Editor secara independen meninjau semua yang direkomendasikan dan mungkin terdapat link affiliasi yang dapat memberi komisi jika terjadi pembelian. Pelajari lebih lanjut di Content Guidelines

22 Rekomendasi Kado Melahirkan: Bermanfaat bagi Ibu dan Bayi

Memberikan kado untuk ibu melahirkan merupakan salah satu cara untuk menunjukkan rasa cinta dan perhatian di momen istimewa.

Sebab ketika seorang wanita melahirkan si buah hati, momen tersebut merupakan suatu pencapaian luar biasa. Karena lahirnya seorang bayi merupakan momen spesial yang penuh kegembiraan dan kebahagiaan. Tak hanya bagi sang ibu, tapi juga bagi keluarga dan orang-orang terdekat.

Namun di masa ini pula sang ibu akan melewati banyak hal, mulai dari menahan rasa sakit pasca persalinan (postpartum) hingga kelelahan akibat kurang tidur. Itulah kenapa dengan memberikan hadiah tidak hanya sekedar menunjukan kegembiraan tetapi juga untuk memberi dukungan.

Tapi untuk mendapatkan kado yang tepat bagi ibu yang habis melahirkan bukanlah perkara mudah. Kado yang baik haruslah bermanfaat, berguna, praktis, dan dibutuhkan agar dapat membantu ibu menghadapi tantangan dalam peran barunya sebagai orang tua.

Tips Memilih Kado untuk Ibu Melahirkan

Untuk mendapatkan kado yang berguna untuk ibu yang baru melahirkan, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan kebutuhan maupun keinginan sang ibu dan sang bayi.

Salah satu pilihan yang dapat kamu pertimbangkan menurut Sunflower Motherhood adalah kumpulan produk perawatan diri yang dapat membantu ibu merasa lebih rileks dan terjaga kesehatannya.

Perlengkapan menyusui yang nyaman dan fungsional juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk membantu ibu dalam menyusui bayinya dengan nyaman.

Atau perlengkapan bayi seperti pakaian, alat mandi, baby carrier, dan sebagainya. Karena ini dapat membantu sang ibu untuk memenuhi kebutuhan bayi, sekaligus juga menghemat anggaran belanja kebutuhan bayi.

Selain itu, hadiah berupa buku panduan orang tua atau kursus online tentang perawatan bayi dan pengasuhan anak juga dapat menjadi kado yang berharga bagi ibu yang sedang belajar tentang perannya yang baru.

Dengan memperhatikan kebutuhan sang ibu kado yang kamu berikan akan menjadi lebih berarti dan bermanfaat dalam perjalanan barunya sebagai seorang ibu.

Rekomendasi Kado Melahirkan

Pada artikel ini kami telah merangkum 22 rekomendasi kado untuk ibu melahirkan yang bermanfaat dan berguna untuk jangka panjang.

1. Parcel Buah

Image: Tokopedia
Rekomendasi pertama untuk kado melahirkan adalah parcel buah. Sebab merupakan hal yang lumrah ketika membesuk orang yang sedang melahirkan baik di rumah sakit atau dirumah membawa bingkisan berupa buah. Buah sangat penting bagi ibu yang baru melakukan persalinan karena membutuhkan asupan vitamin atau serat untuk recovery ataupun untuk membantu meningkatkan asupan ASI.

Kini parcel buah cukup mudah didapatkan baik online maupun offline dan untuk jenis buah pun dapat dipesan sesuai keinginan. Dan biasanya terdapat free kartu ucapan agar lebih personal.

Harga mulai dari: Rp 170.000

Image: Tokopedia
Ide kado melahirkan selanjutnya berasal dari daerah timur tengah yang terbukti memiliki banyak khasiat yaitu kurma.

Kurma sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu yang baru melakukan persalinan. Dimana ada banyak manfaat yang terkandung seperti untuk membantu pemulihan lebih cepat, memperbanyak ASI, dan mencegah sembelit.

Kurma Ajwa sudah terkenal dari dahulu sebagai salah satu kurma terbaik. Warna kurma Ajwa lebih coklat tua kehitaman dengan tekstur tidak lembek namun lembut ketika dimakan dan memiliki rasa yang tidak terlalu manis jika dibandingkan dengan kurma lainnya.

Dengan memberikan hadiah kurma, sang ibu akan mendapatkan banyak nutrisi dan manfaat kesehatan lainnya.

Harga mulai dari: Rp 95.500 (500gram)

Beli Produk di Tokopedia Beli Produk di Shopee

3. Pompa Asi Portable Mama’s Choice

Image: Shopee
Pompa ASI atau Breast Pump merupakan perlengkapan penting bagi ibu menyusui untuk memerah ASI pasca melahirkan.

Memberikan pompa ASI portable akan menjadi kado yang bermanfaat, karena menurut BreastPumps.com bisa membantu sang ibu ketika tidak dapat menyusui anak secara langsung akibat payudara yang sakit atau bagi ibu yang memiliki ASI berlimpah agar tidak terbuang sia-sia, bahkan bagi ibu pekerja yang ingin membuat persediaan ASI agar bayi tetap mendapatkan ASI eksklusif.

Jika kamu ingin memberikan pompa ASI, Electric Breast Pump Mama’s Choice menjadi pilihan tepat karena berkualitas food grade yang membuat ASI tidak terkontaminasi, anti bocor. Dan memiliki desain yang praktis dan juga ringan sehingga mudah dibawa kemana saja.

Pompa ASI ini juga memiliki fitur seperti pemijatan dan penghisapan, dan terdapat 9 level pemompaan yang dapat dipilih sesuai kenyamanan. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dikantong.

Harga mulai dari: Rp 350.475

Beli Produk di Tokopedia Beli Produk di Shopee

4. Breast Pad Mama’s Choice

Image: Shopee
Sering kali ibu melahirkan yang memiliki ASI melimpah mengalami rembes atau keluar secara tidak sengaja yang mengakibatkan bra atau pakaian menjadi basah. Itulah kenapa breast pad atau nursing pad penting dimiliki di awal-awal masa menyusui.

Dengan kamu memberikan bingkisan breast pad dapat membantu ibu menampung atau mencegah ASI membasahi area payudara.

Breast Pad Silikon Mama’s Choice yang diklaim telah bersertifikat food grade dan bebas BPA ini terbuat dari bahan berkualitas, sehingga lembut dan dapat digunakan saat bekerja, olahraga, bahkan berbaring karena memiliki milk hole plug (penutup kecil) untuk mencegah kebocoran.

Breast Pad Mama's Choice ini hampir dapat digunakan untuk semua bentuk payudara dan dapat menampung hingga 20ml.

Harga mulai dari: Rp 139.695

Beli Produk di Tokopedia Beli Produk di Shopee

5. Krim Stretch Mark Mama's Choice

Image: Tokopedia
Kondisi perut ibu setelah melahirkan biasanya akan terdapat banyak stretch mark yang diakibatkan meregangnya kulit. Dan terkadang membuat sang ibu kurang percaya diri. Padahal banyak ibu yang merindukan kembali untuk memiliki tubuh sebelum hamil.

Untuk memperbaiki kondisi perut ibu pasca melahirkan agar kembali normal dan lebih percaya diri. Kamu bisa memberikan kado Krim Penghilang Stretch Mark Mama’s Choice.

Krim ini sudah terdaftar di MUI dan BPOM sehingga aman digunakan pada kulit karena terjamin bebas dari hypoallergenic, Paraben, dan Alcohol.

Krim ini diklaim efektif menghilangkan stretch mark di beberapa bagian tubuh karena kandungan Lypobelle Soyaglicone dan Aloe Vera yang mengunci kelembaban kulit dan gatal. Dan hasil akan jauh lebih optimal bila dipadukan dengan Serum Stretch Mark Mama’s Choice.

Harga mulai dari: Rp 99.495

Beli Produk di Tokopedia Beli Produk di Shopee

6. Buku Merawat Bayi Mommyclopedia

Image: Tokopedia
Jika ada teman wanita yang baru saja melahirkan anak pertamanya tidak ada salahnya memberikan kado berupa buku parenting agar saat mengasuh lebih anak menjadi menyenangkan.

Buku Mommyclopedia ini mengulas berbagai panduan dalam merawat anak mulai dari usia 0-1 tahun dari sudut pandang medis.

Didalam buku ini akan dibahas cara perawatan, tumbuh kembang, kesehatan, penggunaan obat, MPASI, hingga mitos-mitos yang sering beredar di tengah masyarakat.

Harga mulai dari: Rp 71.200

Image: Shopee
Jika ibu yang melahirkan adalah wanita pekerja, cooler bag atau tas ASI bisa menjadi hadiah yang sesuai dengan kebutuhan untuk menyimpan ASI Perah selama bekerja, sebelum akhirnya nanti disimpan ke dalam freezer ASI.

Tas ASI dari Natural Moms memiliki motif yang cantik dan lucu dengan tampilan casual, bagian lapisan dalam yang sudah memiliki sertifikat food grade yang menjaga ASI tetap aman dan higienis.

Tahan dingin selama 20 jam berkat material berkualitas tinggi dengan 5 lapisan penahan dingin. Tas ini juga di design bisa digunakan dalam bentuk backpack maupun sling bag.

Harga mulai dari: Rp 225.000

Beli Produk di Tokopedia Beli Produk di Shopee

8. Korset Mama’s Choice

Image: Shopee
Pasca melahirkan perut wanita akan menjadi mengkerut atau bergelambir dan terlihat membuncit. Untuk membantu memperbaiki kondisi ini korset dianggap dapat membantu memperbaiki ligamen perut yang longgar agar terlihat langsing kembali.

Kado berupa Korset dari Mama’s Choice dapat menjadi pilihan karena diklaim terbukti efektif untuk mengurangi nyeri dan dapat mengencangkan pinggang dalam waktu 4 minggu. Dan dapat digunakan bagi wanita manapun yang melahirkan secara normal atau caesar.

Terbuat dari bahan 65% polyester dan 35% elastic fiber membuat korset ini terasa lembut, elastis, dan sejuk. Dan dapat dikencangkan sesuai keinginan karena menggunakan perekat velcro yang cukup kuat.

Postpartum Adjustable Corset Mama’s Choice ini tersedia dalam 3 ukuran yaitu L, XXL, dan 3XL dengan ukuran panjang yang berbeda-beda.

Harga mulai dari: Rp 160.000

Image: Tokopedia
Bayi yang baru lahir biasanya membutuhkan banyak persediaan pakaian. Yang disebabkan berbagai hal seperti popok yang bocor, gumoh, ataupun keringat.

Paket baju bayi newborn dengan jumlah 18 pcs sangat direkomendasikan sebagai kado. Karena tersedia dengan bermacam setelan mulai dari baju lengan panjang, baju lengan pendek dan kaos. Sehingga dapat menambah koleksi pakaian bayi untuk digunakan sehari-hari.

Bahan yang digunakan juga berupa kain katun yang lembut, dan memiliki anti alergi. Sehingga nyaman dan aman bagi kulit bayi yang sensitif.

Harga mulai dari: Rp 90.000

Image: Tokopedia
Setelah melahirkan biasanya bentuk tubuh ikut berubah, termasuk bagian payudara. Dimana payudara ikut membesar sehingga bra biasa sudah tidak cocok lagi digunakan. Belum lagi kondisi dalam menyusui bayi setiap saat, membuat bra biasa kurang nyaman digunakan.

Untuk mengatasi hal tersebut, bra menyusui Mooimom dengan model bukaan kancing depan bisa menjadi hadiah bermanfaat bagi ibu yang baru saja melahirkan karena dapat menyesuaikan bentuk payudara.

Bra ini cukup elastis dan tanpa menggunakan kawat pada cup bra, dengan bahan sebagian besar berupa katun yang lembut.

Harga mulai dari: Rp 69.300

Beli Produk di Tokopedia Beli Produk di Shopee

11. Baju Menyusui GabaG

Image: Shopee
Hampir sama dengan fungsi bra menyusui, hanya saja hadiah kado kali ini berupa baju menyusui yang bisa digunakan didalam maupun diluar ruangan. Kado ini sangat sesuai diberikan kepada ibu karir atau rekan kerja kamu dikantor.

Baju menyusui GabaG memiliki dua akses tersembunyi yang mudah dijangkau yaitu di bagian kiri dan kanan. Dimana akan memudahkan ibu jika sedang ingin mengganti posisi payudara ketika menyusui bayi sambil tetap menjaga area privasi.

Terbuat dari bahan cotton combed 30s berkualitas tinggi yang lembut dan aman bagi kulit. Tidak panas dan dapat menyerap keringat. Tampilannya pun terlihat casual cocok untuk dipakai sebagai busana kerja.

Harga mulai dari: Rp 96.850

Image: Shopee
Hal yang bakal sering ibu lakukan setelah melahirkan adalah mengurus bayi. Dan salah satunya kegiatan menggendong, entah untuk menenangkan bayi disaat menangis, berjemur atau sekedar jalan-jalan di halaman rumah.

Agar tangan ibu tidak mudah lelah dan bayi tetap merasa nyaman dan aman saat digendong, maka hadiah yang dapat kamu berikan bisa berupa gendongan bayi geos dengan bahan elastis dan tidak mudah melorot.

Gendongan geos sangat lembut, praktis, dan dapat digunakan oleh newborn hingga anak usia 3 tahun dengan berat maksimal 20 kg.

Harga mulai dari: Rp 56.000

Beli Produk di Tokopedia Beli Produk di Shopee

13. Gendongan Hipseat Mooimom

Image: Shopee
Jika ingin memberi hadiah yang berguna untuk jangka panjang, tidak ada salahnya memberikan gendongan Hipseat Casual dari Mooimom.

Gendongan ini memang dikhususkan untuk anak usia 3 bulan hingga 36 bulan. Tapi tidak ada salahnya memberikan dimasa kelahiran, sebab bayi akan terus bertumbuh.

Berat gendongan ini hanya 500 gram, cukup ringan ketika digunakan. Dan dapat mengangkat berat anak hingga 20 kg.

Gendongan ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga postur tubuh. Karena didesain ergonomis, stabil dan dapat menggendong dengan 4 posisi berbeda. Pada bagian bahu menggunakan tali yang empuk dan dapat diatur sesuai kebutuhan.

Harga mulai dari: Rp 239.400

Beli Produk di Tokopedia Beli Produk di Shopee

14. Cooler Handbag GabaG

Image: Shopee
Jika ibu yang melahirkan merupakan wanita karir. Memberikan kado berupa Cooler Handbag GabaG sangat berguna sebagai alternatif menyimpan ASIP agar tahan lama. Atau bisa juga digunakan saat bepergian bersama dengan sang bayi.

Bentuknya yang kecil dan praktis membuatnya menjadi kotak pendingin yang dapat menyimpan ASI hingga 20 jam agar tidak mudah rusak dan basi.

Cooler Handbag ini sangat aman meletakan minuman atau makanan. Ditambah anti bocor, dan dapat memuat 10 kantong ASI Perah ukuran 100 ml.

Harga mulai dari: Rp 159.200

Beli Produk di Tokopedia Beli Produk di Shopee

15. Parcel Perawatan Bayi Pigeon

Image: Tokopedia
Agar tidak bingung dalam memberi hadiah kamu bisa memberi parcel kelahiran bayi dari merk Pigeon.

Parcel Pigeon berisi paket yang sangat bermanfaat bagi ibu melahirkan. Dimana isi parcel ini terdapat produk-produk menyusui hingga toiletries mulai dari sabun, baby oil, minyak telon, dan masih banyak lagi yang disusun dengan cantik di dalam parcel menggunakan keranjang rotan yang kuat.

Harga mulai dari: Rp 258.800

Beli Produk di Tokopedia Beli Produk di Shopee

16. Bottle Warmer and Sterilizer GEA

Image: Shopee
Untuk mempermudah pekerjaan saat mengurus bayi. Rekomendasi kado melahirkan selanjutnya adalah alat pemanas dan steril botol bayi dari GEA. Sehingga akan menghemat waktu ibu mengurus perlengkapan bayi.

GEA Smart Digital Bottle Warmer and Sterilizer merupakan alat yang dapat mencairkan dan memanaskan ASI, dan dapat mensterilkan botol menggunakan uap dengan penggunaan listrik sebesar 220 - 240 V.

Design panel control digital dengan 3 mode utama ini memiliki kapasitas hingga 2 botol ASI. Ukuran compact dengan bobot 1,03 kg sehingga mudah dibawa dan dipindahkan. Ditambah bebas dari bahan BPA.

Harga mulai dari: Rp 495.000

Beli Produk di Tokopedia Beli Produk di Shopee

17. Pembersih Botol dan Pakaian Sleek Baby

Image: Shopee
Untuk mencuci baju dan botol bayi tentu tidak boleh asal, diperlukan sabun atau deterjen khusus yang aman digunakan demi menjaga kesehatan tubuh dan kulit bayi yang masih rentan dan sangat peka terhadap virus atau bakteri.

Maka dari itu kado berupa paket pembersih bayi dari Sleek Baby bisa jadi rekomendasi yang sesuai.

Dimana deterjen pakaian Sleek Baby diformulasikan khusus untuk pakaian bayi yang terbuat dari ekstrak tumbuhan tanpa kandungan Sodium Lauryl Sulfate (SLS). Sedangkan sabun pencuci botol terbuat dari 100% bahan food grade, serta bebas pewangi.

Harga mulai dari: Rp 78.900

Beli Produk di Tokopedia Beli Produk di Shopee

18. Bouncer Sugar Baby

Image: Shopee
Ada kalanya sang ibu tidak dapat menggendong secara terus-menerus atau terkadang bayi tidak mau tidur di kasurnya. Bouncer menjadi alat yang penting sebagai tempat alternatif untuk meletakan bayi.

Jika bouncer menjadi pilihan kamu sebagai kado untuk diberikan kepada ibu yang baru saja melahirkan. Sangat perlu untuk memastikan kualitasnya terlebih dahulu.

Seperti bouncer dari Sugar baby yang memiliki bantalan yang lembut serta 3 sabuk pengaman untuk menjaga bayi agar tidak jatuh. Terdapat pula musik, vibration dan aksesoris berupa mainan agar bayi tetap betah di dalam bouncer.

Posisi tidur di bouncer pun tidak perlu dikhawatirkan akan menyakiti tulang belakang bayi. Karena posisi minimal dudukan dapat diturunkan menyesuai posisi tidur bayi.

Harga mulai dari: Rp 290.400

Beli Produk di Tokopedia Beli Produk di Shopee

19. Dream Whisper Home

Image: Tokopedia
Bayi yang baru lahir sangat peka dengan suara-suara yang terkadang membuat tidurnya terganggu dan menangis. Padahal bayi sangat membutuhkan tidur di awal-awal kelahiran agar dapat berkembang dengan baik.

Agar ibu tidak khawatir dengan suara-suara berisik, salah satu rekomendasi kado unik dan bermanfaat yang berguna untuk jangka panjang bagi ibu yang baru melahirkan adalah Dream Whisper Home.

Dream Whisper Home merupakan alat yang membantu tidur bayi lebih berkualitas dengan mengeluarkan suara yang konstan untuk meredam suara noise yang mengganggu. Alat ini di design portable sehingga dapat dipindahkan dengan mudah.

Ada banyak sekali suara yang dihasilkan diantaranya 15 suara alam, 7 suara white noise dan 7 suara kipas. Dan terdapat 8 pilihan warna lampu malam.

Baterai yang digunakan juga cukup besar sekitar 1200 mAH atau dapat bertahan 8-10 jam. Selain untuk bayi alat ini juga bisa digunakan untuk orang dewasa.

Harga mulai dari: Rp 799.000

Beli Produk di Tokopedia Beli Produk di Shopee

20. Gantungan Baju Bayi Lion Star

Image: Shopee
Untuk menjemur pakaian bayi terkadang membutuhkan space yang banyak sehingga membuat jemuran biasa menjadi cepat penuh.

Untuk mempermudah dalam menjemur pakaian si kecil, maka diperlukan gantungan baju tersendiri agar tidak tercampur dengan pakaian orang dewasa.

Seperti gantungan baju Lion Star dengan ukuran 32 stick, yang memiliki bahan yang tebal dan tidak mudah patah. Sehingga lebih mudah mengeringkan dan menata pakaian bayi saat dijemur.

Harga mulai dari: Rp 56.000

Beli Produk di Tokopedia Beli Produk di Shopee

21. Popok Kain Sumo Baby

Image: Shopee
Karena bayi belum bisa mengontrol keinginannya untuk buang air kecil dan besar. Bayi yang baru lahir akan sangat sering mengganti popok.

Jika menggunakan popok sekali pakai, tentu saja akan menjadi boros dan pengeluaran dana untuk membeli popok pun jadi meningkat.

Untuk mengatasi penggunaan popok ini, Kamu bisa memberikan popok kain untuk bayi sebagai kado ibu melahirkan. Karena popok kain dapat digunakan berulang kali.

Untuk pemilihan popok kain kamu bisa memberikan merk Sumo Baby yang ramah lingkungan dan dapat disesuaikan untuk berat 3-13 kg.

Bahan yang digunakan cukup lembut (comfortable) sehingga kulit bayi pun dapat bernafas dengan baik (breathable). Hanya saja untuk insert clodi dijual terpisah.

Harga mulai dari: Rp 13.900

Beli Produk di Tokopedia Beli Produk di Shopee

22. Hampers Handuk Cowel and Co

Image: Tokopedia
Untuk yang masih bingung menentukan kado lahiran, bisa memberikan hampers handuk bayi dari Howel and Co.

Howel and Co merupakan salah satu merk handuk bayi terbaik yang dapat di personalized dengan nama yang kamu mau. Tampilan hampers juga sangat elegan dan memiliki kesan mewah.

Bahan handuk terbuat dari natural bamboo fiber dan katun dengan kelembutan yang tinggi. Memiliki daya serap tinggi dengan ketebalan gramasi 450 GSM

Terdapat pula antibacterial alami untuk mencegah bakteri berkembang biak sehingga aman digunakan untuk kulit bayi yang sensitif.

Harga mulai dari: Rp 179.900

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url