Editor secara independen meninjau semua yang direkomendasikan dan mungkin terdapat link affiliasi yang dapat memberi komisi jika terjadi pembelian. Pelajari lebih lanjut di Content Guidelines

10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik, Bisa untuk Lomba (2024)

Balance bike atau sepeda tanpa pedal kini mulai banyak direkomendasikan sebagai cara paling ideal untuk mengajarkan anak belajar bersepeda sekaligus untuk mengasah sensorik dan motorik sebelum akhirnya menggunakan sepeda kayuh.

Dengan menggunakan balance bike atau pushbike membuat anak dapat belajar keseimbangan tanpa perlu memikirkan cara mengayuh pedal. Anak hanya perlu fokus belajar cara menyeimbangkan anggota tubuh mulai dari duduk, jalan pelan, berlari, hingga berakselerasi dengan menggunakan kekuatan kedua kakinya.

Apalagi saat ini sudah mulai menjamur program kompetisi lomba balance bike untuk menunjukan bakat dan kemahiran anak dalam berakselerasi diatas sepeda kecilnya.

Bagi orang tua yang tertarik ingin memberikan sepeda keseimbangan ini kepada anaknya. Kami telah merangkum beberapa rekomendasi balance bike terbaik dari beberapa merk seperti United, I-cycle, Element, London Taxi, Strider, Bike8, dan lainnya. Tidak lupa juga tips untuk memilih sepeda balance bike yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Bagaimana Cara Kami Merekomendasikan

Untuk memberikan rekomendasi balance bike terbaik, kami melakukan uji coba tersendiri dengan beberapa merk berdasarkan pengalaman sebagai orang tua dan ada juga menanyakan langsung kepada narasumber yakni orang tua yang memiliki balance bike. Sisanya kami merekomendasikan berdasarkan merk yang banyak mendapatkan review pembeli.

Usia Anak Mengendarai Balance Bike

Little big bikes menyebutkan bahwa usia terbaik untuk mulai menggunakan balance bike antara usia 18 bulan dan 3 tahun dimana anak sudah dapat berjalan tanpa bantuan dan dapat meletakan kakinya di tanah dengan sedikit ditekuk saat diatas sepeda. Karena hal ini akan mengurangi resiko terjatuh saat mengendarai sepeda.

Jenis Sepeda Balance Bike untuk Anak

1. Balance Bike Standar

Sepeda keseimbangan tanpa pedal ini diperuntukan untuk belajar atau mengendarai dengan santai dalam pemakaian sehari-hari. Biasanya memiliki model atau tipe yang tidak bisa dimodifikasi dan untuk harga lebih murah dengan fitur yang terbatas.

2. Balance Bike Racing

Walau dapat digunakan untuk bersepeda santai, umumnya sepeda ini juga dapat digunakan untuk kegiatan lomba atau kompetisi racing balance bike. Sepeda jenis ini biasanya memiliki tampilan sport, sadel aerodinamis, dan harga yang lebih mahal dikarenakan fitur yang tersedia lebih baik dan dapat dimodifikasi.

3. Balance Bike 2in1

Jenis sepeda yang memiliki berbagai fungsi dalam 1 sepeda. Biasanya dapat dirubah sesuai dengan perkembangan atau kebutuhan anak. Bahkan ada beberapa merk memiliki fitur 3in1, dan 4in1. Untuk harga bervariasi sesuai dengan fitur yang tersedia.

Cara Memilih Balance Bike

Untuk mendapatkan balance bike yang tepat bagi kebutuhan anak, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih.

Tips memilih balance bike yang tepat

1. Material Frame

Jenis material ini sangat penting karena akan mempengaruhi berat sepeda dan juga ketahanan frame atau rangka dari karat. Ada beberapa jenis material yang digunakan untuk membuat sebuah rangka balance bike, diantaranya Magnesium, Aluminium Alloy dan Baja.

2. Berat Sepeda

Penting memilih sepeda dengan bobot seringan mungkin, agar anak dapat mendorong sepeda dengan mudah dan terhindar dari cidera. Balance bike dengan berat antar 2,5 kg hingga 3,5 kg bisa menjadi pilihan tepat karena termasuk sepeda dengan bobot ringan.

Namun perhatikan juga batasan berat maksimal yang bisa diterima oleh sepeda apakah dapat mengangkat anak dengan beban 20 kg hingga 40 kg.

3. Roda

Ada dua tipe roda yang digunakan pada sepeda tanpa pedal, yaitu roda dengan ban busa EVA dan roda dengan ban angin (pneumatik). Untuk pemilihan ban harus disesuaikan dengan kondisi tempat anak bersepeda. Kedua ban ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Ban EVA vs Ban Angin
Ban Foam EVA Ban Angin
Tidak Perlu Dipompa Dapat digunakan disemua lintasan
Anti Kempes Meredam benturan
Sepeda menjadi lebih ringan Dapat diganti sesuai selera
Kurang nyaman di jalan berbatuBisa mengalami kempes
Cengkraman kurang kuat di jalan licinTidak tahan tusukan

4. Stang dan Sadel

Untuk bagian stang pilihlah balance bike yang menggunakan bahan karet dibagian handgrip karena lebih nyaman dan mudah digenggam jika dibandingkan dengan bahan plastik. Begitu pula pada bagian sadel atau jok pilihlah yang berbahan empuk seperti karet atau busa agar dapat meredam goncangan dengan baik.

5. Rem

Umumnya sepeda tanpa pedal atau balance bike tidak memiliki rem tangan. Untuk menghentikan laju sepeda hanya menggunakan kaki. Namun rem tangan bisa menjadi fitur tambahan sebagai pengaman saat anak bersepeda walau harga mungkin sedikit lebih mahal.

Rekomendasi Balance Bike Terbaik

1. Bike8 SF-1 Pro

Sumber: Tokopedia
Material Aluminium Alloy + 5 Dimensional Super Fiber
Roda Ban angin 12' inch
Berat3,2 kg
Usia 2-5 tahun
Harga Rp 1.900.000
Rating 5
Jika dilihat dengan seksama sepeda keseimbangan tanpa pedal dari Bike8 SF-1 Pro memiliki design yang premium dengan nuansa full color dan tampak unik.

Bike8 SF-1 Pro memang dirancang bukan hanya sekedar bisa digunakan sehari-hari, tapi bisa juga digunakan untuk kompetisi balance bike bagi anak-anak.

Sepeda ini menggunakan bahan berbeda di setiap bagian namun tetap dengan kualitas terbaik. Dimana bagian frame menggunakan Five-Dimensional Super Fiber Material, sedangkan di bagian handlebar dan wheelset menggunakan Aluminium Alloy yang membuat sepeda Bike8 SF-1 Pro menjadi lebih ringan.

Pada bagian headset sudah menggunakan bearing yang membuat stang lebih smooth untuk berbelok. Sedangkan untuk roda menggunakan ban angin (pneumatic tire) dipadukan dengan shock absorber yang dapat meredam benturan atau goncangan dengan baik.

Kelebihan:
  • Menggunakan sport saddle yang membuat dudukan lebih stabil dengan bahan suede
  • Letak footrest yang lebar dan proporsional
  • Menggunakan ban anti skid dan anti explosion membuat anak mengendarai sepeda lebih aman dan anti slip
Kekurangan:
  • Cukup mahal, namun masih terbilang wajar dengan kualitas yang ditawarkan

2. Push Bike United Picabo

Sumber: Tokopedia
MaterialMagnesium
RodaBan angin 12' inch
Berat3 kg
Usia2-5 tahun
HargaRp 1.180.000
Rating5
Sepeda tanpa pedal Picabo dari United Bike bisa dikatakan sebagai salah satu rekomendasi pushbike terbaik yang kami uji secara langsung dengan target untuk anak yang baru belajar bersepeda maupun yang sedang mencari balance bike racing.

Picabo memiliki rangka sepeda yang berbentuk U yang membuat anak lebih mudah untuk mengangkat kaki ketika keluar maupun masuk tanpa khawatir takut terjatuh. Posisi footrest juga sangat sesuai yaitu di bawah sadel jadi anak dapat meletakan kaki atau berdiri dengan aman.

Rangka Magnesium Balance Bike United Picabo
Pada bagian stang, handgrip menggunakan karet yang lembut dan handlebar menggunakan stem sehingga handlebar dapat di upgrade dan dimodifikasi. Picabo juga memiliki fitur steering stabilizer berbahan karet yang berfungsi sebagai adjuster clamp untuk menjaga stang agar tidak terselip 360 derajat ketika digunakan.

Fitur steering stabilizer
Pada bagian sadel juga menggunakan bahan karet dengan ketinggian maksimal 40 cm dan dudukan paling rendah minimal 30 cm (diukur dari lantai) sehingga dapat digunakan untuk anak usia 2 tahun.

Kelebihan:
  • Menggunakan bahan Magnesium Alloy yang kokoh dan ringan
  • Terdapat tekstur pada body rangka memberikan kesan elegan
  • Menggunakan ban udara dengan ukuran 12 inch
Kekurangan:
  • Karena menggunakan bahan Magnesium Alloy jika terjadi kerusakan di frame sulit diperbaiki
  • Bagian stang masih cukup tinggi walau sudah diturunkan maksimal. Dan membutuhkan stem protector untuk melindungi dada dari As fork stang
Cek Produk di Tokopedia Cek Produk di Shopee

3. I-cycle Rocket

Sumber: Shopee
MaterialMagnesium
RodaBan angin 12' inch
Berat3 kg
Usia2-5 tahun
HargaRp 850.000
Rating4,9
I-Cycle Rocket merupakan salah satu merk pushbike yang kami uji sendiri dan banyak juga direkomendasikan oleh orang tua untuk digunakan oleh anak usia 2 - 5 tahun. Sebab sepeda ini didesain tidak hanya untuk anak yang baru berlatih bersepeda tapi juga untuk kompetisi balance bike.

I-Cycle Rocket memiliki frame yang sangat ringan karena menggunakan bahan Aluminium Alloy sehingga bobot keseluruhan hanya sekitar 3 kg, membuat anak cukup mudah untuk mendorong sepeda.

Ditambah pada bagian AS roda menggunakan bearing yang sangat halus sehingga pergerakan roda dapat meluncur dengan mulus hanya menggunakan sedikit tenaga.

Pada bagian roda dilengkapi dengan ban udara berukuran 12 inch yang cocok digunakan untuk semua medan. Dipadukan juga dengan velg jari-jari yang dapat menahan goncangan lebih baik.

Roda angin dengan ukuran 12 inch
Untuk handlebar menggunakan stang lurus atau flat dengan bahan karet di setiap handgrip, dan dapat berputar 360 derajat. Dilengkapi juga stem agar dapat dengan mudah di upgrade atau dimodifikasi sesuai selera.

Kelebihan:
  • Sepeda cukup ringan untuk digunakan karena terbuat dari bahan Alloy ditambah menggunakan bearing pada AS roda
  • Velg jari-jari memberikan suspensi yang baik untuk menahan benturan di tanah bergelombang
  • Sadel menggunakan bahan karet dengan lengkungan di bagian belakang. Ketinggian maksimal sadel hingga 50 cm, cocok untuk anak usia hingga 5 tahun
Kekurangan:
  • Ketinggian maksimal handlebar dirasa masih kurang terlalu tinggi, perlu di upgrade
  • Jarak antara sadel dan stang cukup sempit sehingga anak perlu berhati-hati saat naik dan turun dari sepeda
  • Dibutuhkan stem protector untuk melindungi tubuh dari AS fork jika stang diturunkan ke posisi terbawah
Cek Produk di Tokopedia Cek Produk di Shopee

4. Strider 12 Sport

Sumber: Tokopedia
MaterialSteel
RodaBan foam 12' inch
Berat3 kg
Usia18 bulan s.d 5 tahun
HargaRp 1.600.000
Rating5
Brand asal Amerika ini memang terkenal di seluruh dunia sebagai produsen balance bike terbaik. Dimana salah satu tipe sepeda keseimbangan yang populer adalah Strider 12 Sport. Situs seperti twowheelingtots bahkan memberikan rating 4.5 atau sangat direkomendasikan untuk digunakan oleh anak.

Pada bagian rangka, Strider 12 Sport hanya menggunakan bahan baja, berbeda dengan versi Strider 12 Pro yang menggunakan bahan Alloy. Walaupun begitu sepeda ini tidak kalah ringan karena hanya memiliki bobot 3 kg dan dapat menahan berat rider dengan berat 27 kg.

Rangka ringan berbahan aluminium alloy
Pada bagian jok atau sadel, untuk tinggi dudukan minimal berada di angka 28 cm, sehingga dapat digunakan oleh anak dengan usia 18 bulan. Jika anak cukup tinggi, sadel dapat ditinggikan hingga 48 cm.
Dudukan terendah 28 cm
Jarak antara sadel dan stang pun cukup lebar sehingga memberikan ruang bagi kaki anak saat naik dan turun.

Kelebihan:
  • Terdapat tambahan tiang dudukan yang berguna untuk menambah tinggi sebanyak 3 inchi
  • Sangat mudah untuk dirangkai pertama kali
Kekurangan:
  • Sadel terasa kurang empuk
  • Bagian velg menggunakan plastik
  • Paddock sepeda dijual terpisah
Cek Produk di Tokopedia Cek Produk di Shopee

5. London Taxi Balance Bike Jade

MaterialSteel
RodaBan foam EVA 12' inch
Berat3 kg
Usia2-5 tahun
HargaRp 1.480.000
Rating5
Rekomendasi sepeda tanpa pedal selanjutnya berasal dari brand asal Inggris yaitu London Taxi.

Sepeda ini terlihat bergaya vintage berkat perpaduan warna Jade pada bagian rangka, sadel berwarna coklat, dan roda busa EVA berwarna Ivory (putih gading) yang memberikan kesan klasik namun juga terlihat mewah.

Balance bike London Taxi ini sangat sesuai untuk anak yang baru mulai belajar sepeda dengan usia 2 tahun atau memiliki tinggi badan 85 cm. Karena sadel dapat disesuaikan hingga ketinggian terendah mencapai 28 cm (diukur dari tanah).

Tinggi sadel balance bike london taxi
Walau frame terbuat dari baja dimana lebih berat dari pada bahan Aluminium Alloy, balance bike atau kickbike London Taxi ini sangat ringan hanya 3 kg, dimana jika anak terjatuh masih cukup kuat untuk mengangkat sepeda ini.

Kelebihan:
  • Ukuran grips yang mini membuat genggaman anak pada stang sangat sesuai
  • Bagian footrest cukup lebar
  • Pembelian sudah termasuk paddock sepeda
Kekurangan:
  • Dengan harga 1 juta rupiah masih menggunakan ban EVA
Cek Produk di Tokopedia Cek Produk di Shopee

6. Element 5Rider EVA X

Sumber: Tokopedia
MaterialSteel
RodaBan foam EV 12' inch
Berat2 kg
Usia2-5 tahun
HargaRp 280.000
Rating4,9
Jika ingin mencari balance bike dengan harga murah tapi memiliki kualitas yang baik. Element 5Rider EVA X menjadi pilihan tepat, karena sepeda ini dijual dengan harga sangat terjangkau.

Bisa dikatakan Element 5 Rider EVA X merupakan balance bike yang dikhususkan bagi pemula, yaitu anak yang hanya ingin belajar mengendarai sepeda roda dua tanpa perlu memusingkan modifikasi atau upgrade komponen.

Dengan sadel empuk dan stang yang dapat disesuaikan ketinggiannya, anak dapat bermain dengan aman dan nyaman.

Dari segi material, Element 5 Rider EVA X menggunakan bahan besi hampir disemua bagian, kecuali Rims (velg) yang menggunakan EVA wheelset (roda foam). Walau begitu berat sepeda ini kurang lebih hanya 2 kg, sangat memudahkan orang tua atau anak untuk mengangkat atau membawa sepeda ini jika dibutuhkan.

Kelebihan:
  • Harga murah dengan kualitas cukup baik
  • Bobot sepeda yang ringan, dan dapat menahan rider dengan berat maksimal 25 kg
Kekurangan:
  • Protector stang tidak terlalu tebal
  • Ban EVA kurang empuk
  • Tidak tersedia paddock
Cek Produk di Tokopedia Cek Produk di Shopee

7. Aviator AT 7901

Sumber: Shopee
MaterialBesi
RodaBan foam 12' inch
Berat2,5 kg
Usia2-5 tahun
HargaRp 150.000
Rating4,8
Bagi yang ingin memberikan pushbike permulaan kepada anak sekedar untuk mendapatkan pengalaman pertama mengendarai sepeda yang menyenangkan atau untuk melatih keseimbangan dan otot kaki kaki bisa memberikan balance bike Aviator AT 7901 yang memiliki harga yang sangat murah.

Aviator AT 7901 memiliki rangka yang terbuat dari besi dengan berat 2,2 kg. Jok dan stang juga bisa disesuaikan dengan ketinggian anak mulai dari umur 2 - 5 tahun. Sepeda Aviator AT 7901 tersedia dalam 3 pilihan warna menarik.

Kelebihan:
  • Harga sangat murah
Kekurangan:
  • Tidak ada footrest
  • Tidak untuk digunakan dalam kompetisi
Sumber: Shopee
MaterialBesi
RodaBan foam 12' inch
Berat3 kg
Usia18 bulan - 5 tahun
HargaRp 300.000
Rating4,7
Speed balance bike 2in1 buatan Indonesia ini dirancang sebagai sepeda roda 3 dengan pedal di bagian depan namun pada bagian roda belakang dapat digabungkan sehingga menjadi sepeda roda 2 tanpa pedal.

Sepeda ini sangat cocok bagi anak dengan usia 1,5 tahun dimana dapat digunakan untuk melatih kekuatan kaki untuk berjalan karena aman dan tidak mudah jatuh.
Sepeda multifungsi Speed 2in1
Untuk stang dapat diputar 45 derajat, dengan sadel yang empuk. Untuk roda menggunakan bearing yang tidak menimbulkan suara berisik.

Kelebihan:
  • Dapat dimainkan dengan berbagai variasi roda 3 atau 2, dan dapat dikayuh atau didorong
Kekurangan:
  • Hanya digunakan untuk latihan anak usia 1,5 tahun
Cek Produk di Tokopedia Cek Produk di Shopee

9. Bebehoo PH-9

Sumber: Shopee
MaterialPlastik + Aluminium (bisa dilipat)
RodaBan foam 12' inch
Berat3 kg
Usia2 - 5 tahun
HargaRp 750.000
Rating5
Rekomendasi sepeda keseimbangan anak tanpa pedal selanjutnya adalah Bebehoo PH-9.

Berbahan material sebagian besar plastik sepeda ini tetap kuat dan kokoh untuk dinaiki anak dengan usia 5 tahun dengan berat badan 35 kg. Sangat ideal untuk anak yang baru pertama kali bersepeda karena bobotnya yang ringan.

Frame sepeda Bebehoo Ph-9
Bebehoo PH-9 sangat berbeda dengan balance bike lainnya, dimana sepeda ini dapat dilipat sehingga tidak membutuhkan space yang luas, dan juga bisa dibawa kedalam bagasi mobil. Terdapat juga fungsi kompas pada bagian stang, walaupun mungkin tidak terlalu penting bagi anak.

Kelebihan:
  • Perakitan sepeda sangat praktis dan mudah tanpa menggunakan baut
  • Bentuk sadel sport yang nyaman dan ban busa yang empuk
Kekurangan:
  • Tidak terdapat footrest
Cek Produk di Tokopedia Cek Produk di Shopee

10. Geko Plus 4in1

Sumber: Shopee
MaterialBesi
RodaBan foam 12' inch
Berat5 kg
Usia1-5 tahun
HargaRp 1.200.000
Rating4,9
Bagi orang tua yang ingin mencari balance bike dengan pedal bisa memilih sepeda Geko Plus.

Sepeda ini sangat multifungsi dan cocok digunakan untuk jangka panjang sesuai pertumbuhan anak. Selain bisa menjadi sepeda dengan pedal dan tanpa pedal.

Geko Plus dapat diubah menjadi balance bike dengan roda empat untuk membantu anak agar tidak perlu takut atau khawatir akan terjatuh saat baru pertama kali mencoba belajar bersepeda.

Geko Plus mengklaim bahwa sepeda ini merupakan sepeda dengan suspensi terbaik, awet dan tahan banting. Terlebih lagi sudah menggunakan roda udara high quality rubber yang dapat di pompa.

Kelebihan:
  • Terdapat 4 variasi dalam 1 sepeda
  • Sadel dapat diatur sesuai ketinggian anak
Kekurangan:
  • Cukup mahal
  • Sepeda kurang cocok memakai pedal jika diubah ke roda 2 karena posisi pedal berada di roda depan

Kesimpulan:

Balance bike atau pushbike atau kickbike memang dapat memberikan banyak manfaat bagi anak untuk melatih keseimbangan, akselerasi dan kepercayaan diri sebelum menggunakan sepeda kayuh. Namun untuk mendapatkan balance bike yang tepat harus tetap disesuaikan dengan kebutuhan anak, tinggi dan bobot sepeda agar anak mendapatkan pengalaman pertama yang menyenangkan saat bermain dan menghindari resiko cidera.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url