Editor secara independen meninjau semua yang direkomendasikan dan mungkin terdapat link affiliasi yang dapat memberi komisi jika terjadi pembelian. Pelajari lebih lanjut di Content Guidelines

25 Model Sepatu Formal Pria Terbaik dan Kekinian 2024

Sepatu formal pria merupakan sepatu yang biasa digunakan untuk acara resmi maupun semi-formal. Dan biasanya dipadukan dengan tampilan busana seperti kemeja, jas, blazer, serta menggunakan celana bahan atau chinos.

Bagi pria menggunakan sepatu formal terbaik dapat mendukung tampilan menjadi terlihat lebih profesional, karismatik serta memukau dalam setiap kegiatan. Baik itu yang berbahan sepatu kulit asli ataupun berbahan suede.

Walau sebagian pria mungkin ada yang jarang menggunakan sepatu formal untuk sehari-hari. Tetap saja sepatu kategori dress shoes ini menjadi salah satu sepatu yang wajib dikoleksi.

Hanya saja untuk mendapatkan sepatu formal terbaik terkadang tidak mudah, karena banyak sekali jenis sepatu formal yang tersedia di pasaran dengan bahan dan kualitas yang berbeda-beda. Oleh karena itu kami telah merangkum beberapa sepatu formal pria terbaik agar memudahkan dalam memilih.

Tips Memilih Sepatu Formal Pria

1. Sesuaikan Model Sepatu dengan Kebutuhan

Hal pertama yang harus dilakukan saat memilih sepatu formal adalah dengan mempertimbangkan kebutuhan kamu. Apakah sepatu tersebut akan digunakan untuk acara formal, bekerja, pertemuan bisnis, atau acara khusus lainnya? Pemilihan model sepatu bisa berbeda tergantung pada situasinya. Misalnya, model sepatu oxford sering dianggap yang paling formal.

2. Perhatikan Material Sepatu

Cari sepatu formal yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi seperti kulit asli. Kulit memiliki tampilan yang mewah dan tahan lama. Pastikan juga bahwa bahan dalam sepatu (lining) nyaman di kaki.

3. Perhatikan Detail Sepatu

Perhatikan detail-detail seperti jahitan, aksen dan sol. Jahitan yang rapi dan aksen yang minimalis cenderung memberikan tampilan yang lebih elegan. Dan sepatu formal dengan sol yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi akan lebih tahan lama dan membuat kaki lebih nyaman.

4. Pilih Warna Netral

Untuk sepatu formal pria, warna klasik seperti hitam, cokelat tua, atau nuansa gelap lainnya adalah pilihan yang aman. Warna-warna ini mudah dipadukan dengan berbagai pakaian formal atau kasual.

5. Cek Ukuran yang Disediakan

Sebelum membeli, pastikan sepatu tersebut memiliki ukuran yang pas dengan kaki kamu. Karena terkadang setiap merk sepatu memiliki size kaki yang berbeda-beda.

25 Model Sepatu Formal Pria Terbaik

Sepatu Oxford

Sepatu oxford atau disebut juga balmorals bisa dikatakan sebagai model sepatu formal yang sangat populer digunakan oleh kalangan pria saat tampil dalam busana jas dan kemeja. Ciri utama sepatu ini dapat dilihat di bagian tali sepatu yang tertutup (closed lacing) sempurna sehingga membuat kaki terlihat lebih ramping.

Sepatu Oxford Venesia

Sumber: Tokopedia
Jika kamu ingin menggunakan sepatu formal closed lacing berbahan kulit asli dengan kualitas terbaik buatan Indonesia, kamu bisa mencoba sepatu oxford Venesia by Mario Minardi.

Sepatu kulit handmade ini memiliki desain klasik nan elegan sehingga memberikan kesan mewah. Pada bagian bawah sepatu menggunakan rubber sole yang membuatnya tidak licin saat berjalan sehingga sangat nyaman ketika dipakai untuk bisnis, bekerja ke kantor, maupun menghadiri acara-acara khusus.

Oxford Wholecut Evan Classic

Sumber: Shopee
Sepatu formal pria oxford Evan Classic, dimana bahan material berupa kulit asli yang membuat permukaan sepatu terlihat sangat halus, ramping, dan memiliki siluet yang bersih. 

Bagian insole dan outsole menggunakan bahan kulit Javanese dan Brazilian vegetable yang membuatnya sepatu sangat empuk sehingga menambah kenyamanan extra pada kaki.

Model oxford wholecut sendiri berbeda dengan model lainnya dimana dibuat hanya menggunakan satu potongan kulit utuh berukuran besar sehingga terkesan simple dan minimalis namun tetap mampu menunjukan sisi elegan.

Sepatu Oxford Alfred Brown

Sumber: Shopee
Jika kamu sedang mencari sepatu menggunakan bahan kulit yang bisa dipakai untuk kegiatan formal dan semi formal. Kamu bisa mengandalkan sepatu kulit oxford Alfred Brown dari Koku Footwear.

Sepatu yang memiliki ornamen lubang kecil yang disebut "broguing" ini memberikan kesan santai sehingga bisa digunakan dengan setelan kemeja dan celana chinos. Semua bagian sepatu juga terbuat dari kulit sapi lokal dengan kualitas baik. Untuk membuat sepatu tidak licin digunakan leather outsole sebagai extra grip agar aman dalam setiap langkah.

Sepatu Oxford Aditya Black

Sumber: Tokopedia
Jika ingin mencari sepatu formal pria berwarna hitam dengan harga dibawah 1 juta, dengan kualitas baik sepatu oxford Aditya dari Prabu Indonesia solusinya.

Sepatu ini sangat nyaman dipakai seharian untuk kerja ataupun menghadiri acara resmi, karena di design minimal toe drop. Bagian upper berupa semi aniline real cowhide leather yang mana karakteristik dari kulit sapi tetap terlihat.

Sepatu Oxford Captoe

Sumber: Tokopedia
Rekomendasi sepatu formal pria dari Portee Goods ini layak dikatakan sebagai sepatu formal kekinian. Dimana sepatu oxford Captoe ini didesain dalam dua warna di bagian upper dan outsole yang memberi kesan elegan dan modern.

Tak hanya itu untuk bahan material pun menggunakan kualitas kulit sapi terbaik. Dan di bagian insole terdapat cork dan memory foam yang membuat bantalan sepatu terasa lembut dan nyaman.

Sepatu Derby

Model sepatu derby bisa dibilang dari segi kepopuleran dan model hampir mirip dengan sepatu oxford. Yang membedakan sepatu formal Derby vs Oxford hanya terletak pada bagian tali sepatu yang sedikit terbuka (open lacing) sehingga terasa lebih nyaman karena kaki masih memiliki ruang gerak. Dan juga terlihat lebih santai sehingga dapat dipadukan dengan celana chinos.

Sepatu Derby Wingtip Oxblood

Sumber: Shopee
Agar dapat menunjang penampilan semakin maksimal di setiap kesempatan baik formal maupun casual, sepatu formal derby wingtip oxblood wajib kamu koleksi.

Warna yang klasik ditambah aksen perforasi (broguing) menambah kesan mewah dan elegan. Untuk bahan yang digunakan juga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Ditambah dengan metode konstruksi blake stitch sebuah teknik perpaduan mesin bertekanan tinggi dan jahitan ke midsole membuat sepatu menempel dengan kuat dan sempurna. Cocok digunakan untuk berbagai acara seperti meeting, pesta pernikahan, wisuda, dan lainnya.

Sepatu Derby Pangestu Black

Sumber: Shopee
Prabu Indonesia yang merupakan salah satu merk sepatu asal Bandung ini telah mengeluarkan sepatu derby untuk pria terbaru dengan harga terjangkau yang mampu memberikan kesan formal dan keren saat digunakan pada acara resmi.

Dilengkapi extra padding di collar menambah kenyamanan kaki saat digunakan. Tidak lupa pula di bagian outsole menggunakan TPR (Thermoplastic Rubber) sebagai anti slip agar sepatu tidak licin.

Sepatu Derby Nino Brown

Sumber: Tokopedia
Satu lagi sepatu formal pria berkelas yang memiliki kualitas tinggi yang sangat direkomendasikan dari brand lokal Mario Minardi. Sebuah masterpiece yang akan membuat pria terlihat elegan dan berkharisma.

Sepatu derby klasik dengan warna Nino Brown ini diklaim dibuat dengan bahan kulit premium terbaik dikelasnya. Dan dikerjakan oleh pengrajin sepatu dengan keterampilan tinggi, sehingga memiliki ketahanan yang kuat.

Sepatu Derby Nino Tan

Sumber: Tokopedia
Lebih dari 30 tahun Mario Minardi telah membuat sepatu dengan bahan kulit berkualitas, salah satunya sepatu derby Nino Tan plain toe yang cocok bagi kamu yang suka tampilan smart-casual namun dengan sentuhan alas kaki klasik.

Sepatu ini berbahan leather di bagian upper dan lining, dan untuk bagian outsole diklaim sebagai sepatu kulit yang nyaman dan memiliki fleksibilitas tinggi berkat kombinasi flexible rubber sole.

Sepatu Derby Microfiber

Sumber: Shopee
Sepatu derby dari Portee Goods dengan material microfiber leather ini diklaim memiliki kelebihan tahan air, kokoh dan tahan lama. Serta bahan yang digunakan ramah lingkungan dan dapat di daur ulang.

Karena desainnya yang kekinian sepatu pria ini bisa dipakai untuk kerja bahkan untuk hangout dengan busana kasual. Selain itu sepatu ini hanya dibandrol dengan harga ratusan ribu rupiah.

Sepatu Monk Straps

Dilihat dari modelnya sepatu formal model monk straps tidak jauh beda dari oxford maupun derby. Hanya saja jika umumnya sepatu formal menggunakan tali. Monks straps menggunakan 1 hingga 2 gesper untuk mengikat atau mengencangkan sepatu.

Marelli LV 050

Sumber: Shopee
Sepatu formal kulit monk strap yang hanya menggunakan 1 gesper ini dirancang dengan tampilan yang sangat menarik.

Terlihat pada bagian vamp menggunakan kulit sapi yang memperlihatkan detail texture, sedangkan di bagian lainnya kulit yang digunakan lebih halus. Sehingga terlihat seperti 2 layer menambah kesan mewah saat digunakan dalam berbagai acara.

Windu Brown

Sumber: Shopee
Sepatu formal monk strap dari Prabu Indonesia ini modelnya yang menggunakan double strap dengan warna coklat memberi kesan vintage dan stylish. Cocok sekali untuk bekerja ataupun menghadiri acara formal lainnya. 

Selain itu harganya juga cukup ramah dikantong. Tapi tetap dengan kualitas yang membuat sepatu tahan lama serta tidak terasa panas saat kaki berada didalam sepatu seharian berkat teknologi breathable mesh.

Monk Strap Argo

Sumber: Tokopedia
Kesan elegan langsung terlihat saat mengenakan sepatu ini apalagi dipadukan dengan setelan jas hitam akan mampu menunjukan sisi gentle pada pria.

Karena model sepatu monk strap dari Koku Footwear memang dirancang untuk kegiatan formal. Dari segi material yang digunakan pun menggunakan bahan kulit terbaik.

Monk Buckle Strap

Sumber: Tokopedia
Bagi kamu yang suka menggunakan ankle pants, atau busana smart casual. Sepatu monk dengan buckle strap buatan Houseofcuff menjadi salah satu rekomendasi sepatu formal pria yang harus dimiliki karena bisa digunakan baik dengan kaos kaki atau tidak, sehingga tetap stylish.

Sepatu ini berbahan faux leather yang diklaim memiliki daya tahan yang kuat, dan tidak menimbulkan panas di kaki karena menggunakan soft garment di bagian lining.

Diego Brown

Sumber: Tokopedia


Warna klasik, bahan kulit terbaik, versatile dan mudah digunakan itulah definisi untuk sepatu monk strap Diego dari Mario Minardi.

Sepatu ini memang diciptakan untuk memberikan kesan mewah sehingga meningkatkan kepercayaan diri. Cocok untuk pria yang sering bertemu dengan rekan bisnis, client, dan yang ingin tampil berwibawa.

Loafers (Sepatu Pantofel)

Sepatu loafers sering disebut dengan sepatu pantofel dan masuk kedalam kategori slip-on sehingga sangat mudah ketika dipasang dan dilepas. Sangat cocok digunakan untuk acara formal, semi-formal dan kasual. Dari desainnya sendiri sangat beragam ada yang menggunakan tali, aksesoris dan menggunakan hak dibagian bawah sepatu dan ada pula yang datar.

Playboy Suarra

Sumber: Tokopedia
Sepatu loafers Playboy Suarra ini tampil dengan desain klasik timeless yang elegan dan dapat digunakan untuk busana apa saja. Karena brand asal Amerika Serikat ini memang sangat mendukung tampilan prestisius dan eksklusivitas.

Pada bagian upper dan insole nya sepatu pantofel pria ini menggunakan kulit sapi asli, dan outsole menggunakan rubber agar kokoh dan tidak licin ketika melangkah dijalan yang basah.

Marelli Black LV002

Sumber: Shopee
Sepatu pantofel yang mengusung konsep minimalism dan simplicity ini dibuat menggunakan bahan kulit sapi asli baik pada bagian upper dan lining. Dengan konsep klasik dan modelnya yang slip-on membuat tampilan lebih elegan dan berkarisma.

Pada bagian outsole menggunakan rubber namun dengan ketinggian heel hanya sekitar 2 cm. Jadi lebih aman ketika berjalan seharian.

Cavallero Remigio Hitam

Sumber: Tokopedia
Salah satu rekomendasi sepatu pantofel pria yang cocok untuk acara formal atau acara penting lainnya dengan fitur pillow foam yang dapat menyesuaikan dengan bentuk telapak kaki saat digunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

Terbuat dari kulit sintetis yang lembut dan ringan sehingga mampu memberikan kenyamanan ekstra pada kaki.

Cala 2.0 Dark Brown

Sumber: Shopee
Prabu Indonesia selalu berinovasi untuk memberikan sepatu berbahan kulit berkualitas terbaik, dimana kini Cala 2.0 menjadi best seller sepatu loafers pria.

Cala 2.0 telah dilengkapi dengan blake stitch outsole yang dapat menjamin durabilitas sepatu. Tidak hanya itu, detail tassel yang elegan membuat tampilan menjadi elegan dan stylish.

Bahan material di bagian upper menggunakan kulit sapi asli, sedangkan insole dan lining menggunakan breathable mesh yang membuat kaki didalam sepatu tidak panas.

Alano Dark Brown

Sumber: Tokopedia


Merk sepatu formal pria asal Indonesia yang sudah terbukti kualitasnya ini menjadi salah satu rekomendasi sepatu pantofel pria terbaik selanjutnya.

Sepatu luxury dengan desain penny loafers ini, pada bagian upper dan insole terbuat dari full grain leather sehingga tetap nyaman digunakan walau tanpa tanpa kaus kaki. Pada bagian outsole menggunakan bahan TPR menambah fleksibilitas dan kenyamanan tambahan pada kaki agar tetap prima.

Boots

Jika dibandingkan dengan sepatu formal lainnya. Sepatu boots memiliki ankle yang sangat tinggi. Sehingga lebih cocok untuk kegiatan semi-formal dan kasual karena dapat memberikan kesan stylish, elegan dan kharismatik.

Asthabrata 2.0

Sumber: Tokopedia
Asthabrata 2.0 merupakan sepatu kulit pria terbaru versi boots yang telah di upgrade dan menjadi best seller collection Prabu Indonesia.

Karena modelnya berupa Chelsea boots, sepatu ini berkategori slip-on dengan karet di bagian sampingnya. Di bagian outsole telah dijahit menggunakan metode blake stitch yang diklaim dapat membuat sepatu menjadi tahan lama.

Chukka Boots Jonas Aztec

Sumber: Shopee
Sepatu chukka atau mid-cut boots ini tidak hanya cocok untuk acara formal tapi juga untuk kegiatan sehari-hari seperti bekerja ataupun bertemu klien.

Berbahan kulit grade A dengan perpaduan metode konstruksi san crispino, sepatu ini mendapat jaminan tahan banting untuk segala medan.

Asthabrata 2.0 Suede

Sumber: Shopee
Jika sebelumnya boots versi kulit, Prabu juga menyediakan Chelsea boots versi suede yang dapat digunakan untuk berbagai acara. Pilihan yang tepat bagi kamu yang suka berpenampilan semi formal.

Sepatu ini sangat ringan, ditambah jahitan dan lem yang rapi. Bagian outsole menggunakan TPR yang membuat empuk dibantalan kaki. Menandakan bahwa Prabu Indonesia sangat memperhatikan kualitas.

Ryoji Boots Black

Sumber: Tokopedia


Brand
sepatu lokal Andre Valentino yang sudah menjangkau pasar Singapura dan Malaysia ini memang memiliki kualitas sepatu kulit pria yang baik.

Sepatu chukka boots Ryoji salah satunya yang sangat cocok sekali dipadukan dengan busana semi formal maupun dengan busana casual seperti celana jeans.

Walau dibuat dengan kulit sapi asli dan menggunakan tali waxed premium, harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Bahkan sepatu ini di klaim tidak menyebabkan bau karena insole menggunakan Analin.

Dr. Martens 1460

Sumber: Tokopedia
Jika kamu pria atau anak muda yang suka dengan tampilan maskulin dan berwibawa, sepatu pria dari Dr. Martens 1460 wajib masuk dalam koleksi sepatu terbaik.

Dr. Martens memang dikenal sebagai pembuat sepatu berkualitas dimana sepatu ini akan langsung dikenali dengan ciri 8 pasang metal eyelets dan jahitan warna kuningnya. Cocok digunakan untuk acara semi-formal dan casual.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url