor secara independen meninjau semua yang direkomendasikan dan mungkin terdapat link affiliasi yang dapat memberi komisi jika terjadi pembelian. Pelajari lebih lanjut di Content Guidelines

Review Balance Bike Element RMB 5Rider Plate 3.0 EVA

Review balance bike RMB 5Rider Plate 3.0 EVA ini ditujukan bagi yang sedang mencari rekomendasi push bike murah dengan fitur yang juga tidak kalah dari sepeda keseimbangan lainnya.

RMB 5Rider Plate 3.0 EVA merupakan merk sepeda lokal dari Element Indonesia. Balance bike ini sangat sesuai untuk anak yang baru mulai berlatih bersepeda karena dirancang dengan baik, dan dengan kualitas yang juga cukup mengesankan. Tersedia dalam 5 pilihan warna yang sangat menarik dengan harga Rp 441.000 (Element Indonesia Official Store).


Untuk review, kami melakukan pengujian menggunakan RMB 5 Rider 3.0 EVA dengan warna Turquoise selama 1 bulan, dan berikut ini hasil review yang kami dapatkan.

Kelebihan:
  • Harga Murah
  • Memiliki bobot yang ringan
  • Handgrip berbahan karet dan sadel berbahan busa
Kekurangan:
  • Stem protector kurang tebal

Spesifikasi

Usia 2 - 5 Tahun
Berat Badan Maksimal 25 kg
Frame Hi-Ten Steel
Warna Tersedia Beberapa Pilihan Warna
Fork Rigid Steel
Handle Bar Steel
Handle Post Steel
Seat Post Steel (Adjustable)
Saddle Element Component Leather Look
Rims EVA Wheelset
Berat Sepeda 3540 gr
Tires12 Inch
Dimensi Sepeda P75xL16xT33
Extra Paddock

Review Element RMB 5 Rider 3.0 Plate 3.0 Eva


Tampilan Balance Bike RMB 5Rider 3.0 Eva
Kesan pertama saat melihat tampilan push bike Element RMB 5Rider 3.0 EVA akan langsung teringat dengan Strider 12 Sport, hanya saja sepeda tanpa pedal ini ini memiliki harga yang jauh lebih murah.

Hampir disemua bagian sepeda menggunakan bahan baja (Steel), kecuali pada bagian frame yang menggunakan Hi-Ten Steel (High Tensile Steel) yang lebih kuat menahan tekanan daripada baja biasa dan rims (velg) yang menggunakan bahan plastik.

Saat perakitan RMB 5 Rider 3.0 Eva cukup praktis karena hanya terdapat 3 bagian dan hanya perlu memasang stang dan sadel menggunakan kunci L 5mm. Dan untuk menyesuaikan tinggi sadel pun cukup mudah hanya perlu melepaskan seat post adjustable yang terletak di bagian bawah sadel. Sepeda ini juga dilengkapi dengan paddock berbahan plastik.

Walaupun menggunakan sebagian besar bahan baja, sepeda buatan Element ini cukup ringan ketika diangkat, angka bobot sepeda seperti kurang dari 3 kg. Sehingga anak cukup mudah untuk mendorong atau mengangkat sepeda ketika berada dalam posisi jatuh. Untuk ketahanan berat maksimal sepeda, dapat digunakan untuk anak dengan berat badan 25 kg.

Handgrip menggunakan bahan karet
Untuk stang, menggunakan handlebar flat dengan sisi handgrip menggunakan bahan karet yang cukup lembut untuk memberikan kenyamanan saat digenggam oleh anak ditambah stang juga dapat diatur ketinggiannya. Terdapat pula protector pada stang, hanya saja cukup tipis sehingga kurang untuk melindungi dada dari benturan. Dan pada bagian stang ini juga belum menggunakan stem, masih menyatu dengan handlepost, sehingga tidak dapat mengganti handlebar.

Sadel empuk dan menggunakan Element leather
Dibagian sadel atau jok menggunakan busa yang cukup empuk dengan dibalut oleh bahan leather berwarna coklat yang memberikan kesan vintage. Untuk ukuran tinggi maksimal sadel di kisaran 40 dan terendah di 25 cm (diukur dari bawah lantai). Untuk dapat mengetahui apakah ketinggian sepeda sesuai dengan anak dapat mengukur inseam anak terlebih dahulu.

Posisi stang dan sadel pun cukup jauh, dimana dapat memberikan ruang bagi kaki anak untuk masuk dan keluar. Sehingga mengurangi resiko terjatuh ketika ingin dinaiki ataupun turun dari sepeda.

RMB 5 Rider 3.0 EVA sudah dilengkapi footrest untuk meletakan kaki anak saat berseluncur diatas sepeda. Untuk ukuran footrest cukup sesuai dengan size kaki anak, dan juga dilengkapi bahan bertekstur agar tidak licin.
Terdapat footrest untuk meletakan kaki
Pada bagian roda menggunakan ban 12 inchi dengan rims EVA Wheelset atau ban solid. Kelebihan ban ini membuat RMB 5 Rider 3.0 cukup ringan, tidak kempes, dan tidak licin ketika digunakan di jalan beraspal. Hanya saja kekurangan dari ban jenis ini adalah kurang dapat menyerap guncangan di jalan bergelombang.

Kesimpulan:

Balance bike RMB 5 Rider 3.0 EVA ini cocok untuk anak usia 1-5 tahun yang baru belajar menggunakan sepeda. Walau harga cukup murah di kisaran Rp 400.000, secara kualitas push bike dari Element Indonesia ini memiliki frame yang kokoh dan bobot yang ringan. Sehingga layak untuk dimiliki dan cukup aman serta nyaman digunakan oleh anak ketika bermain sepeda keseimbangan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url