Editor secara independen meninjau semua yang direkomendasikan dan mungkin terdapat link affiliasi yang dapat memberi komisi jika terjadi pembelian. Pelajari lebih lanjut di Content Guidelines

Pekerjaan dan Gaji SEO Specialist Terbaru

Bagi yang sedang mencari kerja atau yang tertarik untuk bekerja sebagai pemasaran online (digital marketing). Mungkin tidak asing lagi mendengar posisi SEO Specialist di setiap situs job portal.

Karena ada banyak sekali perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja untuk merekrut kandidat untuk mengisi posisi SEO Specialist.

Hal ini bisa dilihat di beberapa job portal yang ada di internet seperti di situs Glints, LinkedIn dan Jobstreet.
Ini menandakan ada banyak sekali peluang karir untuk SEO Specialist karena perannya cukup penting dalam sebuah bisnis yaitu sebagai salah satu bentuk untuk membantu menerapkan strategi marketing perusahaan di era digital.

Tapi apakah kamu tahu apa itu SEO Specialist, tugas serta tanggung jawabnya?

Di artikel ini akan dijelaskan secara lengkap tentang SEO specialist mulai dari definisi, pekerjaan, kualifikasi serta gaji untuk seorang SEO Specialist di Indonesia.

Apa Itu SEO Specialist?

SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu teknik atau cara untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari seperti Google, Bing dan mesin pencari lainnya guna untuk meningkatkan traffic secara organik dan menaikan peringkat ke posisi tertinggi dalam pencarian.

Maka …

SEO Specialist atau sering disebut ahli SEO adalah profesi atau jabatan yang memiliki tanggung jawab untuk menjalankan strategi atau teknik SEO tersebut untuk mendukung tujuan suatu bisnis. Ahli SEO ini biasanya berkutat dengan, algoritma mesin pencari, research keywords, optimasi konten, membangun backlink yang sesuai dengan pedoman search engine, dan lain sebagainya.

Profesi SEO Specialist berguna untuk mengaudit website dan menerapkan strategi SEO untuk mengoptimalkannya sesuai dengan algoritma mesin pencari yang selalu berubah. Karena dengan menganalisa kinerja situs akan dapat menentukan cara terbaik untuk meningkatkan visibilitas website di search engine

Pekerjaan Seorang SEO Specialist

  1. Melakukan Keyword Research
  2. Membuat Content Strategy
  3. Menjalankan Paid Ads
  4. Melakukan Optimasi Website
  5. Berkolaborasi dengan Timn
  6. Memahami Algoritma
  7. Membuat Laporan

1. Melakukan Keyword Research

Karena SEO Specialist bertujuan untuk meningkatkan hasil SERP, maka research keyword adalah tugas sehari-hari yang harus dilakukan untuk membuat strategi konten yang baik dengan memahami maksud pencarian (keyword intent), volume, dan keyword difficulty dari setiap penggunaan kata kunci. Karena dari situlah, mereka memiliki dasar untuk membuat strategi konten, atau cara untuk meningkatkan rangking sebuah halaman.

2. Membuat Content Strategy

Membuat content strategy adalah tugas seorang SEO Specialist. Mulai dari membuat konten yang sesuai dengan minat audiens, mendistribusikan konten, mempromosikan untuk mendapatkan trafik dan backlink, serta mengevaluasi hasil yang didapatkan.

3. Menjalankan Paid Ads

Walaupun bekerja untuk pencarian organik tapi tidak menutup kemungkinan seorang SEO Specialist bertanggung juga untuk campaign berbayar (paid ads) untuk meningkatkan brand awareness, trafik, atau mendapatkan leads dari pelanggan potensial yang mencari solusi yang ditawarkan oleh perusahaan tempat bekerja. 

Seorang SEO Specialist harus mengelola dana campaign, memutuskan halaman (landing page) mana yang akan diiklankan, dan kata kunci mana yang harus ditargetkan. Mereka juga harus bisa melacak kata kunci apa yang menghasilkan conversion, sehingga dapat memasukkan informasi ini ke dalam strategi SEO.

4. Melakukan Optimasi Website

Salah satu tugas lainnya dari SEO Specialist adalah mengoptimalkan situs website. Dengan cara memonitor kinerja situs, melakukan audit website, membandingkan situs dengan competitor, dan langsung melaporkannya kepada atasan ataupun client. Dalam prosesnya, mereka membuat rekomendasi berdasarkan temuan, tujuan bisnis, anggaran, dan masukan serta kebutuhan pengguna.

5. Berkolaborasi dengan Tim

Dalam kesehariannya SEO Specialist akan bekerja sama dengan sebuah tim marketing untuk mendapatkan hasil yang baik sesuai dengan tujuan bisnis atau perusahaan. Untuk itu SEO Specialist akan bekerja sama dengan tim digital marketing seperti Social Media Specialist, CRM, Copywriting, Web developer, Desain Graphic, dan bahkan tim sales, karena mereka juga dipengaruhi oleh perubahan pada situs bisnis.

6. Memahami Algoritma

Karena algoritma selalu berubah-ubah, SEO Specialist bertugas untuk selalu up-to-date dan mempelajari apa yang berubah dari algoritma dan menerapkannya dalam strategi SEO yang telah mereka buat. Dan bagaimana mereka dapat menggunakan perubahan algoritma ini untuk menjaga agar situs mereka tetap kompetitif di pencarian kata kunci.

7. Membuat Laporan

SEO Specialist tidak bisa hanya membuat konten atau menerapkan perubahan tanpa mencatat hasilnya. Makanya tugasnya adalah membuat laporan tentang performa website dengan menggunakan beberapa tools seperti Google Analytics, Google Search Console, Ahrefs, Semrush, Lookers (Google Data Studio), dan lain sebagainya. Tujuannya untuk memberi tahu halaman atau kata kunci mana yang berkinerja baik, issue atau error yang harus diperbaiki, dan metrik lain yang mungkin ingin dilihat oleh bisnis, atau menurut SEO Specialist berguna.

Skill yang Dibutuhkan Menjadi SEO Specialist

Untuk berprofesi menjadi SEO Specialist harus memiliki beberapa skill berikut ini:

  1. On-Page SEO
  2. Off-Page SEO
  3. Technical SEO
  4. Link Building
  5. Keyword Research
  6. Analisis
  7. Koding
  8. Komunikasi
  9. Project Management

1. On-Page SEO

Seorang yang ahli tentang SEO harus memiliki pengetahuan tentang On-page SEO. Tujuannya untuk mengoptimalkan situs maupun konten untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi, dan meningkatkan lalu lintas organik dari search engine seperti Google, Bing atau Yandex. Pada praktiknya on-page SEO mengoptimalkan seperti, optimasi judul, URL, meta description, optimasi image, heading, internal linking dan sebagainya.

2. Off-Page SEO

Skill yang harus dimiliki selanjutnya adalah off-page SEO yang akan berurusan dengan semua yang dilakukan di luar situs untuk meningkatkan peringkat SERP. Ini bisa berarti melakukan link building, sosial media, dan segala upaya di luar situs untuk membangun otoritas dan kredibilitas sebuah website atau halaman di search engine.

3. Technikal SEO

Skill ini penting untuk seorang SEO Specialist. Karena harus tahu apa yang harus dilakukan untuk membuat situs lebih mudah dirayapi dan diindeks oleh mesin pencari dan juga dapat memberikan user experience (UX) yang baik. Pekerjaanya seperti mengoptimalkan kecepatan situs, optimasi mobile friendly, cek duplikat konten, broken link, dan sebagainya.

4. Link Building

Memahami cara melakukan link building juga sangat penting bagi yang ingin bekerja sebagai SEO Specialist. Karena tujuan link building untuk meningkatkan jumlah backlink ke website dari situs lain sehingga akan meningkatkan DA (Domain Authority) dan mengirimkan sinyal ke mesin pencari bahwa situs Anda berkualitas, sehingga akan mempengaruhi ranking yang lebih baik.

5. Research Keyword

Penting sekali sebagai orang yang memahami SEO harus tahu secara baik cara melakukan research keyword. Karena penggunaan kata kunci terlibat dalam banyak faktor, termasuk penggunaannya dalam postingan, judul, deskripsi, tag H1 ke H3, dan sebagainya. SEO Specialist harus bisa menemukan kata kunci yang memiliki volume tinggi, tetapi persaingan rendah namun masih berhubungan dengan segmen bisnis.

6. Analisis

Kemampuan menganalisis juga penting untuk seorang pakar SEO. Bukan hanya karena trend SEO dan Algoritma yang selalu berubah-ubah, tetapi data-data dari performa website juga ada banyak. Sehingga harus mampu membuat keputusan atau membuat strategi untuk pertumbuhan situs perusahaan berdasarkan dari analisis data-data tersebut.

7. Koding

Meskipun pekerjaan SEO Specialist tidak selalu berkaitan dengan koding seperti HTML, CSS, Php dan JS. Tetapi memiliki pengetahuan tentang koding dapat membantu dalam pekerjaan tim web developer untuk melakukan perubahan apa pun yang ingin diminta. Itulah mengapa terkadang koding dicantumkan sebagai kualifikasi untuk menjadi SEO Specialist didalam sebuah perusahaan.

8. Komunikasi

Biasanya SEO Specialist tidak bekerja sendiri, tetapi juga bekerja sama dengan tim web developer, sosial media, content writer maka diharuskan memiliki skill komunikasi yang baik saat bekerja sama.

9. Project Management

Karena banyak bekerja sama dengan tim lain, maka akan banyak juga pekerjaan yang harus dilakukan. Itulah kenapa SEO Specialist harus memiliki skill project management yang baik, karena harus berkoordinasi dan memastikan setiap pekerjaan yang terkait dengan SEO diselesaikan tepat waktu.

Tools yang Digunakan SEO Specialist

Salah satu keterampilan yang diharapkan dimiliki oleh seorang spesialis SEO adalah memiliki pemahaman tentang beberapa alat SEO untuk membantu menjalankan pekerjaan. Alat-alat ini dapat membantu dalam riset kata kunci, cek kompetitor, audit website, dan banyak lagi.

  • Google Keyword Planner
  • Ahrefs
  • Semrush
  • Screaming Frog
  • Google Analytics
  • Google Search Console
  • MozBar
  • SEO Minion Extension

Jenjang Karier SEO Specialist

1. Junior SEO Specialist

Ini adalah posisi awal yang memberikan kesempatan bagi individu yang ingin membangun karir di bidang SEO dan menjadi ahli dalam optimasi mesin pencari. Tentu saja sebagai junior dalam SEO dengan tingkat pengalaman dan tanggung jawab yang lebih rendah. Biasanya memiliki tugas untuk meningkatkan traffic dengan cara melakukan penelitian kata kunci, membuat dan mengelola link building, serta melacak dan melaporkan kinerja kampanye SEO.

Junior SEO Specialist juga biasanya bekerja di bawah bimbingan dari seorang SEO Specialist atau manajer yang lebih berpengalaman. 

2. SEO Executive

Posisi selanjutnya adalah SEO Executive dengan tanggung jawab yang mulai lebih tinggi, seperti mengoptimalkan on-page SEO, off-page SEO, analisis kompetitor, membuat strategi link building, serta menganalisa dan mengidentifikasi trend untuk mengukur dan melaporkan keberhasilan strategi SEO yang dijalankan.

3. SEO Manager

Posisi ini biasanya dipegang oleh orang yang sudah memiliki pengalaman yang banyak dalam hal SEO, umumnya 3-5 tahun. Karena tanggung jawab yang dimiliki SEO Manager sudah lebih besar dan juga bekerja secara kolaboratif dengan tim digital marketing dan web developer untuk memastikan implementasi strategi SEO yang efektif dan berhasil.

4. Head of Digital

Ini adalah posisi yang paling tinggi. Dimana Head of Digital adalah posisi kepemimpinan di perusahaan yang bertanggung jawab atas pengembangan, pelaksanaan, dan pengawasan strategi pemasaran digital dan inisiatif digital secara keseluruhan baik itu channel digital seperti SEO, SEM, media sosial, email marketing, dan lainnya.

Gaji SEO Specialist di Indonesia

Di Indonesia, gaji seorang SEO specialist dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti jenis perusahaan, ukuran perusahaan, lokasi, pengalaman, dan lain-lain. Berikut adalah perkiraan gaji untuk seorang SEO specialist di Indonesia yang telah dirangkum dari berbagai sumber:
  1. Junior SEO Specialist: Rp 5.000.000 - Rp 10.000.000
  2. SEO Executive: Rp 10.000.000 - Rp 20.000.000
  3. SEO Manager: Rp 10.000.000 - Rp 30.000.000
  4. Head of Digital: Rp 15.000.000 - Rp 50.000.000

Bagaimana Menjadi SEO Specialist?

Jika Anda ingin memiliki skill SEO dan ingin menjadi SEO Specialist yang diakui biasanya ada beberapa langkah awal yang bisa dilakukan untuk belajar SEO:

1. Belajar Secara Otodidak

Untuk sekedar belajar dasar-dasar SEO sebenarnya bisa dilakukan secara otodidak. Ada banyak sekali sumber di internet yang menjelaskan tentang SEO secara lengkap, seperti Backlinko, Neilpatel, Udemy, dan lainya. Hanya saja kekurangannya Anda perlu waktu yang tidak sebentar untuk memahami SEO  dan mengumpulkan portofolio karena tidak adanya tutor yang mengajari langsung serta adanya keterbatasan tools, terutama yang berbayar.

2. Bootcamp

Belajar SEO melalui bootcamp adalah langkah awal yang baik untuk membangun latar belakang SEO. Kursus-kursus ini mengajarkan dasar-dasar dan memungkinkan Anda membangun portofolio yang hebat dan mendapatkan kredibilitas. dan biasanya, beberapa kursus memberi Anda sertifikat untuk menunjukkan tingkat pengetahuan Anda. 

4. Magang

Magang adalah kesempatan belajar dan proses pelatihan. Dalam magang, Anda belajar SEO dengan melakukan tugas-tugas yang dilakukan para profesional setiap hari. Anda juga tidak melakukannya secara membabi buta, karena ada mentor yang akan membantu dan akan memberikan feedback untuk semua tugas yang telah dikerjakan. Dan biasanya pada akhir magang, Anda akan memiliki sertifikat dan surat rekomendasi dari mentor Anda untuk membantu Anda memulai karir sebagai SEO Specialist.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url