Editor secara independen meninjau semua yang direkomendasikan dan mungkin terdapat link affiliasi yang dapat memberi komisi jika terjadi pembelian. Pelajari lebih lanjut di Content Guidelines

11 Contoh Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja, ada Tulis Tangan

Banyak orang mencari contoh daftar riwayat hidup lamaran kerja tulis tangan, kreatif ataupun ATS, dengan tujuan agar lebih stand out dibanding kandidat yang lain sehingga meningkatkan peluang dilirik oleh HRD dan lolos ketahap selanjutnya.

Hal ini wajar, sebab banyak kandidat yang langsung gugur ditahap ini. Padahal proses ini adalah kontak awal dengan perusahaan yang memberikan pekerjaan yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk memberikan kesan pertama yang baik melalui isi daftar riwayat hidup yang baik dan benar saat melamar pekerjaan.
Menurut jits.job informasi yang ada didalam isi daftar riwayat hidup pelamar kerja bisa meningkatkan peluang sebesar 20% untuk mendapatkan sebuah pekerjaan.
Jadi sangat penting sebelum mengirimkan dokumen lamaran kerja, Anda telah menyiapkan daftar riwayat hidup yang stand out dan sesuai dengan kualifikasi lowongan pekerjaan.

Apa itu Daftar Riwayat Hidup?

Daftar riwayat hidup atau CV (Curriculum Vitae), adalah sebuah dokumen yang berisi ringkasan singkat tentang riwayat pendidikan, pengalaman kerja, skills, dan prestasi seseorang secara profesional. Yang biasanya berisi 1-2 halaman untuk digunakan dalam proses seleksi penerimaan kerja.

Selain mencakup informasi pribadi atau informasi profesional lainnya, daftar riwayat hidup atau CV juga dapat berisi pelatihan bersertifikat, atau pengalaman organisasi untuk meningkatkan kualitas dan kredibilitas calon pelamar, terutama bagi pelamar yang berstatus fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja.

Tujuan utama dari membuat daftar riwayat hidup adalah untuk memberikan informasi yang lengkap dan relevan kepada HRD atau perusahaan yang melakukan seleksi. Dokumen ini membantu perekrut untuk mengenal lebih baik kualifikasi dan kemampuan kandidat yang melamar pekerjaan.

Dan dalam penyusunannya sangat penting memperhatikan isi informasi dan tampilan, termasuk jika Anda membuat daftar riwayat hidup tulis tangan, MS Word, CV kreatif ataupun CV ATS.
Membuat daftar riwayat hidup yang menarik baik dari isi dan tampilan sangat penting, karena menurut Ladders, staff human resources hanya butuh waktu beberapa detik untuk menyeleksi lamaran kerja kandidat.

Website untuk Membuat Daftar Riwayat Hidup

Untuk membuat daftar riwayat hidup atau CV sebenarnya bisa dilakukan di MS Word dengan cara diketik atau ditulis tangan dikertas folio bergaris.

Namun untuk mempermudah, Anda bisa menggunakan beberapa website resume builder yang banyak menyediakan template CV:

Canva

Selain untuk desain grafis, Canva juga dapat membantu membuat CV dengan mudah dan gratis. Pilihan template pun banyak. Hanya tinggal melakukan editing sesuai keinginan dan hasilnya dapat dibuat dalam bentuk PDF.

Cakeresume

Situs resume builder satu ini dapa membuat daftar riwayat hidup atau CV dalam hitungan menit. Dan tersedia banyak template CV modern dan profesional. Pembuatan design CV cukup dengan melakukan drag and drop.

Resume.io

Situs selanjutnya yang bisa digunakan adalah Resume.io. Salah satu aplikasi CV maker ini menawarkan banyak pilihan template yang menarik. Hanya saja situs ini memasang biaya untuk membuat CV dalam bentuk PDF.

Zety.com

Sama seperti website resume builder lainnya, di Zety.com ada banyak sekali template daftar riwayat hidup dengan tampilan profesional. Selain itu juga dapat menambahkan link media sosial ke dalam CV.

Isi dari Daftar Riwayat Hidup

Biasanya ada beberapa isi daftar riwayat hidup yang wajib dituliskan sebagai informasi untuk rekruter:
Contoh Format Daftar Riwayat Hidup

Indentitas Diri

Indentitas diri merupakan hal pertama yang harus Anda cantumkan saat membuat daftar riwayat hidup. Umumnya indetitas diri meliputi seperti nama lengkap, tempat tinggal, nomor telp, email, dan media sosial yang terletak di bagian header CV ataupun dibagian lainnya.

Dan di beberapa CV biasanya ada yang menambahkan profile summary.

Data-data seperti jenis kelamin, status pernikahan, kewarganegaraan, tempat/tanggal lahir dan agama merupakan opsional bukan hal yang wajib untuk dicantumkan.

Contoh Isi Indentitas Diri

Pendidikan (Formal atau Nonformal)

Pendidikan juga harus ada di dalam isi daftar riwayat hidup, baik itu pendidikan formal maupun pendidikan non-formal seperti kursus atau bootcamp. Karena riwayat pendidikan merupakan informasi penting untuk menyesuaikan dengan syarat kualifikasi dari sebuah lowongan pekerjaan.

Untuk mencantumkan riwayat pendidikan cukup menambahkan satu pendidikan formal terakhir dan satu pendidikan nonformal jika ada. Dan disusun mulai dari tahun lulus terbaru kemudian yang lama.

Untuk format pendidikan formal:
  • Nama Sekolah/Universitas
  • Jurusan
  • Tanggal Kelulusan
  • Nilai Akhir/ IPK
Format pelatihan atau sertifikasi
  • Nama lembaga kursus atau pelatihan
  • Informasi materi atau skills yang dipelajari
  • Tanggal Kelulusan

Contoh Penulisan Pendidikan

Pengalaman Kerja

Jika pernah bekerja sebelumnya maka informasi ini harus Anda masukan ke dalam surat lamaran pekerjaan. Mulai dari nama perusahaan, jabatan, tahun periode kerja dan tanggung jawab atau pencapaian yang pernah didapat.

Jika Anda telah memiliki banyak pengalaman kerja sebelumnya, maka pilihlah pengalaman yang masih related dengan lowongan kerja yang sedang Anda lamar.

Contoh pengalaman kerja
Jika Anda fresh graduate bisa memasukan pengalaman dari program magang, volunteer, atau praktik kerja lapangan (PKL) bagi SMA/SMK. Jika Anda seorang fresh graduate yang tidak memiliki pengalaman kerja sama sekali bisa memasukan pengalaman organisasi atau kosongkan.

Untuk format pengalaman kerja sebelumnya:
  • Nama perusahaan atau organisasi
  • Jabatan atau posisi
  • Periode kerja
  • Tanggung jawab dan pencapaian

Skills

Selanjutnya yang perlu ada dalam isi daftar riwayat hidup adalah keterampilan atau skills. Sebab ini akan menunjukan kepada HRD bahwa keterampilan yang dimiliki relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Jadi sebelum mencantumkan skills, terlebih dahulu telitilah kualifikasi lowongan kerja yang ingin dilamar. Karena biasanya perusahaan sudah mencantum skills yang diminta seperti contoh dibawah ini:

Skills yang diminta didalam lowongan pekerjaan
Atau seperti persyaratan lowongan kerja digital marketing dibawah ini,

Contoh skills didalam requirement

Jadi untuk mengisi bagian skills, usahakan Anda membuat serelevan mungkin dan dengan menambahkan keterampilan berupa hard skills dan soft skills.

Contoh keterampilan dan sertifikat

Sertifikat

Jika Anda sebelumnya pernah mengikuti program magang, pelatihan bersertifikat seperti kursus online (bootcamp). Anda bisa mencantumkan sertifikat sebagai validasi atas keahlian yang dimiliki. Untuk meyakinkan perekrut bahwa Anda memang memiliki kemampuan tersebut.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja

Berikut ini beberapa versi daftar riwayat hidup dengan berbagai jenis format dan dari berbagai jenis pekerjaan, yang bisa Anda ikuti.

Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar
Daftar riwayat hidup yang baik dan benar

Daftar riwayat hidup yang baik dan benar biasanya terdiri dari beberapa point:

  • Menggunakan format CV yang baik
  • Menggunakan font yang mudah dibaca, dan mengatur layout dengan baik
  • Mencantumkan pencapaian dari pengalaman kerja sebelumnya, bukan sekedar mendeskripsikan tentang pekerjaan
  • Menambahkan skills atau keahlian yang sesuai dengan kualifikasi pekerjaan yang dilamar
  • Dibuat singkat tapi tetap relevan
  • Tidak menggunakan satu daftar riwayat hidup untuk setiap apply pekerjaan

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Walaupun umumnya CV dibuat dengan cara diketik. Namun untuk beberapa kasus, masih ada beberapa tempat kerja yang memperbolehkan pelamar menggunakan daftar riwayat hidup tulis tangan, seperti usaha kecil menengah.
Daftar riwayat hidup tulis tangan
Kelebihan:
  • Simple dan mudah dibuat
Kekurangan:
  • Kurang profesional, karena template kurang menarik
  • Karena dibuat singkat bisa saja kurangnya informasi penting
  • Rawan dari kotoran dan coretan serta typo pada tulisan

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Lulusan SMK


Source: dailysocial
Ini adalah salah satu contoh daftar riwayat hidup tulis tangan untuk lulusan SMK yang sangat kreatif. Dibuat semirip mungkin dengan template CV online tapi dibuat di kertas folio bergaris.

Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Dikertas Folio Bergaris

Berikut contoh daftar riwayat hidup tulis tangan di kertas folio bergaris. Terdapat data diri, pendidikan, pengalaman kerja, dan ditambah dengan tanda tangan pelamar dibagian pojok bawah kanan.

Source: Hajijatim.id
Untuk format penulisan daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik:

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Wijaya Kusuma

Jenis Kelamin: Laki-laki

Tempat/Tanggal Lahir: Bogor, 29 Juli 1995

Alamat: Jl. Kebangsaan No. 5, Bogor, Jawa Barat

Kewarganegaraan: Indonesia

Agama: Islam

Nomor Handphone: 0811 2222 3333

E-mail: wijayakusuma@fmail.com

Pendidikan:

  1. SDN 01 Muara Sungai (2000 - 2006)
  2. SMP Negeri 02 Bogor (2006 - 2009)
  3. SMK Negeri 3 Bogor (2010 - 2013)
Pengalaman Organisasi:

  1. Anggota OSIS SMP N 2 (2007 sampai 2009)
  2. Anggota OSIS SMK Negeri 02 Bogor (2011 sampai 2012)
Keterampilan:

  • Ms. Office
  • Desain Grafis
  • Copywriting
Demikianlah daftar riwayat hidup saya, dan saya lampirkan dokumen fotokopi lainnya sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu.

Bogor, 20 Mei 2022

Hormat Saya

Wijaya Kusuma

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Lulusan SMA


Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Lulusan SMA
Untuk format penulisan contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dikertas folio :

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama: Andre Kurnia

Jenis Kelamin: Laki-laki

Tempat/Tanggal Lahir: Jakarta, 30 November 1993

Alamat: Jl. Gajah Mada, Gang Kelinci, No. 5, Jakarta Barat

Kewarganegaraan: Indonesia

Agama: Islam

Nomor Handphone: 0856 7890 1234

E-mail: andrekurnia@fmail.com

Pendidikan:

  1. SDN 03 JakBar (2002 - 2008)
  2. SMP Negeri 07 JakBar (2008 - 2011)
  3. SMA Negeri 60 JakBar (2012 - 2015)
Pengalaman Organisasi:

  1. Anggota OSIS SMP N 03 JakBar (2008 sampai 2010)
  2. Anggota Pramuka SMA Negeri 60 Bogor (2012 sampai 2013)
Keterampilan:

  • Ms. Office
  • HTML dan CSS
  • Komunikasi
Demikianlah daftar riwayat hidup saya, dan saya lampirkan dokumen fotokopi lainnya sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu.

Jakarta, 18 Maret 2021

Hormat Saya

Andre Kurnia

Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate


Daftar riwayat hidup fresh graduate
Seperti pada contoh diatas, walaupun berstatus seorang fresh graduate tetap bisa memasukan pengalaman kerja yang didapat baik dari freelance, magang ataupun project kerjaan yang pernah dilakukan. Agar lebih baik, bisa mendeskripsikan pekerjaan sebelumnya dengan bentuk point, seperti tanggung jawab dan pencapaian.

Daftar Riwayat Hidup yang Belum Pernah Bekerja
Daftar riwayat hidup yang belum pernah bekerja

Jika Anda belum pernah bekerja, Anda tetap boleh menambahkan pengalaman organisasi sebagai pengalaman kerja Anda. Namun pastikan mendeskripsikan peranan dan tanggung jawab Anda serta pencapaian yang Anda peroleh saat bergabung dalam organisasi.

Daftar Riwayat Hidup Berpengalaman
Daftar riwayat hidup berpengalaman

Jika sebelumnya telah memiliki pengalaman kerja, susunlah dari atas kebawah. Dimulai dari pengalaman pekerjaan yang lebih baru. Dengan memberikan nama perusahaan, tahun bekerja, dan tambahkan tanggung jawab dan pencapaian di pekerjaan sebelumnya. Namun perlu di ingat bahwa pencapaian lebih baik disebutkan dalam bentuk persen agar tidak membocorkan informasi rahasia perusahaan didalam CV Anda.

Daftar Riwayat Hidup Word
Daftar riwayat hidup yang dibuat di MS. Word


Jika Anda tidak terbiasa menggunakan website CV builder, membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar bisa dilakukan di Microsoft Word atau Google Doc. Hanya saja kekurangannya adalah tidak tersedianya desain template seperti membuat CV secara online.

Daftar Riwayat Hidup Bahasa Inggris


Daftar riwayat hidup bahasa inggris

Contoh penulisan CV dalam bahasa inggris:

Name: Larissa Sasa
Address: Kebun Kosong, Jakarta Pusat
Phone Number: 0812 6543 9876
Email: larissasasa@fmail.com

Profile Summary:
An experienced copywriter with creative and strategic writing abilities, ready to deliver powerful messages through engaging content. Seeking an opportunity to contribute to a dynamic and growing marketing team in a company.

Work Experience:

Senior Copywriter, ABC Company, [2020] - [2022]

  • Wrote promotional content and marketing campaigns to enhance brand visibility.
  • Developed content strategies to increase customer engagement across various digital channels.
  • Edited and revised writing to ensure accuracy, quality, and brand alignment.
  • Collaborated with creative teams to generate new ideas and concepts.
Copywriter, XYZ Agency, [2019] - [2020]

  • Wrote print and digital advertisements for various clients across different industries.
  • Conducted market research and competitor analysis to produce effective messages.
  • Worked on projects with tight deadlines and delivered satisfactory outcomes.
Education:

  • Bachelor of Arts in English Literature, ABC University, GPA: 3.00/4.00 [2018]
  • Courses in creative and technical writing, ABS Bootcamp [2019].
  • Training in content marketing strategies and SEO writing.ABF Bootcamp [2020]
Skills:

  • Basic Digital Marketing
  • Creative and persuasive writing abilities.
  • Excellent command of the English language, with proficiency in grammar and spelling.
  • Understanding of current trends and practices in content marketing and social media.
  • Good presentation skills and ability to work in a team.
  • Proficient in using Microsoft Office, Adobe Creative Suite, and related writing tools.

Daftar Riwayat Hidup Creative


Daftar riwayat hidup creative
Bentuk daftar riwayat hidup creative lebih menonjol dibagian design, lebih banyak icon atau gambar didalamnya. CV jenis ini lebih cocok untuk melamar kedalam pekerjaan kreatif seperti, Social Media Specialist, Design Graphic, atau Content Marketing. Tapi tidak menuntup kemungkinan juga melamar di pekerjaan umum lainnya.

Daftar Riwayat Hidup ATS

Daftar Riwayat Hidup ATS
Daftar riwayat hidup seperti diatas lebih sederhana karena lebih mengoptimalkan pemilihan keyword atau kata kunci agar lebih mudah ditemukan daripada design. Tujuannya agar CV lebih mudah ditemukan oleh Applicant Tracking System (ATS).

Kesimpulan:

Itulah 11 contoh daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan yang bisa digunakan. Kepastian lolos atau tidak ketahap selanjutnya memang tidak ada jaminan dari CV yang Anda buat. Tapi dengan membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar serta relevan dengan kualifikasi lowongan pekerjaan, membuka peluang untuk dilirik oleh HRD. Karena daftar riwayat hidup adalah proses pertama memberikan kesan positif kepada perekrut. Jika Anda kesusahan membuat CV Anda bisa menggunakan aplikasi CV Maker secara gratis.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url