Editor secara independen meninjau semua yang direkomendasikan dan mungkin terdapat link affiliasi yang dapat memberi komisi jika terjadi pembelian. Pelajari lebih lanjut di Content Guidelines

7 Rekomendasi Alat Content Creator Shopee Video

Popularitas Shopee Video kini terus meningkat, terbukti dengan semakin banyaknya pengguna yang bergabung ke dalam platform ecommerce berwarna orange ini, dan mencari alat content creator pemula agar bisa menghasilkan komisi affiliate hingga juta Rupiah.

Saat ini Shopee merupakan ecommerce dengan pengunjung terbanyak di tahun 2023. Sehingga peluang untuk mendapatkan komisi penjualan cukup menjanjikan bagi para content creator affiliate yang baru bergabung.

Hanya saja agar menjadi affiliate yang berhasil, kamu harus bisa bersaing dengan jutaan video dari para content creator lainnya yang telah memulai lebih dahulu mengikuti program Shopee video. Dimana bermodalkan hp dan produk review saja mungkin tidak cukup untuk membuat video yang bisa menghasilkan penjualan.

Oleh karena itu pada artikel kali ini ada rekomendasi alat yang bisa digunakan untuk menunjang pembuatan konten Shopee video agar lebih menarik dan menjual.

Rekomendasi Alat Content Creator Shopee Video

Beberapa alat content creator dibawah ini dapat digunakan untuk membuat konten Shopee Video khususnya bagi pemula, dengan fungsi dan harga yang cukup terjangkau.

1. Tripod Handphone

Image: Tokopedia
Tripod bisa dikatakan sebagai alat paling penting yang harus dimiliki ketika ingin merekam video. Jika kamu merekam video menggunakan handphone, tripod HP Fahrenheit dengan merk Vocal Stents ini menjadi salah satu tripod rekomendasi para content creator Shopee video affiliate karena kegunaannya yang sangat multifungsional.

Terbuat dari bahan besi yang kokoh serta dilengkapi dengan holder jepit yang dapat diputar, sangat cocok digunakan untuk semua merk dan ukuran smartphone

Bentuknya yang seperti huruf L sangat mudah disesuaikan untuk kebutuhan mengambil berbagai sudut angle saat merekam video.

Ketinggiannya pun dapat disesuaikan mulai dari 15 cm hingga 60 cm, cocok untuk digunakan di ranjang, lantai, atau meja. 

Selain dan dapat diputar hingga 360 derajat, Tripod Vocal Stents ini juga sangat mudah dibawa ke mana-mana karena dudukannya dapat dibongkar pasang.

Harga mulai dari: Rp 65.000

Image: Shopee
Agar kualitas video affiliate yang dibuat lebih baik dari sisi pencahayaan, kamu memerlukan alat berupa ring light, yaitu sebuah alat pencahayaan yang didesain berbentuk cincin dengan berbagai pilihan diameter.

Sehingga memberikan hasil yang lebih profesional dengan pencahayaan yang lebih baik pada wajah atau objek yang direkam.

Ring light dengan ukuran 26 cm dari Bima Accessories dapat menjadi pilihan yang tepat bagi pemula yang baru menjalani Shopee video affiliate karena harganya yang terjangkau dan memiliki fitur lainnya.

Ring light ini dilengkapi tripod dengan panjang maksimal 2 meter, plus tambahan phone holder yang dapat memungkinkan kamu mengambil video dari area tengah lampu.

Dilengkapi juga dengan 3 pilihan mode pencahayaan lembut, putih dan warm white dan keterangan pencahayaannya bisa di adjust sesuai dengan kebutuhan.

Harga mulai dari: Rp 73.900

3. Softbox Lighting

Image: Tokopedia
Softbox juga merupakan salah satu alat yang penting untuk dimiliki bagi para content creator.

Berbeda dengan ring light, softbox digunakan apabila kamu membutuhkan pencahayaan ekstra yang lebih luas dan besar di dalam ruangan dengan pencahayaan redup, atau kurang mendukung. Karena dapat menyediakan pencahayaan yang merata.

Salah satu softbox yang direkomendasikan adalah Inbex Softbox Lightning dengan ukuran 50x70 cm. Softbox ini terbuat dari bahan polyester berkualitas tinggi yang dapat menerangi objek dengan cahaya yang lembut untuk mengurangi over exposure.

Softbox ini juga dapat diputar 210 derajat, dan pada bagian tripod dapat diatur ketinggiannya mulai dari 68 cm hingga 210 cm.

Harga mulai dari: Rp 267.000

4. Alas Foto Lipat

Image: Tokopedia
Membuat video yang profesional tidak harus memerlukan ruangan studio, tapi juga bisa dilakukan dirumah.

Cukup mengandalkan properti foto yang tepat, kamu sebagai content creator Shopee Affiliate, sudah bisa membuat video yang menarik.

Salah satu properti yang bisa kamu gunakan adalah Alas Foto Lipat. Dimana properti ini memiliki satu sisi sebagai alas dan satu sisi sebagai background, dengan ukuran 70 x 50 cm.

Seperti Alas Foto Lipat Jumbo ini yang memiliki dua tampilan yang berbeda antara alas dan background sehingga terlihat mirip dengan ruangan studio.

Kelebihan lainnya alas foto ini mudah dibawa kemana saja dan dapat digunakan berkali-kali dalam jangka panjang serta dapat diatur sesuai selera agar video yang dibuat tidak monoton.

Harga mulai dari: Rp 160.000

Image: Shopee
Jika kamu content creator pemula yang memproduksi video dirumah, biasanya background yang digunakan berupa dinding.

Hanya saja permasalahannya jika dinding tersebut kotor atau cat dinding yang sudah mengelupas, hasil video yang didapatkan akan kurang menarik dan profesional.

Inilah mengapa diperlukannya wallpaper dinding untuk mempercantik tampilan background.

Untuk pemilihan wallpaper dinding kamu bisa menggunakan wallpaper 3D foam dengan motif seperti design batu bata ini. Yang memiliki berbagai macam pilihan warna dengan ukuran 70x77 cm dan 70x38 cm.

Materialnya yang high quality, tahan terhadap air dan minyak sehingga mudah dibersihkan dan dapat bertahan selama 6 tahun. Pemasangannya pun cukup mudah, kamu hanya tinggal tempel pada dinding yang ingin digunakan.

Harga mulai dari: Rp 7.800

6. Karpet Lantai

Image: Shopee
Rekomendasi alat content creator Shopee video selanjutnya adalah karpet. Karpet berfungsi sebagai alas untuk meletakan produk saat pengambilan video, apalagi jika produk yang kamu review cukup besar. Selain itu tampilan video juga akan terlihat menarik dibandingakan jika menggunakan lantai.

Kamu bisa menggunakan karpet polos ukuran 100 x 150 cm ini. Yang dibuat dengan proses tuffing loop pile pada bagian permukaan dan pada bagian bawah menggunakan karet agar tidak mudah bergeser. Pemilihan warna juga beragam, sehingga cocok digunakan diruang tamu maupun kamar.

Harga mulai dari: Rp 138.500

Image: Shopee
Agar tampilan video Shopee kamu tidak terlihat polos, kamu perlu menambahkan beberapa properti atau aksesoris agar terlihat lebih aesthetic atau sesuai dengan tema produk yang sedang kamu review.

Ada banyak sekali properti yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah buku dekorasi pajangan ini.

Buku dekorasi atau dummy book ini dijual dengan harga yang cukup murah karena terbuat hanya dari bahan karton tebal dibagian cover dan karton pada isi box.

Agar terlihat lebih menarik kamu bisa menggunakan 2 hingga 3 buku ditambahkan dengan satu set properti video lainnya.

Harga mulai dari: Rp 12.250

Tips Agar Video Shopee Banyak Penonton

Agar video kamu mendapatkan banyak penonton di Shopee dan dapat mendatangkan komisi, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

1. Konten Berkualitas

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat video yang berkualitas. Mulai dari resolusi video yang jernih, background yang menarik, voice yang jelas, hingga isi materi yang relevan dengan produk yang kamu review.

2. Kreatif

Ada banyak video yang di upload di Shopee, untuk mendapatkan banyak view, buatlah video yang sekreatif mungkin agar penonton betah sejak awal video. Gunakan teknik pengeditan yang menarik dan pilih gaya narasi yang sesuai dengan tema video kamu.

3. Gunakan Hashtag Populer

Maksimalkan jangkauan video kamu dengan menggunakan hashtag yang populer dan relevan dengan konten video yang dibuat. Ini akan membantu video kamu lebih mudah ditemukan oleh calon penonton di platform Shopee.

4. Posting di Waktu Terbaik

Shopee menyediakan fitur analytic untuk mengukur performa video yang kamu upload. Kamu bisa melihat jam-jam yang ramai ditonton oleh pengguna Shopee pada video kamu. Pelajari kapan audiens target kamu aktif online dan postinglah video pada saat itu untuk meningkatkan kemungkinan ditonton oleh lebih banyak orang.

5. Konsistensi

Jaga konsistensi dalam membuat dan memposting konten. Buatlah jadwal posting yang teratur dan tetaplah konsisten dalam menyajikan konten yang berkualitas kepada penonton.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Kamu dapat meningkatkan jumlah penonton pada video Shopee yang kamu upload dan dapat membangun basis penggemar yang loyal.
Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url