Editor secara independen meninjau semua yang direkomendasikan dan mungkin terdapat link affiliasi yang dapat memberi komisi jika terjadi pembelian. Pelajari lebih lanjut di Content Guidelines

Review Aqua AQF-S4: Freezer Hemat Watt Listrik

Bagi yang sedang mencari freezer hemat listrik dengan pembekuan yang cepat, freezer upright Aqua AQF-S4 bisa menjadi pilihan yang tepat. Freezer ini menjadi salah satu best seller yang memiliki banyak sekali review dari berbagai pengguna di situs ecommerce. Sekaligus salah satu freezer terbaik yang pernah kami uji baik untuk membekukan bahan makanan, ASI, maupun es batu.

Freezer ini memang berukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan freezer upright dari merk lainnya. Namun dari segi performa, Aqua AQF-S4 tentu dapat diandalkan. Belum lagi jika ruangan rumah tidak terlalu luas, freezer ini jelas menjadi pembelian yang tepat karena dapat diletakan di berbagai sisi rumah baik di dapur maupun ruang tamu.


Untuk memberikan review freezer Aqua AQF-S4 ini, kami melakukan pengujian dengan menggunakan tipe freezer Aqua 5 rak dalam waktu 2 bulan, dan berikut beberapa kelebihan dan kekurangan yang kami dapatkan saat menggunakan freezer ini.

Kelebihan:

  • Hemat listrik dan pembekuan yang cepat
  • Ruang penyimpanan yang luas
  • Suara kompresor yang kecil
  • Garansi kompresor hingga 7 tahun
Kekurangan:

  • Rak terlihat kurang simetris
  • Pembuangan bunga es masih manual

Review Freezer Aqua AQF-S4

Spesifikasi

Model: AQF-S4
Zat Pengembang: Cyclopentane
Zat Pendingin: HCF-134a
Isi Zat Pendinging: 120g
Tegangan Pengenal: 220V/50Hz
Arus Listrik: 1 A
Persentase Jalan: 40%
Kelas Iklim:T
Kapasitas: 121 L
Ukuran (LxTbxT) mm: 545 X 635 X 1020

Harga yang Terjangkau

Dari segi harga freezer Aqua AQF-S4 5 rak dijual dengan harga Rp 2.549.000-Rp 2.999.000 (Aqua Official). Sedangkan harga offline mungkin berbeda-beda disetiap toko elektronik di berbagai daerah.

Namun jika dibandingkan dengan lemari es upright lainnya, freezer Aqua AQF-S4 sedikit lebih murah.

Design yang Simple

Freezer Aqua AQF-S4 dengan 5 rak susun tersedia dalam dua pilihan warna yakni silver dan hitam dengan design yang simple.

Dimana body freezer sendiri menggunakan baja tipis anti karat dengan desain warna bertekstur pada bagian pintu dan samping freezer. Hanya saja letak pengaturan suhu terletak pada bagian belakang, namun masih bisa dijangkau dengan mudah.

Freezer Aqua AQF-S4 ini terdapat fungsi top table di bagian atas freezer yang berguna untuk meletakan barang dengan bobot ringan.

Di bagian kaki pula dibuat dapat diatur ketinggiannya yang sangat berguna jika lantai kurang rata.

Hemat Listrik dan Pembekuan yang Cepat

Penggunaan konsumsi daya listrik Aqua AQF-S4 ini bisa dikatakan cukup hemat dan stabil. Terbukti ketika diuji coba hanya menghabiskan listrik sekitar 45 watt/jam walaupun belum menggunakan teknologi inverter.

Meski hemat energi listrik, pembekuan cukup cepat berkat sistem full insulation dimana untuk membekukan air ukuran 250 ml dengan suhu normal dapat beku dalam waktu kurang dari 2 jam.

Temperatur suhu dalam lemari es juga tetap berjalan dengan konsisten, performanya tidak menurun. Dimana freezer ini dapat mencapai suhu hingga -24 derajat dengan pengaturan suhu maksimal.

Ruang Penyimpanan yang Luas

Walaupun ukurannya tidak terlalu tinggi, freezer Aqua AQF-S4 berhasil menutup kesenjangan pada ruang penyimpanan dengan menawarkan ruang yang cukup luas hingga dapat menampung 121 liter. 

Ini sangat berguna untuk menyimpan frozen food, stok ASI, atau es batu dalam jumlah banyak. Hanya saja, freezer menjadi terlihat panjang kebagian belakang.

Ruang penyimpanan Freezer Aqua AQF-S4

Suara Kompresor yang Kecil

Saat menyalakan freezer pertama kali, suara kompresor yang dihasilkan terdengar cukup keras sehingga cukup mengganggu. Namun ketika diselidiki hal ini disebabkan adanya besi pada bagian belakang yang terkena bagian kompresor. 

Setelah diperbaiki bunyi yang dihasilkan ternyata cukup kecil dan tidak berisik. Padahal kompresor yang digunakan belum menggunakan system inverter.

Garansi Kompresor 7 Tahun

Freezer Aqua AQF-S4 memiliki garansi kompresor hingga 7 tahun dimana sangat berguna jika selama waktu garansi tersebut terdapat kerusakan pada kompresor, karena akan diganti dan hanya membayar biaya jasa teknisi.

Kekurangan

Rak Kurang Simetris

Saat melihat bagian dalam freezer Aqua AQF-S4, pada bagian rak terlihat kurang simetris dan setiap rak hanya dikuatkan dengan 4 sekrup penyangga sehingga sekilas terlihat kurang kokoh. Maka sangat disarankan untuk tidak meletakan sesuatu dengan bobot yang terlalu berat demi menghindari kerusakan pada bagian rak.

Bagian rak tampak kurang simetris
Untuk rak penyimpanan pada bagian pintu juga terbuat dari plastik namun masih terasa kuat untuk sekedar meletakan botol minum atau makan ringan.

Pembuangan Bunga Es Manual

Untuk freezer Aqua AQF-S4 tidak adanya defrost system, yang artinya masih menggunakan pembuangan bunga es secara manual. Dimana freezer ini harus dimatikan terlebih dahulu agar bunga es mencair. Freezer ini mungkin bukan pilihan yang tepat bagi yang sedang mencari freezer dengan fitur defrost system.

Kesimpulan:

Freezer Aqua AQF-S4 sangat cocok bagi mereka yang sedang mencari freezer hemat listrik dengan harga yang cukup terjangkau. Freezer ini juga bisa dikatakan memiliki kinerja yang sempurna sebagai sebagai lemari es untuk membekukan bahan makanan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url