Editor secara independen meninjau semua yang direkomendasikan dan mungkin terdapat link affiliasi yang dapat memberi komisi jika terjadi pembelian. Pelajari lebih lanjut di Content Guidelines

15 Rekomendasi Sepatu Running Pria Terbaik 2024, Ada Merk Lokal

Jika kamu termasuk pria yang suka olahraga lari baik outdoor maupun indoor. Beberapa rekomendasi sepatu running pria terbaik ini dapat membuat aktivitas lari kamu menjadi lebih nyaman dan aman.
Artikel ini diperbarui: 26/12/2023 - Kami telah merangkum sepatu running mulai dari Adidas, Puma, Asics, Saucony, 910 nineten, dan beberapa sepatu lari lainnya.
Olahraga lari seperti jogging ataupun marathon bisa dikatakan salah satu kegiatan yang paling mudah dilakukan oleh siapa saja untuk mendapatkan hidup yang sehat. Walau begitu, kegiatan lari ini perlu di imbangi dengan perlengkapan yang tepat, salah satunya menggunakan sepatu running yang sesuai dengan style lari atau sesuai kebutuhan latihan.

Sebab menurut feetfirstclinic.com saat berlari kaki akan menahan daya 5 kali lipat dari berat badan. Guncangan akibat benturan ini bisa saja lama kelamaan membuat persendian mengalami nyeri bahkan cedera.

Karena kaki sebagai fondasi tubuh sekaligus menjadi tumpuan saat berlari sangat penting untuk memastikan kaki tetap nyaman dan terlindungi. Dan tidak ada perlindungan yang lebih baik selain sepatu yang didesain khusus untuk berlari. Selain dapat memberikan kesehatan kaki, sepatu lari juga dapat memberikan stabilitas yang baik ketika digunakan.

15 Rekomendasi Sepatu Running Pria Terbaik 2024

1. Adidas Adizero Adios Pro 2

Image: Hypebeast.com
Bagi yang suka melakukan sprint ataupun lari jarak jauh, sepatu running Adidas Adizero Pro 2 merupakan pilihan terbaik untuk sepatu berlapis karbon dan sering direkomendasikan oleh banyak pelari.

Apalagi sepatu ini di seri awal telah berhasil memecahkan rekor dunia di Valencia dan Prague, jadi memang sudah terbukti kehebatannya.

Untuk beratnya sendiri, Adidas Adizero Pro 2 hanya sekitar 215 gram, jadi sangat ringan ketika dipakai saat berlari. Hal ini wajar karena sepatu ini memang dirancang oleh Adidas untuk tipe kecepatan atau racing sehingga sebisa mungkin mengurangi energy loss yang disebabkan oleh beratnya sebuah sepatu lari dengan cara menggunakan upper Celermesh 2.0.

Dan di bagian midsole menggunakan 2 layer yaitu Lightstrike Pro Foam dan Energy Rod, sebuah teknologi karbon yang disematkan di dalam sepatu sehingga membuat transisi pergerakan kaki lebih responsif dan returns energy yang lebih optimal untuk lari jarak jauh.

Kelebihan:
  • Ringan, karena dibuat untuk yang suka kecepatan
  • Menggunakan teknologi karbon
  • Cengkraman yang kuat tapi tetap nyaman dan aman di kaki
Kekurangan:
  • Cukup mahal
  • Kurang cocok untuk stability dengan kecepatan lambat karena midsole terlalu flexible dan bouncy

2. PUMA Velocity Nitro 2

Image: PUMA Official
Bagi yang sedang mencari sepatu lari yang serba bisa baik digunakan di jalanan ataupun di treadmill namun dengan harga terjangkau, bisa mencoba menggunakan salah satu dari brand sepatu terkenal berikut ini yaitu PUMA Velocity Nitro 2. Sebuah sepatu yang diklaim sebagai salah satu sepatu All-in-One terbaik tahun ini.

Walaupun bukan termasuk dalam kategori sepatu speed running, yang dapat membuat cepat pemakainya. Tetap saja PUMA Velocity Nitro 2 bisa diandalkan dan cukup nyaman saat digunakan sebagai sepatu daily training, termasuk untuk beginner yang baru mau memulai lari.

Hal ini dikarenakan oleh pembaharuan di beberapa bagian, seperti midsole yang dulu menggunakan busa EVA kini telah dikurangi dan diganti dengan menggunakan busa injeksi nitrogen yang dirancang dalam bentuk bantalan superior yang ringan yang tingginya hanya 33 mm, membuat bagian tumit sepatu terasa lembut. Ditambah juga dengan fitur PUMAGRIP untuk membuat cengkraman yang luar biasa dan tahan lama.

Kelebihan:
  • Sangat pas dan nyaman saat digunakan ketika berlari
  • Ringan dengan berat hanya 250 gram
  • Bagian sol yang terbuat dari karet membuat cengkraman lebih kuat baik di aspal maupun treadmill
Kekurangan:
  • Tidak cocok untuk sprinter
  • Karena busa yang lembut untuk returns energy kurang optimal

3. Asics Novablast 3

Image: Asics Official
Rekomendasi sepatu running pria selanjutnya adalah Asics Men Novablast 3. Sepatu yang nyaman digunakan untuk easy run, tempo, bahkan untuk olahraga marathon.

Berbeda dengan versi sebelumnya, yaitu Novablast 1 dan 2, di Novablast 3 ini ada pembaruan signifikan di bagian midsole yang menggunakan Flytefoam Blast+ yang lebih lembut, bouncy dan ringan. Dan dibuat lebih lebar sehingga meningkatkan stabilitas sepatu. Bantalan tumit juga lebih lembut.

Untuk berat juga cukup ringan di angka 252 gram, jauh jika dibanding pendahulunya sekitar 280 gram.

Yang lebih mengagumkan lagi adalah ketahanan sepatu ini yang tidak langsung mengalami aus di bagian outsole walau sudah berlari hingga 500 kilometer dengan trek jalanan beraspal, tanah, jalan dengan batu kerikil berkat teknologi AHAR+. Wajar jika sepatu ini juga mendapatkan penilaian 91/100 oleh RunRepeat.

Kelebihan:
  • Secara keseluruhan cukup bagus
  • Lembut dan ringan, cocok untuk beginner dan untuk hampir semua style lari
Kekurangan:
  • Kurang cocok digunakan untuk sprinter karena cushion yang lembut

4. New Balance Fresh Foam X 1080 v12

Image: Tokopedia
New Balance Fresh Foam X 1080 v12 menjadi salah satu sepatu jogging populer dikalangan kaum Adam untuk aktivitas lari baik jarak dekat maupun jarak jauh, dengan kecepatan lambat maupun sedang.

Beberapa bagian sepatu ini dibuat dari bahan daur ulang yang ramah lingkungan. Di bagian upper menggunakan rajutan Hypoknit yang membuat sepatu dapat menyesuaikan ukuran kaki sehingga bagi yang berkaki lebar tidak merasa terlalu sempit. Dan untuk bantalan tumit menggunakan teknologi Signature Fresh Foam X yang lembut.

Dengan hadirnya seri ini dipasaran bisa dibilang New Balance berhasil menciptakan sepatu lari premium dengan harga yang masih terjangkau dan layak untuk dimiliki.

Kelebihan:
  • Stabilitas dan durabilitas sangat baik
  • Cengkraman terasa kuat saat berlari di jalan beraspal
  • Di Bagian bawah alas kaki sangat lembut
Kekurangan:
  • Cukup berat untuk sepatu lari
  • Beberapa pengguna merasa size berbeda dengan sepatu biasa
Cek Produk di Tokopedia Cek Produk di Shopee

5. Nike Air Zoom Pegasus 40

Image: Shopee
Jika kamu penggemar NIKE dan sedang mencari sepatu running terbaik untuk stabilitas dan durabilitas untuk lari berkilo-kilometer, Nike Air Zoom Pegasus 40 menjadi pilihan yang tepat.

"Peg" (singkatan Pegasus) memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari banyak orang. Kenyamanan akan langsung terasa saat pertama kali memakai sepatu lari ini.

Dengan tinggi bantalan tumit 33 mm (23 mm untuk kaki depan), dapat menyerap guncangan dengan baik. Model ini juga dilengkapi busa NIKE React dengan dua unit Zoom Air (satu di belakang dan satu lagi di depan) sehingga membuat pergerakan menjadi lebih responsif dan kaki tidak mudah lelah.

Kelebihan:
  • Sangat nyaman digunakan dan tahan lama walau sering digunakan
  • Sepatu lari yang di design dengan gaya sneakers, cocok untuk kegiatan selain lari
Kekurangan:
  • Hampir sama dengan versi sebelumnya Nike Pegasus 39
  • Beberapa pengguna merasa sepatu ini tidak cocok untuk recovery run karena bantalan yang masih terasa sedikit keras

6. Eagle OverRun

Image: Eagle Official
Untuk yang suka dengan sepatu running dari brand lokal ada Eagle OverRun dengan harga yang sangat affordable, cocok bagi yang baru memulai olahraga lari.

Setiap bagian sepatu dibuat dengan bahan berkualitas, seperti bagian upper dibuat dengan bahan Sandwich Mesh dan Synthetic Leather, Midsole dengan bahan Phylon yang membuat pijakan terasa nyaman dan Outsole menggunakan karet untuk menjaga agar kaki tidak mudah terpeleset.

Untuk kegiatan hangout pun sepatu ini bisa digunakan karena desainnya yang stylish dan elegan.

Kelebihan:
  • Harga murah
  • Cukup nyaman digunakan untuk lari santai
Kekurangan:
  • Kurang sesuai bagi pelari tingkat menengah

7. 910 Fuuto Rival

Image: Tokopedia
Satu lagi brand lokal yang direkomendasikan untuk kamu jika ingin mencoba sepatu lari buatan anak bangsa yang tidak kalah keren.

Brand 910 (NINETEN) memang fokus membuat produk footwear olahraga seperti sepatu running, dan salah satu yang bisa kamu coba adalah 910 Nineten Fuuto Rival yang terbukti sangat nyaman digunakan saat jogging di outdoor maupun indoor karena bagian outsole menggunakan full rubber.

Di bagian upper didesain menggunakan teknologi Infiknit untuk menyesuaikan bentuk dan kelenturan sesuai kebutuhan kaki. Bagian belakang sepatu menggunakan teknologi Active Frame berbahan dasar TPU untuk men-support pergelangan kaki dan struktur sepatu sehingga lebih stabil namun tetap dengan tingkat fleksibilitas yang baik.

Kelebihan:
  • Desain menarik dengan harga terjangkau
  • Karena termasuk kategori training bisa digunakan untuk olahraga lain
Kekurangan:
  • Review pengguna mengalami kesusahan memasukan kaki saat pertama kali
  • Tidak diperuntukan untuk jogging dengan waktu yang lama
Image: Asics Official
ASIC Gel-Nimbus 25 merupakan sepatu yang dirancang untuk membantu running enthusiast berlari lebih cepat dengan kenyamanan luar biasa pada kaki walau digunakan dalam waktu yang lama untuk jarak yang jauh.

Fitur baru yang tersemat di bagian midsole berupa PureGEL membuat pendaratan kaki menjadi lebih lembut, namun tetap stabil saat meredam hentakan. Ditambah extra chusioning FF Blast Plus Eco membuat sepatu terasa empuk, bouncy dan enak digunakan mulai dari awal melangkah hingga akhir. Dengan segala fitur ini dapat mencegah kaki terhindar dari cedera.

ASIC Gel Nimbus 25 sangat cocok bagi yang mencari sepasang sepatu lari yang tidak hanya bagus tetapi juga terlihat menarik.

Kelebihan:
  • Overall sepatu yang bagus untuk dimiliki
  • Ringan dan sangat stabil walaupun berat diatas 250 gram
  • Bantalan kaki yang sangat lembut
Kekurangan:
  • Cukup mahal
  • Sebagian pengguna mengatakan sedikit kurang responsif

9. Hoka Mach 5

Image: Hoka.com
Hoka Mach 5 menjadi pilihan favorit banyak pelari untuk kategori road running shoes karena sangat multifungsi. Sepatu ini bisa digunakan untuk segala jenis lari seperti easy run, tempo run, ataupun long run. Untuk sirkulasi udara pun cukup bagus untuk menjaga suhu didalam sepatu.

Bagian bawah kaki sepatu ini cukup lembut berkat busa ProFly+ dan outsole rubber EVA. Begitupun di bagian cushion yang dibuat lebar sehingga lari menjadi lebih stabil bahkan saat menikung. Semua fitur ini sangat berguna untuk menjaga performa saat lari.

Kelebihan:
  • Bagian toebox tidak terlalu sempit, tapi untuk yang kaki lebar disarankan memilih yang wide
  • Sangat ringan ketika digunakan berlari
Kekurangan:
  • Grip kurang lengket di jalan basah

10. Saucony Endorphin Speed 3

Image: Tokopedia
Saucony Endorphin Speed 3 bisa dikatakan sepatu jogging yang populer dan memiliki cukup banyak pengikut setia di kalangan pelari. Sepatu untuk olahraga harian yang benar-benar modern, memiliki busa midsole yang canggih dan teknologi SPEEDROLL untuk bergerak maju lebih mudah.

Bagian atas telah didesain ulang untuk memberikan kenyamanan dan sirkulasi udara yang lebih baik. Terlebih lagi Endorphin Speed 3 menggunakan busa midsole PWRRUN PB yang ringan serta responsif dapat memberikan sensasi kecepatan dalam berlari.

Di versi ini juga alih-alih menggunakan serat karbon yang tertanam di midsole, plat nylon berbentuk S dipilih untuk returns energy yang lebih baik.

Kelebihan:
  • Cukup baik untuk stabilitas berkat plat nylon
  • Bagian toebox yang lebar
Kekurangan:
  • Review pengguna ada yang mengatakan bagian outsole tidak tahan lama

11. PUMA Deviate Nitro 2

Image: PUMA Official
PUMA Deviate Nitro 2 ini cocok untuk pemula maupun ahli dan tipe ini masuk sebagai sepatu running terbaik untuk pria selanjutnya yang patut untuk dimiliki.

Bagian upper layak dipuji karena kualitas dan kenyamanan yang ditawarkan. Dan kemampuan breathable sangat baik dalam menyerap keringat. Cushion berbahan TPU membuat bagian tumit terasa lembut saat berlari.

Pembaruan Nitro Elite di sepatu juga meningkatkan responsif dan pelat karbon komposit dirancang untuk transfer energi dan efisiensi yang optimal. Sepatu ini mendapatkan score 91/100 dari RunRepeat ketika di uji.

Kelebihan:
  • Teknologi PUMAGRIP membuat outsole tahan lama
  • Bouncy, membuat returns energy kebih optimal
Kekurangan:
  • Cukup berat bagi sebagian pengguna saat long run

12. Adidas Ultraboost 22

Image: Shopee
Adidas Ultraboost 22 sepatu dengan kualitas premium yang sangat nyaman digunakan untuk long distance running dengan slow pace.

Bagian upper Primeknit menggunakan bahan mesh yang lembut dan tidak membuat lecet, dan terdapat support cage fit system yang membuat kaki terasa dibungkus dengan pas sesuai bentuk kaki sehingga lari lebih stabil.

Dibagian midsole terdapat dual density midsole yang terdiri dari Repetitor dan Repetitor+ yang akan men-support tumit saat berlari dengan busa yang lembut. Forefoot Rocker yang berbentuk kurva miring juga dapat membantu ujung kaki mendapatkan energi berkelanjutan untuk melangkah maju.

Kelebihan:
  • Outsole karet continental membuat cengkraman kuat dijalan kering ataupun basah
  • Design stylish bisa dipakai untuk busana casual
Kekurangan:
  • Sepatu termasuk kategori berat (333 gram)
  • Review pengguna merasa toebox cukup sempit untuk kaki lebar

13. Ortuseight Hyperblast Evo

Image: Tokopedia
Rekomendasi sepatu running dengan harga yang ramah kantong namun tetap dengan kualitas terbaik yaitu Ortuseight Hyperblast Evo.

Produsen sepatu buatan Indonesia ini mengeluarkan tipe sepatu jogging yang cocok untuk pelari yang suka dengan jenis max-cushioning tebal disertai teknologi kekinian.

Dimana pembuatan sepatu ini tersemat teknologi Quick Fit dan Ortflow yang langsung mengikuti bentuk kaki saat digunakan dan terdapat sirkulasi udara di dalamnya untuk menjaga suhu kaki dengan baik. Ditambah teknologi Cumulus Foam dan Ortshox membuat langkah kaki terasa ringan dan nyaman.

Kelebihan:
  • Stabil dan responsif saat berlari
  • Empuk dan nyaman
Kekurangan:
  • Lumayan berat(300 gram), cukup membuat lelah untuk long run
Cek Produk di Tokopedia Cek Produk di Shopee

14. Hoka Clifton 9

Image: Hoka.com
Bisa dibilang Hoka One One Clifton 9 salah satu sepatu lari serba bisa yang laris dipasaran, karena selain dapat digunakan untuk daily trainer seperti jogging santai atau endurance run. Hoka Clifton 9 juga cocok untuk digunakan sebagai sepatu harian untuk bekerja terutama bagi mereka yang sering berjalan atau menggunakan transportasi umum karena dapat memberikan kenyamanan dan keamanan pada kaki.

Dengan bagian midsole setinggi 3 mm membuatnya terasa empuk saat ditekan oleh kaki baik ketika berlari atau berjalan. Walaupun begitu untuk berat pun cukup standar sekitar 250 gram.

Pada bagian upper berbahan rajutan agar udara dapat keluar masuk dengan tujuan agar ketika dipakai suhu di dalam sepatu tetap terjaga.

Kelebihan:
  • Di design dengan bahan rajutan berpori yang dapat menyerap keringat dan menjaga suhu didalam sepatu
  • Outsole menggunakan bahan karet untuk menjaga durability
  • Cocok bagi yang mencari sepatu untuk olahraga maupun untuk aktivitas sehari-hari

Kekurangan:
  • Bagian insole sedikit sempit, terutama bagi yang memiliki ukuran kaki lebar
  • Walaupun midsole tebal, daya pantul sepatu dirasa sedikit kurang

15. Saucony Peregrine 13

Image: Tokopedia
Bagi pria yang suka tantangan dengan berlari di trek yang tidak rata, berlumpur atau berpasir sepatu trail running Saucony Peregrine 13 bisa kamu andalkan. Bahkan sepatu ini juga bisa digunakan untuk hiking. Secara keseluruhan sepatu ini cukup protektif untuk lari jarak dekat, sedang dan jauh.

Brand sepatu asal Amerika ini menggunakan PWRRUN dibagian midsole untuk meminimalkan ketidaknyamanan pada kaki saat melangkah di trek beraspal atau medan yang tidak biasa.

Kelebihan:
  • Breathable, sirkulasi udara pada sepatu cukup baik.
  • Cukup ringan dan responsif
  • Cushion yang lembut
Kekurangan:
  • Bagian toebox tidak terlalu luas bagi yang berkaki lebar
Cek Produk di Tokopedia Cek Produk di Shopee

Cara Memilih Sepatu Lari Yang Tepat

1. Tentukan Budget

Ada banyak merk sepatu lari yang dijual dipasaran dengan kisaran harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Dengan menentukan besaran dana akan mempersempit dan mempermudah dalam memilih sepatu yang diinginkan.

2. Ketahui Jenis lari yang Dilakukan

Sebelum membeli ketahui dulu jenis lari yang sering kamu lakukan. Apakah untuk easy run atau long run? Apakah digunakan di outdoor atau indoor seperti treadmill. Jika ingin digunakan di outdoor mungkin kamu perlu sepatu yang bisa men-support semuanya, baik stabilitas maupun durabilitas.

3. Ketahui Jenis dan Ukuran Kaki

Setiap orang memiliki jenis kaki yang berbeda seperti kaki lebar, ramping atau kaki datar, dan ukuran panjangnya pun tidak sama. Umumnya dalam ukuran sepatu lari terdapat perbedaan size dengan sepatu harian yang sering dipakai. Dengan mengetahui jenis dan ukuran kaki dapat memutuskan apakah membeli yang standar atau yang wide, apakah perlu menaikan size atau tidak.

4. Tentukan Fitur yang Diinginkan

Setiap sepatu dirancang dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Ada sepatu running dengan cushion yang lebar dan empuk, ada juga yang menggunakan carbon plate, bahkan ada juga sepatu lari yang bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url